Cara Mendaftar Google Analytics untuk Blog

Cara Mendaftar Google Analytics - Setelah aku mendaftar google analytics untuk blogku Nanda Hero ini, aku kepikiran sekalian mau ngebuat postingan tentang bagaimana cara mendaftar google analytics untuk blog.

Bagi orang-orang yang awam dan baru terjun di dunia blogger, weber dan sebangsanya, pasti nggak tau, apasih Google Analytics itu? Apa juga gunanya? Hohoho. Dulu diriku juga demikian, kalau sekarang sih pastinya udah ngerti, meskipun gak banyak-banyak, wkwkwk.

Tentang Google Analytics


Buat yang belum ngerti tentang Google Analytics, tak jelasin dulu deh semua yang diriku ngerti tentang google analytics.

cara mendaftar google analytics

Google analytics ini salah satu fungsinya adalah buat mengetahui tindakan-tindakan yang terjadi pada blog sampeyan. Seperti pada gambar di atas contohnya. Digunakan untuk mengetahui jumlah user pada blog kita. Mulai dari jumlah user bulanan atau selama 30 hari, jumlah user hari ini, jumlah user kemarin, jumlah user yang sedang online, postingan yang sedang dikunjungi, jumlah pageviews, sessions, dan persentase bounce rate pada blog kita. Selebihnya silahkan baca postingan berikut : Cara Mengetahui Jumlah Visitor Blog secara Akurat

Nah selain itu, apabila sampeyan sudah menjadi Publisher Google Adsense, sampeyan juga bisa menggunakan google analytics untuk mengetahui tindakan yang dilakukan pada iklan yang telah dipasang pada blog sampeyan.

Nah kalau sudah paham, alangkah baiknya sampeyan mendaftarkan blog sampeyan ke Google Analytics. Apabila belum faham tentang google analytics, ya pokoknya daftarin dulu deh blognya, hohoho. Nanti juga bisa ditanyakan di kolom komentar kalau yang belum dimengerti. Lanjut ke cara mendaftar google analytics.

Cara Mendaftar Google Analytics dengan Mudah


  1. Pertama sampeyan harus mengunjungi halaman Google Analytics (Link : http://google.com/analytics)
  2. Setelah itu nanti akan ditunjukan tiga tahapan sampai mendapatkan tracing id kalau tidak salah. Langsung saja klik tombol Sign Up
  3. Kemudian pilih website dan isi semua formulir identitas yang benar. Dan kolom ceklisnya di ceklis semua ya, hehehe
  4. Kemudian sampeyan akan mendapatkan Tracing ID untuk dipasang di blog

mendaftar google analytics

Cara Memasang Tracing Id Google Analytics pada Blogspot


Cara pasang tracing id nya mudah banget kok, ini sekalian tak cantumin di tutorial, khusus buat manja-in sampeyan, hohoho. Begini ya caranya :

  1. Masuk akun blogspot sampeyan dan pilih blog yang sudah di daftarkan google analytics tadi. Sebelumnya, copy Tracing ID nya ya, hehehe
  2. Pilih menu Setelan kemudian pilih Lainnya
  3. Terakhir pastekan Tracing Id Google Analytics tadi di kolom ID Properti Web Analytics
  4. dan Simpan
  5. Pastekan juga kode berikut <b:include data='blog' name='google-analytics'/> di bawah kode <head> edit html template sampeyan

cara mendaftar google analytics dan memasangnya di blog


Nah cara mendaftar google analytics untuk blog sudah selesai. Semoga artikel ini bisa bermanfaat buat sampeyan yang baru mengenal dunia blogger dan blogger mastah yang lupa tutorialnya, hohoho.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel