Kartu Sim Tidak Terbaca di Android? Ini 15 Solusinya

Kartu Sim Tidak Terbaca - Bagaimana cara mengatasi kartu sim tidak ada layanan atau kartu sim tidak terdeteksi adalah pertanyaan yang kini mungkin sedang ingin kamu tahu jawabannya, atau ingin segera kamu mendapatkan solusinya atas masalah yang sedang terjadi pada ponsel pintar Android kamu terkait kartu sim tidak ada sinyal bahkan hingga muncul tanda silang pada icon jaringan ponsel kamu.

Jika demikian, di sini Nanda bagikan tips untuk kamu yang ingin mencoba memperbaiki sim tidak terbaca tersebut, baik untuk pengguna Xiaomi, hp Oppo, Asus, dan jika kamu menggunakan iPhone, kamu juga bisa mencoba tips di bawah ini.

15 Solusi Kartu Sim Tidak Terbaca di Android

15 Solusi Kartu Sim Tidak Terbaca di Android

1. Aktifkan mode penerbangan lalu matikan kembali, siapa tahu langsung bisa

Pertama cobalah untuk mengaktifkan mode penerbangan (mode airplane) pada ponsel kamu, lalu matikan kembali untuk mengetahui hasilnya dan apakah terjadi error pada jaringan. Cara ini juga biasa Nanda gunakan ketika jaringan tampak baik pada ponsel, namun koneksi internet sangat lambat. Setelah mengaktifkan mode pesawat lalu mematikannya lagi, koneksi kembali normal.

2. Restart Android kamu, dan lihat hasilnya

Langkah ke dua yang bisa kamu coba untuk mengatasi masalah sim card tidak terbaca adalah dengan melakukan restart pada ponsel. Caranya cukup mudah, kebanyakan ponsel yaitu dengan cara tekan tombol power agak lama, kemudian ketika muncul opsi silahkan pilih opsi Restart atau Aktifkan ulang.

Namun di beberapa kasus mungkin masih ada pengguna seluler yang tida ada opsi restart pada HPnya. Jika begitu, kamu bisa pilih matikan daya kemudian nanti tinggal kamu hidupkan sendiri dengan cara manual.

3. Mungkin di tempatmu tidak ada sinyal untuk kartu sim yang kamu pakai

Tidak ada sinyal atau sinyal sulit di tempatmu berada untuk kartu sim yang sedang kamu pakai juga merupakan penyebab kartu sim tidak ada layanan sehingga seperti tidak terdeteksi. Hal ini mungkin terjadi jika kamu sedang berkunjung ke daerah pelosok atau pegunungan yang minim sinyal, sehingga tiba-tiba kartu sim tidak ada sinyal dan tidak bisa digunakan sama sekali baik untuk keperluan komunikasi maupun internet.

Lalu jika kamu tinggal di daerah seperti itu, mau tidak mau kamu harus mencoba beberapa operator kartu sim yang berbeda untuk mengetahui operator kartu sim apa yang masih tersedia sinyal di tempatmu itu.

4. Tanya temanmu yang pakai kartu sim sama, apakah lagi error jaringan

Jika tiba-tiba kartu sim tidak bisa digunakan, solusi ini juga bisa kamu coba untuk memastikannya. Tanyakan kepada temanmu yang juga menggunakan kartu sim yang sama, apakah sedang terjadi error jaringan atau tidak. Jika terjadi error jaringan, maka kamu hanya perlu menunggu beberapa waktu sampai jaringan kembali normal diperbaiki oleh provider. Jaringan error ini juga bisa terjadi ketika terjadi pemadaman listrik di tempat kamu.

5. Pergi ke pengaturan (Settings) sim card

Pergi ke Setelan Android kamu, setelah itu pergi ke pengaturan sim card. Pastikan slot sim card yang kamu gunakan aktif. Karena kalau tidak aktif maka sudah pasti kartu sim tidak akan terbaca di Android kamu.

6. Pergi ke pengaturan jaringan seluler

Silahkan atur jenis jaringan yang kamu gunakan berlaku untuk semua jaringan yang mendukung ponsel kamu, misalnya 2G/3G/4G. Lalu pastikan pada pemilihan jaringan adalah Otomatis. Setiap ponsel langkah menerapkannya berbeda-beda, jadi aku tuliskan intinya itu saja.

7. Cek kartu sim terlepas dari slot atau tidak

Untuk jenis slot kartu sim pada ponsel yang lama, hal ini bisa saja terjadi. Karena nanda sendiri pernah mengalami hal ini. Yaitu kartu sim tidak terinstal di HP ternyata kartu sim tersebut lepas dari slot setelah aku mengeceknya. Ketika kembali memasangnya, maa hasilnya kembali normal.

Slot sim card model lama biasanya masih membuka casing hp bagian belakang, dan yang model baru membukanya dari samping menggunakan jarum atau kunci slot. Jadi jika slot kamu model lama, silahkan cek.

Hal ini juga bisa terjadi kalau sim card tidak pas dengan slot disebabkan memotong kartu sendiri menjadi mini pakai gunting (atau bukan pemotong sim card).

8. Jangan-jangan slot sim card tidak terdeteksi karena rusak

Cara menguji slot sim card kamu rusak atau tidak, kamu bisa mencoba kartu sim yang sebelumnya kamu pasang pada slot yang kamu kira rusak tersebut ke slot sim card lain. Lebih baik cobalah pakai slot dari HP yang berbeda.

Jika setelah dicaba pada slot yang berbeda, dan kartu dalam keadaan normal (atau sim terbaca), maka bisa dipastikan slot kartu sim pada HP kamu yang sebelumnya sudah rusak.

9. Jangan-jangan kartu simnya yang rusak

Dari nomor 8 di atas, kalau kartu sim setelah dicoba pada slot berbeda tetap tidak terbaca, maka bisa jadi yang rusak adalah kartu simnya.

Terlepas dari nomor 8, bisa mencobanya dengan cara menggunakan kartu yang berbeda pada slot yang sama. Jika sudah dipastikan kartu simnya yang bermasalah atau rusak, maka hal yang bisa dilakaukan adalah solusi selanjutnya di bawah ini.

10. Membersihkan kuningan kartu sim dengan penghapus pensil yang bersih

Cara yang populer ketika memperbaiki kartu sim rusak, adalah dengan membersihkan bagian yang berwarna kuning pada kartu sim dengan menggunakan penghapus pensil yang bersih. Caranya cukup mudah, namun potensi berhasilnya sedikit. Yaitu hanya dengan siapkan penghapus bersih, dan gosok pada bagian kartu sim yang berwarna kuning beberapa detik/menit hingga benar-benar bersih dan siap dicoba pasang kembali. Selain kartu sim, cara ini biasa juga digunakan untuk memperbaiki memori card hp (MicroSD).

11. Ganti kartu perdana seluler

Ganti kartu perdana maksudnya juga mengganti nomor dari kartu sim kamu yang sebelumnya. Hal ini paling mudah dilakukan untuk solusi sim card yang rusak (bukan memperbaiki). Kamu tinggal pergi ke konter pulsa yang menjual kartu perdana, membelinya, memasang pada slot, registrasi kartu sim, dan siap pakai.

12. Pergi ke gerai operator kartu seluler untuk mengganti kartu sim yang rusak

Jika tidak ingin mengganti nomor pada kartu sim yang lama, kamu bisa pergi ke gerai operator kartu seluler kamu, berkonsultasi, dan nanti akan diberikan solusinya. Jangan lupa untuk membawa KTP (berdasarkan pengalaman).

Berdasarkan pengalaman Nanda ke 3Store (karena aku pengguna kartu Three), pertama aku berkonsultasi terlebih dulu masalah kartu sim tidak terbaca. Setelah itu dimintai menunjukkan nomor dan KTP (sepertinya untuk mengecek). Setelah itu langsung saja diganti dengan kartu sim yang baru, namun nomor tetap pakai yang lama. Hanya kartu sim (chipnya) saja yang diganti, dan tanpa biaya untuk menggantinya. Tapi sebaiknya kamu tanya dulu, apakah memerlukan biaya atau tidak. Berdasarkan pengalamanku sih tidak, ketika aku bertanya malah ditawari beli pulsa atau paket data internet.

Namun yang menjadi kendala, adalah lokasi gerai operator yang jauh. Apalagi jika kita bertempat tinggal di kota-kota kecil, atau daerah pelosok. Kalau untuk mengetahui lokasi gerai operatornya cukup mudah, tinggal browsing saja pasti ketemu.

13. Jangan-jangan nomor kamu diblokir provider

Jika nomor di blokir, biasanya ada pemberitahuan bahwa nomor kamu telah diblokir. Tapi ada juga yang tanpa pemberitahuan, tiba-tiba saja nomor kamu sudah dalam keadaan terblokir. Salah satu ciri-ciri yang Nanda ketahui kalau nomor kamu diblokir provider adalah kartu sim tidak ada layanan, atau tidak terbaca. Namun kita ketahui ciri-ciri ini juga belum tentu nomor kamu diblokir. Kemungkinanya bisa dikarenakan hal-hal sebelumnya di atas.

Nah untuk memastikannya, kamu bisa menghubungi contact sevice operator kamu. Berdasarkan pengalaman, aku lebih memilih menghubunginya melalui kirim pesan lewat email.

14. Hubungi kontak sevis operator seluler kartu sim kamu

Sebelum pergi ke gerai operator dan memutuskan ganti kartu perdana di atas, sebaiknya kamu coba hubungi layanan servis center operator kartu seluler yang kamu gunakan. Silahkan konsultasikan masalah kartu sim tidak terbaca tersebut, maka nanti akan dibantu cek oleh servis center.

Jika hasilnya nomor masih dalam keadaan aktif, maka bisa dipastikan yang rusak adalah kartu (chip) nya. Silahkan pergi ke gerai operator seluler untuk mengganti chip, atau ganti dengan kartu perdana baru yang lebih mudah hanya dengan membelinya di konter pulsa terdekat.

15. Reset pengaturan ponsel

Cara ini juga bisa kamu coba, yaitu dengan mereset ulang atau mengembalikan pengaturan ponsel ke pengaturan pabrik seperti pertama kamu membeli HP. Hal ini bisa menjadi solusi jika mungkin penyebab kartu sim tidak terbaca dikarenakan kamu mengubah pengaturan yang tidak kamu ketahui, sehingga menyebabkan kartu sim tidak terdeteksi. Kamu pun tidak mengetahui pengaturan yang sudah kamu ubah, dan bagaimana mengembalikannya. Maka solusi pintasnya adalah dengan melakukan reset atau setel ulang pengaturan ponsel.


Penutup

Demikian postingan tentang solusi kartu sim tidak terbaca di atas, semoga bermanfaat untuk kalian semua. Yuk! Berlangganan GRATIS via email di bawah postingan ini untuk mendapatkan konten menarik lainnya dari blog Nanda Hero.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Kartu Sim Tidak Terbaca di Android? Ini 15 Solusinya"

Post a Comment

CENTANG BAGIAN KOTAK "Notify me" KETIKA HENDAK BERKOMENTAR

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel