Menghemat Kuota Internet di Windows 10 dengan Mudah? Baca Ini

Menghemat Kuota Internet di Windows 10 - Pengalamanku menggunakan laptop baru dengan OS Windows 10 Pro 64bit yang terinstal, tidak sampai itungan jam digunakan, tiba-tiba kuota data internet 2GB pada ponsel yang dibikin hotspot habis seketika hanya untuk browsing. Padahal dengan laptopku yang lama Windows 8, kuota 2GB tersebut irit banget.

Ternyata setelah cari tahu penyebabnya adalah berjalannya pembaruan otomatis Windows di belakang, tanpa sepengetahuan yang menghabiskan kuota internet tersebut. Jadi dengan cara menghemat kuota internet di Windows 10 di bawah ini, kini kuotaku kembali irit dan bisa digunakan dengan puas 2GB dalam sehari. (Baca: Paket Tri Murah Harian Kuota 2GB 1500 Rupiah)

Kamu bisa saja menghemat Windows 10 yang boros kuota dengan berbagai cara yaitu mematikan Windows update secara otomatis, disable program windows 10 yang menyedot kuota internet, dan mengaktifkan metered connection windows 10.

Nah, tapi pada kesempatan kali ini aku bagikan tutorial cara mengaktifkan metered connection Windows 10 pada sambungan wifi yang sedang kamu gunakan.

Menghemat Kuota Internet di Windows 10 dengan Mengaktifkan Metered Connection

Secara sederhana, fungsi mengaktifkan metered connection ini adalah untuk membatasi penggunaan koneksi/bandwith sehingga proses pembaruan yang membutuhkan kuota data besar tersebut tidak akan berjalan sepenuhnya menghabiskan kuota internet kamu. Namun metered connection ini hanya bisa diaktifkan ketika menggunakan sambungan Wi-Fi dan mobile broadband. Untuk sambungan seperti Ethernet sepertinya tidak bisa.

Cara Mengaktifkan Metered Connection Windows 10

Di sini aku menggunakan sambungan Wi-fi yang dihotspot dari HP. Cara aktifkan metered connection sebagai berikut:
  1. Sambungkan dulu Hotspot dari HP dengan laptop Windows 10 menggunakan Wi-fi
  2. Kemudian klik Properties pada sambungan yang kamu gunakan seperti gambar di bawah ini 
    Menghemat Kuota Internet di Windows 10 dengan Mudah Baca Ini
  3. Berikutnya gulir ke bawah atau cari bagian Set as metered connection. Ubah mode off metered connection menjadi on 
    Menghemat Kuota Internet di Windows 10 dengan Mengaktifkan Metered Connection

Itulah cara mudah untuk menghemat kuota internet di Windows 10. Selain dengan mengaktifkan mode on metered connection, kamu bisa juga mematikan update otomatis di Windows 10. Namun cara mematikan update otomatis di Win 10 cukup rumit (tidak seperti Windows 8, 7 dan versi lainnya). Jadi gunakan saja cara di atas, kemudian bandingkan perbedaannya dengan sebelum mengaktifkan metered connection.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel