6 Langkah Mudah Cara Membuat Blog Gratis di Blogspot

Cara Membuat Blog Gratis di Blogspot – Setelah sekian cukup lama diriku nggak update postingan tentang blog dan juga karena masih minimnya tutorial tentang blog di blog Nanda Hero ini, aku berniat dengan segenap jiwa ragaku (hohoho) membuat tutorial tentang cara membuat blog gratis dengan memanfaatkan platform blogspot.com.

Platform Blogspot adalah platform untuk membuat blog gratisan yang menurut saya paling populer ketimbang platform lainnya. Untuk Blogger pemula yang masih belajar tentang blog, disarankan memanfaatkan platform gratisan dari blogspot ini. Namun, Blogger yang menggunakan platform blogspot nggak cuman pemula lho, cukup banyak mereka yang menguasai ilmu tentang blog atau bisa dibilang mastah, yang masih menggunakan platform gratisan dari blogspot.

Oh ya, sebelumnya yang tak maksud “membuat blog gratis” itu nggak perlu nyewa domain dan hosting ya. Jadi maksudnya, sampeyan nggak perlu nyewa domain dan hosting sudah bisa membuat blog dengan blogspot. Tapi kalau paket internet ya beli ya, atau usaha cari tumpangan tathering, hohoho.

Oke, bagi sampeyan yang sudah mengetahui cara membuat blog gratis di blogspot, nyimak saja atau nambahi kurangnya artikelku ini ya. Nah kalau yang belum bisa atau yang baru ingin membuat blog gratis, monggo disimak dan dipraktekkan tutorialnya, hehehe.

Cara Membuat Blog Gratis di Blogspot


1. Number wan, sampeyan harus mengunjungi situs platform blogspot untuk membuat blog gratis. (Link : Blogspot.com)

2. Muncul seperti gambar di bawah ini, klik CREATE YOUR BLOG

membuat blog gratis di blogspot

Membuat blog di blogspot ini membuatuhkan akun Gmail. Jadi kalau sampeyan belum mempunyai akun gmail, silahkan membuatnya terlebih dahulu. Nah setelah mengeklik CREATE YOUR BLOG, kalau sampeyan belum login akun gmail, maka akan disuruh login terlebih dahulu.

3. Kemudian kalau sampeyan pertama kali membuat akun gmail dan belum terkait dengan akun Google Plus, maka kaitkan dulu gmail sampeyan dengan G Plus dan kembali lagi ke situs Blogspot.com. Cara mengaitkan dengan G Plus cukup mengunjungi sosial media G Plus dan isi data-data yang perlu di isi. 
Akun Google Plus nanti dibuat sebagai profil Blogger sampeyan di Blogspot.com.

membuat blog gratis di blogspot 2

Nah kalau akun gmail sudah terkait akun gplus, seperti gambar di atas, klik Lanjutkan ke Blogger.

4. Klik BUAT BLOG BARU untuk mulai membuat blog gratis di blogspot.

membuat blog gratis di blogspot 3

5. Silahkan sampeyan isi Judul (sebagai judul/nama blog) dan Alamat (sebagai url blog dan berakhiran .blogspot.com).

membuat blog gratis di blogspot 4

Seperti gambar di atas, perhatikan kalimat “Alamat blog ini tersedia”. Artinya, alamat/url blog masih bisa digunakan karena belum digunakan orang lain. Nah kalau alamat tidak tersedia, maka sampeyan harus mengganti alamat url blog sampeyan sampai menemukan alamat url yang masih tersedia seperti gambar di atas. Paham ya maksudnya?

Kemudian bagian Tema. Silahkan sampeyan pilih tema yang tersedia, yang akan menjadi bentuk tampilan blog sampeyan nantinya. Nggak perlu pusing milih tema, tema di blogspot ini nanti bisa diganti dengan tema lainnya hasil download template gratis atau membeli tema/template premium di penyedia yang lebih joss tentunya.

Nah setelah semua bagian nomor 5 ini terpenuhi, silahkan klik Buat blog!

6. Taraaa ....., blog gratis sampeyan sudah berhasil dibuat. Untuk melihat tampilannya, klik yang tak lingkarin pada gambar di bawah itu ya (Lihat blog). 

membuat blog gratis di blogspot 5

Yang pasti, tampilan blog sampeyan masih seadanya. Kemudian untuk mengedit-edit setiap bagian, silahkan sambil browsing-browsing di Google tentang bagaimana caranya. Tanya diriku juga boleh, hohoho. Dan jangan lupa, buat artikel yang berkualitas yang bermanfaat bagi penduduk Indonesia dari sabang sampai meraoke, wkwkwk. Semoga Bermanfaat!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Responses to "6 Langkah Mudah Cara Membuat Blog Gratis di Blogspot"

  1. ini sangat bermanfaat bagi saya, kebetulan saya masih newbie. Makasih ilmunya

    ReplyDelete

Mau komentar? Komentarnya di bawah sini....
Aku sangat senang kalau sampeyan komentarnya yang Relevan, Jelas, dan Santun.

AKU TUNGGU YA, KOMENTARNYA!
Jangan lupa centang bagian kotak "Notify me" supaya mendapat pemberitahuan kalau ada balasan untuk komentar sampeyan.

(NB : komentar spam (link) tidak akan disetujui)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel