Google Webmaster Tools : Cara Daftar dan Verifikasi Blog (Lengkap dengan gambar)

Google Webmaster Tools : Cara Daftar dan Verifikasi Blog (Lengkap dengan gambar) - Google Webmaster Tools adalah sebuah alat pengoptimalan untuk blog yang kamu miliki. Untuk itu, pertama kali kamu membuat blog selanjutnya adalah mendaftarkan blog pada google webmaster (sangat dianjurkan). Google Webmaster Tools memiliki banyak fungsi, diantaranya fungsi tersebut adalah untuk merayapi sebuah situs blog yang kamu daftarkan dan mengetahui masalah - masalah blog kamu.

Nah, itulah penjelasan sesuai pengetahuan saya. Dilihat dari pentingnya mendaftarkan situs blog pada google webmaster (sangat penting), maka seharusnya para Blogger telah mendaftarkan blognya.

Lalu, bagaimana jika blog belum didaftarkan?

Jika kamu memiliki pertanyaan yang sama atau mirip, maka kamu adalah seorang Blogger Newbie yang berkeinginan menjadi sosok Blogger Master (amiin). Dari satu pertanyaan diatas, jawabannya akan terdapat pada artikel ini, yaitu tentang bagaimaa cara mendaftarkan blog dan verifikasinya pada Google Webmaster. Untuk itu segeralah daftarkan blog kamu, karena blog yang tidak didaftarkan di Google Webmaster adalah blog cacat, menurut saya.

Panduan cara daftar dan verifkasi blog ke Google Webmaster Tools


1. Silahkan menuju link www.google.com/webmasters

gambar langkah daftar google webmasters tools


Setelah itu, langkah selanjutnya adalah klik SEARCH CONSOLE. Lihat gambar di atas

2. Jika langkah pertama sudah selesai, maka tampilan login akan muncul. Hal ini dikarenakan jika kamu belum pernah mendaftarkan blog ke Google Webmaster ( pertama kali ), karena panduan cara yang saya buat ini adalah pertama kali dalam mendaftarkan blog dengan email yang baru, "gak bingung kan maksud saya?".


gambar langkah daftar google webmasters tools


Baca Juga : Cara Daftar Google Analytics

Jika isi artikel ini masih bisa dipahami silahkan scroll ke bawah ke nomor 3. Jika belum saya anjurkan, ambil segelas air putih lalu minum, kemudian kembali ke depan layar masing - masing dan scroll ke bawah menuju nomor 3.

3. Isikan url blog kamu seperti contoh gambar di bawah ini, kemudian klik ADD PROPERTY.

gambar langkah daftar google webmasters tools


4. Pada nomor empat ini adalah bagaimana cara verifikasi blog.


gambar langkah daftar google webmasters tools


Lihatlah gambar di atas, pada gambar di atas saya menunjukkan cara verifikasi blog menggunakan HTML tag, Maka klik lah HTML tag. Di situ (gambar di atas) akan muncul kode script untuk di salin / copy dan tempelkan / pastekan pada template blog kamu. Untuk contoh penempelannya, klik saja Show me an example, penempelan diletakkan di bawah kode <head>.

5. Setelah penempelan script selesai dilakukan, tinggallah klik VERIFY.

gambar langkah daftar google webmasters tools


Jika penempelan sudah benar, maka setelah verify hasilnya akan terlihat seperti gambar di bawah ini.

gambar langkah daftar google webmasters tools


Baca Juga : Cara Menghapus Backlink Negatif

Nah begitulah bagaimana cara mendaftarkan dan verifikasi blog ke Google Webmaster Tools, untuk selanjutnya bisa klik continue seperti pada contoh gambar terakhir untuk melihat - lihat dashboard Google Webmasters. Nantikan! untuk postingan selanjutnya saya akan membuat cara menggunakan google webmaster tools.

Sekian postingan tentang Google Webmaster Tools : Cara Daftar dan Verifikasi Blog (Lengkap dengan gambar). Semoga bermanfaat untuk Blogger Pemula.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Google Webmaster Tools : Cara Daftar dan Verifikasi Blog (Lengkap dengan gambar)"

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang bijak! Saya sangat senang bila komentar anda membangun, baik untuk saya sebagai Penulis maupun konten pada blog ini.

- Jangan komentar dengan link url hidup maupun mati
- Jangan SPAM
- Jangan jualan (promo)
- Jangan provokasi
- Sopan berkomentar
- Berkomentarlah menggunakan akun Google Plus

Terimakasih, semoga selalu bahagia dan senantiasa bersyukur

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel