Cara Mengatur Jam dan Tanggal di Windows 10 (Memperbaiki Waktu Laptop yang Salah secara Otomatis)

Cara Mengatur Jam dan Tanggal di Windows 10 (Memperbaiki Waktu Laptop yang Salah) - Pada kesempatan kali ini, aku bagikan bagaimana cara setting tanggal dan waktu di Windows 10. Kita pasti setuju, kalau waktu pada komputer atau laptop kita diatur secara akurat. Maka dengan demikian, kita bisa mendapatkan informasi yang pas dan sah untuk jam berapa sekarang, maupun tanggal berapa sekarang dengan melihat waktu yang sudah teratur dan terpampang pada komputer atau laptop kita.

Bagi kamu yang baru menginstall OS Windows pada komputer/laptop, mungkin akan mendapati jam dan tanggal yang keliru (biasanya kebanyakan jam), tidak sesuai dengan waktu zona kita berada. Alhasil tidak cocok dengan jam yang pas dan sah digunakan di zona kita berada. Maka dampaknya kita mungkin akan mendapati telat masuk kerja/sekolah, dan sebagainya. Oleh karena itu, bagi kamu yang ingin memperbaiki jam dan tanggal yang salah pada laptop/komputer Windows kamu, kamu bisa atur dengan cara yang aku bagikan di bawah ini.

Cara Mengatur Jam dan Tanggal di Windows 10 (Memperbaiki Waktu Laptop yang Salah)

Di sini aku menggunakan Windows 10 Pro 64bit. Jadi jika Windows kita berbeda, silahkan sesuaikan sendiri dengan tutorial mengatur jam dan tanggal Windows di bawah ini.

Cara Setting Tanggal dan Jam Otomatis di Komputer/Laptop Windows 10 dengan Menyesuaikan Zona Waktu (Time Zone)

Menyesuaikan zona waktu kita berada, maka jam akan otomatis berubah dan tepat sesuai jam di zona waktu kita saat ini. Caranya sebagai berikut:
  1. Pergi ke Date & time settings Windows 10, caranya ketikkan saja date pada pencarian di Windows nanti muncul opsi Date & time settings atau hal serupa. Pilih opsi tersebut 
    Cara Mengatur Jam dan Tanggal di Windows 10 (Memperbaiki Waktu Laptop yang Salah secara Otomatis)
  2. Pada Set time automatically pilih on. Fungsinya adalah menyesuaikan jam dan tanggal secara otomatis sesuai zona waktu yang kita pilih. Kemudian cari dan pilih zona waktu sesuai tempat kamu berada pada bagian Time Zone. Nah untuk zona waktu Indonesia adalah (UTC+07:00) seperti gambar di bawah ini 
    Menyunting Waktu dan Tanggal di Windows 10


Jika kamu ingin mengatur waktu dan tanggal di Windows secara manual, atur off pada Set time automatically kemudian klik tombol Change pada bagian Change date and time. Namun lebih aku sarankan mengatur jam secara otomatis sesuai zona waktu seperti di atas supaya jam tidak berubah-ubah sendiri (tidak cocok lagi).

Baca Juga: Cara Membagi/Memecah Partisi Hardisk di Windows 10


Mengubah Format Waktu dan Tanggal

Pada Date & time settings, kita juga bisa merubah format waktu dan tanggal yang kita tampilkan pada laptop/PC Windows 10. Yaitu pada bagian Formats klik Change date and time formats. Kemudian aturlah sesuai keinginan.

cara mengatur jam komputer yang terkunci jam laptop tidak update windows 10


Itulah postingan artikel tentang Cara Mengatur Jam dan Tanggal di Windows 10 (Memperbaiki Waktu Laptop yang Salah secara Otomatis) yang bisa aku bagikan. Semoga postingan ini berguna dan bermanfaat untuk kalian. Jika postingan ini berguna/bermanfaat, jangan ragu untuk membagikan ke sosial media. Karena mungkin teman kamu juga ada yang membutuhkan panduan cara mengganti tanggal di laptop Windows 10.

Kamu juga bisa berlangganan blog nandahero.com dengam memasukkan email pada kolom di bawah postingan ini untuk mendapatkan info menarik lainnya GRATIS.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel