Cara Mudah Mengaktifkan Ads.txt di Blogger.com

Cara Mudah Mengaktifkan Ads.txt di Blogger.com - Bagi Publisher Google Adsense yang mendapat peringatan dari Google di dashboard Google Adsense-nya perihal masalah ads.txt disarankan untuk segera mengaktifkan ads.txt pada blog yang menayangkan iklan Google tersebut. Jika tidak, maka dampak serius akan mempengaruhi pendapatan kamu sebagai Publisher Google Adsense.

Baca Juga : Mengenal Iklan Google Jenis Matched Content

Nah, jika kamu tidak mendapatkan peringatan yang saya maksud seperti di atas, mengaktifkan ads.txt di blog kamu ini sebenarnya tidak wajib diterapkan. Namun hal ini direkomendasikan untuk diaktifkan di blog kamu sebagai penayang iklan Google. Selebihnya terserah untuk mengaktifkan ads.txt pada blog, atau tidak.

Baiklah, jika kamu ingin mengaktifkannya dan belum tahu bagaimana cara mengaktifkan ads.txt di blogger.com, di bawah ini panduan mudah untuk yang bisa kamu ikuti.

Cara Mengaktifkan Ads.txt di Blogger.com

  1. Pergi ke dashboard blog yang ingin kamu aktifkan ads.txt-nya
  2. Pilih menu Settings kemudian pilih opsi Search preferences
  3. Berikutnya scroll sampai ketemu Custom ads.txt pada Monetization, lalu klik edit dan pilih Yes
  4. Selanjutnya masukkan kode berikut google.com, pub-0123456789012345, DIRECT, f08c47fec0942fa0 (ganti nomor berwarna merah, dengan nomor ID Google Adsense kamu)
  5. Terakhir klik Save changes
Cara Mudah Mengaktifkan Ads.txt di Blogger

Lihat Lainnya : Cara Membuat Iklan Link (Tautan) Google Adsense Banyak Pilihan

Cara Mengetahui ID Google Adsense untuk Ads.txt

Bagi kamu yang belum tahu bagaimana cara mengetahui nomor ID Google Adsense kamu, berikut cara mudah untuk mengetahuinya.

1. Melalui dashoard Google Adsense

Cara pertama untuk mengetahui ID Google Adsense bisa dari dashboard Google Adsense. Silahkan login akun Google Adsense kamu, kemudian lihat pada adress bar browser. Nah, di bawah ini adalah contoh letak nomor ID Google Adsense.

cara aktifkan ads.txt google adsense di blog

2. Melalui kode unit iklan Google Adsense

Nomor 2 ini menurut saya cara yang lebih mudah ketimbang cara nomor 1, apabila kamu belum tahu nomor ID Google Adsense kamu berapa. Kamu bisa langsung lihat dari kode unit iklan yang sudah terpasang di blog kamu. Jadi kamu tidak perlu pergi ke dashboard Google Adsense lagi untuk mengetahui ID Adsense. Jika email Google Adsense dan blog kamu berbeda, tentu akan lebih lama jika menggunakan cara yang pertama.

Nah, berikut di bawah ini adalah contoh letak id google adsense pada kode unit iklan yang sudah terpasang di blog.

cara mengetahui id adsense untuk mengaktifkan ads.txt blog


Demikian postingan artikel Cara Mudah Mengaktifkan Ads.txt di Blogger.com ini, semoga bermanfaat untuk teman-teman Blogger Indonesia. Oh ya, untuk ads pada ads.txt kepanjangannya bukan adsense ya, melainkan Authorized Digital Sellers.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel