Cara Mengatasi "MSVCR110.dll is missing" Masalah Error pada Komputer

Cara Mengatasi "MSVCR110.dll is missing" Masalah Error pada Komputer - Sebelumnya saya sendiri sudah pernah mengalami masalah error MSVCR110.dll is missing ini pada Windows laptop yang saya gunakan. Dan pada postingan blog Nanda Hero kali ini, saya akan bagikan pengalaman mengatasi masalah tersebut berdasarkan cara yang pernah saya lakukan.

Contoh penampakan error tersebut, lebih lengkap adalah seperti gambar di bawah ini.

Cara Mengatasi MSVCR110.dll is missing Masalah Error pada Windows

Bagi anda yang mengalami permasalahan yang sama seperti gambar di atas, yaitu masalah dengan pesan error The program can't start because MSVCR110.dll is missing from your computer, anda bisa coba cara di bawah ini yang saya bagikan untuk memperbaikinya.

Cara Mengatasi "MSVCR110.dll is missing" Masalah Error pada Komputer

Masalah error seperti ini sebenarnya belum saya ketahui betul dari mana penyebabnya. Hanya saja ketika saya mengalami masalah msvcr110.dll is missing ini, terjadi setelah menginstall ulang Windows pada laptop saya.

Entah ini karena Windows atau driver yang baru saya install, yang pasti dari pesan error di atas adalah masalah file MSVCR110.dll yang hilang tidak ada atau rusak (corupt).

Seperti yang anda lihat pada gambar di atas, pesan masalah error muncul ketika saya hendak menginstall browser opera.

Tapi bukan waktu menginstall browser Opera saja! Hanya saja yang saya contohkan di atas pas waktu hendak menginstall browser Opera.

(Dengan kata lain masalah muncul juga ketika hendak menginstall software lainnya)


Baiklah, di bawah ini yang saya lakukan ketika masalah MSVCR110.dll is missing tersebut terjadi pada laptop Windows 8 saya.

1. Periksa Recycle bin

Seperti yang mungkin sudah anda tahu, Recycle bin adalah folder penampungan file-file di File Explorer yang pernah anda hapus tapi belum permanen.

Silahakan anda lihat, apakah ada file MSVCR110.dll pada Recycle bin tersebut. Jika ada, anda tinggal klik kanan pada file tersebut, kemudian pilh opsi Restore.

Setelah itu silahkan restart PC anda untuk mengetahui perubahannya, apakah sudah berhasil diperbaiki atau belum.

Jika file MSVCR110.dll tersebut tidak ada di folder Recycle bin, anda coba lakukan cara nomor 2 berikut ini.

2. Instal Visual C++ Redistributable for Visual Studio 2012

Langkah berikutnya yang saya lakukan, karena file tidak tersedia pada Recycle bin adalah dengan menginstall Visual C++ Redistributable for Visual Studio 2012.

Anda bisa mendownload Visual C++ Redistributable for Visual Studio 2012 terlebih dulu dengan klik di sini, kemudian setelah selesai didownload silahkan diinstall. (Download sesuai bit Windows anda)


Setelah menerapkan cara nomor 2, kemudian merestart laptop dan mencoba kembali, ternyata masalah ini belum selesai teratasi; pesan error masih muncul.

Nah, karena belum berhasil, saya coba cara nomor 3 di bawah ini.

3. Scan Laptop dengan Registry Cleaner

Untuk langkah-langkah scan laptop menggunakan Registry Cleaner, silahkan ikuti panduan di bawah ini :
  1. Download dulu registry cleaner di sini : Auslogics Registry Cleaner
  2. Setelah selesai download, silahkan install pada PC anda
  3. Gunakan saja yang free version untuk melakukan scan
  4. Centang/pilih semua kotak pada opsi, kemudian lakukan scan
  5. Restart dan coba cek, apakah berhasil atau tidak

Setelah melakukan cara nomor 3 ini masalah MSVCR110.dll pada laprop saya sudah berhasil diatasi. Pesan error seperti gambar di atas sudah tidak muncul lagi ketika saya mencoba menginstall browser Opera kembali.

Jika Registry Cleaner juga tidak bekerja pada laptop anda, silahkan coba dengan antivirus terbaik yang ada di laptop anda.

Kalau masih belum teratasi, jalan terakhir bisa lakukan install ulang Windows kembali. Dan pastikan tidak terjadi kesalahan ketika menginstall Windows dan driver.


Demikian cara mengatasi MSVCR110.dll is missing ini saya bagikan, semoga berguna dan berhasil anda coba.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel