2 Cara Mengetahui Jumlah Pengunjung (Visitor) Blog yang Akurat

Cara Mengetahui Jumlah Visitor Blog - Sebagai Blogger, mengetahui trafik jumlah pengunjung pada blog itu sangat penting. Dengan mengetahui banyak-sedikitnya visitor yang di dapat, kita bisa mengukur bagaimana perkembangan blog yang kita bangun selama ini. Ketika visitor masih sedikit, kita harus berusaha lebih keras lagi memperbanyak posting konten yang berkualitas, dan supaya berada di halaman pertama mesin pencari. Lalu ketika visitor sudah lumayan banyak, terus tingkatkan. Jangan sampai lalai, karena dunia perblogger-an ini kejam. Sekali visitor blog tiba-tiba menurun drastis, rasanya kacau.

Nah, mungkin banyak blogger yang masih mengira kalau statistik di blogspot seperti gambar di bawah ini adalah jumlah visitor pada blog kita. Namun kenyatannya bukan seperti itu, contoh seperti gambar di bawah ini adalah yang disebut PageViews (PV).

cara mengetahui jumlah visitor blog

Pageviews atau tampilan halaman adalah perhitungan dari banyaknya halaman yang dikunjungi (tampil) oleh pengunjung blog tersebut. Ketika pengunjung blog membuka halaman blog kita lebih dari satu, maka itu akan masuk pada perhitungan pageviews. Sedangkan visitor tetap terhitung satu tersebut.

Lalu apakah statistik pageviews pada dashboard Blogger.com tersebut sudah akurat?! Menurut saya belum sepenuhnya. Kamu bisa melakukan pengamatan sendiri. Kemudian kalau ingin mengetahui/melihat pengunjung blog dan pageviews yang lebih akurat, silahkan terapkan kedua cara yang saya bagikan di bawah ini.

Cara Mengetahui/Melihat Trafik Jumlah Pengunjung (Visitor) Blog/Website

Ada dua cara yang yang saya bagikan, dan keduanya sudah pernah saya coba. Yaitu dengan memanfaatkan Google Analaytics dan Histats untuk meengetahui dan memantau pengunjung blog.

1. Menggunakan Google Analytics untuk Mengetahui Visitor Blog

Google Analytics adalah layanan gratis yang bisa digunakan untuk memantau dan mengetahui statistik jumlah pengunjung, pageviews, pengunjung yang sedang online, dan masih banyak lagi pada suatu blog/web. Layanan statistik gratis dari Google ini memberikan informasi yang akurat dan lengkap. Banyak Blogger yang pilih menggunakan layanan gratis ini untuk mengetahui statistik trafik blog.

Kemudian untuk bisa menggunakan layanan ini, blog kamu harus didaftarkan terlebih dahulu ke Google Analytics, kemudian menghubungkan blog dengan layanan statistik dari Google ini. Untuk caranya saya sudah membuat postingan terkait sebelumnya, silahkan baca dengan mengunjungi link berikut : Cara Mendaftarkan Blog ke Google Analytics

cara melihat traffic blogger google analytics

Di atas adalah tampilan awal halaman HOME pada Google Analytics suatu blog. Nah, di bawah ini adalah keterangan sesuai tanda nomor yang saya berikan pada gambar di atas.

Keterangan :
  1. Nomor 1 pada gambar di atas adalah banyaknya jumlah pengunjung yang sedang online di blog/website yang dihubungkan Google Analytics
  2. Kemudian nomor 2 adalah informasi halaman postingan di blog yang sedang dikunjungi/dibuka oleh visitor. Untuk melihat lebih lengkap, klik pada tulisan REAL-TIME REPORT yang ada di bawahnya
  3. Selanjutnya nomor 3 adalah perhitungan jumlah visitor dalam satu Minggu (7 Hari)
  4. Arahkan kursor pada tanda yang sudah saya berikan di nomor 4, maka kamu akan mengetahui banyaknya jumlah visitor kemarin. Dan geser ke kiri untuk info hari-hari sebelumnya
  5. Pada nomor 5, yang bertulisan Last 7 days tersebut bisa diganti dengan opsi Today untuk melihat jumlah pengunjung hari ini, dan Yesterday juga bisa untuk melihat jumlah pengunjung kemarin
  6. Lebih lengkap mengetahui statistik pengunjung blog menggunakan perangkat apa, browser apa, dan pengunjung dari mana, kamu bisa menggunakan menu AUDIENCE

Selebihnya silahkan kamu pelajari sendiri, termasuk menganai apa itu bounce rate, session, dan lainnya.

2. Menggunakan Histats untuk Melihat Visitor/Pengunjung Blog

Selain menggunakan Google Analytics, saya juga menggunakan Histats untuk memantau, mengetahui, dan melihat trafik pada blog yang lainnya (blog saya lebih dari satu). Google Analytics dan Histats ini keduanya memberikan informasi yang akurat, sehingga penggunanya banyak. Namun dari keduanya tetap mempunyai perbedaan.

Nah, contoh tampilan dashboard Histats seperti gambar di bawah ini.

cara menampilkan jumlah pengunjung di blog

Sekilas saya perlihatkan memang seperti itu. Namun sebenarnya fitur yang dimiliki Histats juga banyak seperti halnya Google Analytics. Apabila di scroll ke bawah masih ada informasi seperti pengunjung hari sebelumnya, dan dibagian kiri juga masih ada menu-menu pada Histats terkait statistik blog yang dipasang Histats.

Jika ingin mencoba menggunakan Histats, silahkan kunjungi situsnya di link berikut : http://histats.com. Untuk panduan daftar dan memasang Histats pada blog silahkan browsing sendiri, sudah banyak panduan yang bertebaran diberikan oleh teman-teman Blogger di blognya.

Pilih menggunakan Google Analytics atau Histats untuk info trafik blog?

Nah, mungkin ini menjadi pertanyaan temen-temen Blogger, sebaiknya menggunakan Histats atau Google Analytics untuk blog kalian nantinya. Di bawah ini kesan yang bisa saya sampaikan sebagai Blogger yang sudah pernah menggunakan kedua layanan di atas.
  1. Memasang/menggunakan Histats mempengaruhi kecepatan loading blog. Ketika memasang kode dari Histats di blog, maka kecepatan loading blog akan sedikit lebih lambat. Sedangkan menggunakan Google Analytics tidak. Hal ini mungkin karena kode Histats adalah kode JavaScript yang ditempel/tampilkan pada tampilan blog. Jika masih ragu dengan pernyataan saya ini, silahkan coba tanyakan di forum Blogger.
  2. Menggunakan Histats, pengunjung juga bisa mengetahui info visitor blog yang dipasang. Ini adalah kelebihan Histats dibanding menggunakan Google Analytics. Kalau menggunakan Histats, kamu juga bisa memberi/menampilkan info mengenai pengunjung blog kamu di tampilan blog. Sedangkan Google Analytics setahu saya tidak bisa. Contoh yang saya maksud seperti gambar di bawah ini.
    cara melihat orang yang membaca blog kita
  3. Menggunakan Histats biasanya error. Meskipun jarang, tapi biasanya Histats ini mengalami error beberapa waktu/hari tidak bisa menganalisa trafik di blog. Dan saya pernah mengalami hal tersebut selama menggunakan Histats. Sehingga untuk mengetahui trafik di beberapa blog saya yang sebelumnya menggunakan Histats, saya pindah menggunakan Google Analytics. Menggunakan Google Analytics saya belum pernah mengalami error.

Itulah yang bisa saya sampaikan pada postingan tentang cara mengetahui jumlah visitor blog yang akurat, dan berdasarkan pengalaman saya. Semoga postingan ini bermanfaat untuk teman-teman Blogger, dan jangan lupa komentar kalian yang membangun di postingan ini adalah harapan saya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "2 Cara Mengetahui Jumlah Pengunjung (Visitor) Blog yang Akurat"

Post a Comment

Mau komentar? Komentarnya di bawah sini....
Aku sangat senang kalau sampeyan komentarnya yang Relevan, Jelas, dan Santun.

AKU TUNGGU YA, KOMENTARNYA!
Jangan lupa centang bagian kotak "Notify me" supaya mendapat pemberitahuan kalau ada balasan untuk komentar sampeyan.

(NB : komentar spam (link) tidak akan disetujui)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel