Mengenal, Mendapatkan, dan Memasang Jenis Iklan Matched Content Google Adsense

Matched Content Google Adsense - Matched Content atau Konten yang Sesuai adalah salah satu jenis iklan dari periklanan Google Adsense. Jadi pada kesempatan kali ini, aku akan berbagi pengetahuan yang aku tahu tentang matched content ini. Baiklah, di bawah ini pembahasan yang akan disajikan pada postingan artikel ini.

  1. Mengenal matched content adsense
  2. Cara mendapatkan matched content adsense
  3. Cara memasang matched content adsense



Mengenal Jenis Iklan Matched Content

Matched Content atau Konten yang Sesuai merupakan jenis iklan Google yang dapat membantu menambah penghasilan dan PageViews halaman blog. Jenis iklan matched content ini seperti halnya related post pada blog, namun disisipi beberapa iklan apabila sampeyan mengaktifkan monetize iklan pada matched konten. Contohnya seperti di bawah ini yang disebut matched content Google Adsense.

contoh jenis iklan matched content versi desktop

Nah bisa dilihat di atas, beberapa adalah content (artikel) dari blog Nanda Hero dan disisipi iklan seperti yang sudah ditunjuk pada gambar di atas.

Matched content kalau versi mobile seperti di bawah ini.

contoh jenis iklan matched content versi mobile

Cocoknya jenis iklan seperti ini dipasang tepat di bawah postingan, seperti halnya related post blog pada umumnya. Iklan seperti ini, menurutku seperti halnya iklan tautan. Yaitu dimana pengunjung blog kebanyakan tidak tahu kalau itu merupakan iklan.

Iklan matched content kalau dilihat kebanyakan orang awam dari per-bloging-an seperti halnya postingan artikel biasa, sedangkan iklan link (tautan) seperti halnya tombol pilihan; itu menurutku. Dan karena hal tersebut, biasanya jenis iklan seperti ini mendapatkan jumlah klik paling banyak. (Baca Juga : Cara Pasang Iklan Tautan Google Adsense)

Namun Publisher GA blog tidak semua bisa memasang jenis iklan matched content ini. Karena hanya pihak Google Adsense yang dapat memilih situs blog tersebut berhak menampilkan jenis iklan matched atau tidak.

Oleh karena itu, di bawah ini adalah tips atau cara memperoleh google adsense matched content.


Cara Mendapatkan Jenis Iklan Matched Content

Untuk memperoleh jenis iklan matched content supaya bisa menampilkan/memasangnya pada blog, sampeyan harus melakukan sesuatu terhadap situs blog sampeyan. Yaitu membuat trafik blog berjumlah ribuan pageviews.

Mungkin pengalaman para Blogger berbeda-beda, tapi diriku mendapatkan jenis iklan matched ini ketika blog sudah mempunyai trafik ribuan pageviews bersumber dari Google. Dan ketika aku browsing, ternyata jumlah trafik memang berpengaruh untuk situs blog sampeyan berhak dipilih untuk bisa menampilkan jenis iklan matched atau tidak.

Nah untuk mendapatkan ribuan PV pada blog, tipsnya adalah sebagai berikut :
  1. Rutin bikin postingan artikel setiap harinya
  2. Pelajari cara riset keyword dan SEO
  3. Semangat, dan jangan lupa beribadah

Selebihnya silahkan browsing di Google, dan baca-baca di blognya Mastah Blogger.

Kemudian di bawah ini adalah cara mengetahui blog dapat menampilkan iklan matched atau tidak, beserta cara mendapatkan script kode iklan matched content dan cara memasangnya.


Cara Memasang Jenis Iklan Matched Content

1. Mendapatkan kode jenis iklan matched content

  1. Silahkan login ke dashboard akun Google Adsense sampeyan
  2. Kemudian pilih menu Iklan Saya dan pilih opsi Unit iklan. Beriktnya silahkan klik tombol Unit iklan baru
    cara pasang matched content
  3. Selanjutnya silahkan pilih jenis iklan Konten yang Sesuai (Matched Content). Jika opsi jenis Konten yang Sesuai ini tersedia, maka ada blog sampeyan yang sudah bisa dipasang jenis iklan matched content
    cara memasang matched content adsense
  4. Silahkan lewati langkah di bawah ini
    memasang iklan matched content
  5. Lihat gambar di bawah ini, untuk mengetahui situs blog yang bisa dipasang jenis iklan matched content silahkan lihat pada 'Situs yang memenuhi syarat'. Kemudian untuk menampilkan iklan matched dan mendapatkan kode silahkan ikuti petunjuk gambarnya
    cara mendapatkan kode iklan matched content
  6. Langkah berikutnya tinggal copy/salin kode iklan matched content-nya
    mengenal jenis iklan matched content di google adsense


2. Memasang kode iklan matched content di blog

Untuk memasang jenis iklan matched di dalam blog, sebaiknya pasang di bawah postingan artikel blog menggantikan related post pada blog. Nah, karena diriku masih menggunakan platform blogger.com, jadi untuk cara memasang di versi WP atau platform lainnya silahkan browsing di Google. Biasanya kalau WP tinggal menggunakan plugin. Nah kalau di blogspot, di bawah ini!

Silahkan cari kode seperti di bawah ini di dalam edit html tema/template blog untuk memasang iklan matced content di related post. Untuk mempermudah pencarian, aktifkan kolom pencarian (CTRL+F) kemudian pastekan kode di bawah.
<b:include data='post' name='relatedpost'/>
Kalau ketemu tinggal ganti kode di atas dengan kode unit iklan matched yang sudah disalin dari Google Adsense tadi. Silahkan Simpan perubahan, dan silahkan tunggu sampai iklan aktif supaya bisa dilihat hasilnya. Jika tidak ingin menghilangkan related post bawaan blog, paste saja kode unit iklan matched tepat di bawahnya kode di atas.


Demikian postingan tentang Mengenal, Mendapatkan, dan Memasang Jenis Iklan Matched Content Google Adsense ini. Semoga bermanfaat untuk temen-temen Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel