4 Cara Mengatasi Kabel USB Android yang Tidak Terbaca di Laptop/Komputer

Mengatasi Kabel USB Android yang Tidak Terbaca di Laptop - Siapa yang senang, kalau salah satu fungsi android ada yang tidak bisa digunakan. Salah satunya adalah tidak bisa transfer file dari hp ke laptop. Padahal, peran ini cukup penting loh! Misalnya buat mindahin foto hasil jepretan kamera android ke pc, dan lain-lain.

Cara Mengatasi Kabel USB Android yang Tidak Terbaca di Laptop Komputer

Nah bagi sampeyan yang mengalami seperti itu, seperti yanag pernah daku alami lampau, jangan khawatir! Pada postingan artikel ini, daku berniat bagikan tutorial memperbaiki kabel usb yang tidak terbaca di laptop, yang sudah terbukti berhasil daku praktekkan di Asus Zenfone 5. Cara ini juga bisa dipraktekkan untuk pengguna android Asus lainnya, Xiaomi, Samsung, Huawei, Oppo, Vivo, Axioo, Nokia, dan android-android lainnya. Pengguna iOs atau Apple iPhone juga bisa mencobanya.

Baik. Sebelum itu, ketahui terlebih dulu beberapa penyebab kabel usb android tidak bisa kedetec di laptop/komputer.


Baca Juga Nanti : Cara Menghilangkan Iklan Malware yang Muncul Terus di Android dengan Aplikasi Gratis Tanpa Harus Root Dulu


Penyebab dan Cara Mengatasi Kabel USB Android yang Tidak Terbaca di Laptop/Komputer

Dari mengetahui penyebabnya terlebih dahulu, kita bisa memperbaiki (mengatasi) kabel usb yang tidak bisa muncul di file explorer windows.

1. Kebel USB Rusak

Penyebab yang pertama adalah kabel usb rusak. Hal ini bisa kita ketahui, dengan membuat kabel usb tersebut untuk pengisian daya baterai. Apabila pengisian daya baterai tidak mau masuk, maka sudah bisa dipastikan kabel usb sampeyan rusak.
Solusi : Solusinya, ya sampeyan harus membeli kabel usb yang baru. Pada waktu membeli kabel usb, kalau bisa dicek, dicek dulu untuk sambungkan ke komputer apakah bisa digunakan untuk memindahkan file.

2. Kabel USB Setengah Rusak

Untuk cara yang ke dua ini maksudnya adalah usb sebenarnya masih bisa terbaca, tapi susah. Kadang terbaca, kadang ilang-ilangan. Nah kalau digunakan untuk charge, lancar.
Solusi : Kalau seperti itu, cara mengatasinya adalah dengan menggoyang-goyangkan kabel usb supaya peletakannya pas, dan usb bisa terbaca di laptop.

3. Driver USB Usang

Untuk mengetahui driver usb, sampeyan bisa cek di Device Manager laptop atau komputer sampeyan. Mungkin driver usb android sampeyan usang, atau udah lawas sehingga tidak bisa terbaca oleh laptop atau windows.
Solusi : Nah solusinya adalah update driver usb android sampeyan di device manager tadi.

cara mengatasi laptop yang tidak bisa membaca usb
usb hp tidak terbaca

Selain itu, sampeyan juga bisa lakukan seperti di bawah ini. Yaitu uninstall saja semua yang aku kotaki merah di bawah ini, kemudian lakukan Scan for hardware changes.

usb hub tidak terdeteksi
port usb tidak berfungsi

4. Driver Rusak/Error/Tidak Ada

Nah cara ke empat ini merupakan cara yang daku alami, sebelum yang ketiga di atas. Daku juga pernah mengami yang nomor 3, kemudian setelah di update drivernya, sudah berhasil lagi. terus beberapa hari kemudian, tidak bisa untuk digunakan tranfer file lagi ke pc (usb tidak terdeteksi). Wal hasil, driver daku uninstall dan terhapus, sehingga tidak ada driver untuk sambungan ke pc. Drivernya error.
Solusi : Nah solusi yang berhasil daku lakukan sampai sekarang bisa transfer file perangkat media (mtp) ke laptop, adalah dengan mendownload dan menginstall driver usb yang ada di Play Store. Di bawah ini driver usb-nya :

usb hp tidak terdeteksi di windows 10
cara mengatasi driver usb yang bermasalah

Cara menggunakan USB Driver for Android, sampeyan tinggal colokkan kabel usb ke laptop dan buka aplikasi USB Driver. Kalau USB debugging sudah aktif, sampeyan tinggal aktifkan MTP seperti gambar di bawah ini. Setelah itu lihat hasilnya di laptop sampeyan. InsyaAllah kabel usb android sudah terbaca di laptop. Soalnya daku gunakan cara ini, dan berhasil. (Belum bisa aktifkan USB debugging di Android? Baca : Cara Mengaktifkan USB Debugging di Android)

cara menggunakan USB Driver for Android

Selain cara untuk memindahkan file menggunakan usb. Sampeyan juga bisa transfer file manggunakan aplikasi android, yang membutuhkan koneksi hotspot. Selain itu, apabila laptop ada bluetoothnya, bisa gunakan bluetooth. Tapi, menurut daku, cara yang lebih mudah, enak, dan cepat adalah transfer file menggunakan kabel usb.

Demikian Cara Mengatasi Kabel USB Android yang Tidak Terbaca di Laptop/Komputer ini, semoga bermanfaat bagi sampeyan semua yang mencari solusi dari masalah usb android tidak terdeteksi di laptop/komputer.

MAU TAU CARA DAPAT UANG DARI INTERNET?

0 Response to "4 Cara Mengatasi Kabel USB Android yang Tidak Terbaca di Laptop/Komputer"

Post a Comment

Mau komentar? Komentarnya di bawah sini....
Aku sangat senang kalau sampeyan komentarnya yang Relevan, Jelas, dan Santun.

AKU TUNGGU YA, KOMENTARNYA!
Jangan lupa centang bagian kotak "Notify me" supaya mendapat pemberitahuan kalau ada balasan untuk komentar sampeyan.

(nb : komentar spam tidak akan disetujui)