Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Terinstal + Penyebabnya

Mengatasi SIM Tidak Terinstal - Halo Guys, pernah ndak sih sampeyan mengalami apa yang sudah pernah diriku alami, yaitu tentang masalah kartu sim yang tiba-tiba tidak terinstal atau tidak terdeteksi. Contoh gambarnya seperti di bawah ini.

cara memperbaiki sim card tidak terinstal




Sebelumnya diriku kira masalah ini diakibatkan karena kartu sim diblokir, karena memang diriku isi ulang pulsa waktu masa-masa tenggang (Hampir batas tanggal akhir) atau mungkin masalah gagal registrasi ulang, eh ternyata setelah browsing, masalahnya bukan itu. Nah, berikut di bawah ini adalah penyebab kemungkinan dari kenapa kartu sim di ponsel sampeyan bisa muncul error tidak terinstal seperti contoh gambar di atas.


Penyebab Kartu SIM Tidak Terinstal

Baiklah, di bawah ini adalah beberapa kemungkinan penyebab kartu sim tidak terinstal di ponsel sampeyan :
  1. Kartu SIM lepas dari slot kartu
  2. Ketika memasang kartu SIM dengan slot tidak pas
  3. Terdapat kotoran pada bagian kuning kartu sim, sehingga mengakibatkan kartu tidak terdeteksi di ponsel
  4. Terpotongnya bagian kuningan kartu sim dikarenakan menyusaikan kartu dengan slot, dengan cara memotong sendiri menggunakan pisau atau gunting rambut
  5. Slot kartu SIM rusak
  6. Mungkin juga bisa karena nomor kartu sim telah diblokir

Nah itulah beberapa penyebab kartu sim tidak terinstal.


Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Terinstal

Untuk mengatasi kartu sim tidak terinstal, maka harus diperhatikan dan diteliti (cek) tentang penyebab-penyebabnya di atas. Lakukan panduan cara mengatasi kartu sim tidak terinstal di bawah ini :
  1. Langkah pertama sebaiknya silahkan matikan ponsel (smartphone) sampeyan. Apabila HP menggunakan baterai tanam, tidak perlu mematikan ponsel juga bisa.
  2. Lihat dan cek pada bagian kartu SIM, apakah terlepas dari slot kartu atau tidak. Apabila terlepas, silahkan langsung pasang kembali.
  3. Apabila sudah dilihat dan kartu sim tidak terlepas dari slot, silahkan lepas kartu sim yang tidak terinstal tersebut terlebih dahulu.
  4. Lihat pada bagian kuning sim card, apakah ada kotoran atau terpotong. Apabila terdapat kotoran, solusinya adalah dengan menggosok bagian kuning kartu sim menggunakan karet penghapus yang bersih. Kemudian apabila ada bagian kuning kartu sim yang terpotong, maka kartu sudah tidak bisa digunakan lagi. Solusinya, membeli kartu sim baru.
  5. Kemudian apabila kemungkinan bagian slot kartu sim-nya yang rusak, untuk mengeceknya sampeyan bisa coba dengan menggunakan kartu sim berbeda-beda yang dipasang pada slot tersebut. Apabila semua kartu sim berbeda tersebut sudah dicoba pasang pada slot, dan kartu sim tetap error tidak terinstal, maka besar kemungkinan bagian slot kartu sim yang rusak. Solusinya silahkan diperbaiki (apabila bisa), dan bawah ke tukang service hp (apabila tidak bisa).
  6. Selanjutnya kalau kemungkinan penyebabnya nomor sampeyan diblokir, sebenarnya hanya kemungkinan kecil saja menjadi salah satu penyebab kartu sim tidak terisntal ini. Karena kita ketahui, kalau kartu sim diblokir, maka kita akan mendapat pemberitahuan pemblokiran nomor tersebut.



Nah itulah untuk penyebab dan cara mengatasi kartu sim tidak terinstal. Setelah melakukan browsing-browsing, kebanyakan hal ini ternyata terjadi kepada pengguna ponsel Asus Zenfone dengan slot kartu sim berukuran micro. Dan kebetulan, ponsel yang diriku miliki dan mengalami masalah katu sim tidak terinstal ini adalah hp dengan merk Asus Zenfone 5. Sehingga artikel di atas adalah hasil pegalamanku yang juga pernah mengalami masalah kartu sim tidak terinstal.

DAPATKAN INFORMASI TERBARU BLOG INI

Buka Komentar

0 Response to "Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Terinstal + Penyebabnya"

Post a Comment

Mau komentar? Komentarnya di bawah sini....
Aku sangat senang kalau sampeyan komentarnya yang Relevan, Jelas, dan Santun.

AKU TUNGGU YA, KOMENTARNYA!
Jangan lupa centang bagian kotak "Notify me" supaya mendapat pemberitahuan kalau ada balasan untuk komentar sampeyan.

(nb : komentar spam tidak akan disetujui)