7 Ide Keren Perayaan 17 Agustus Memperingati HUT RI

Perayaan 17 Agustus – Sebagaimana diriku yang asli orang Indonesia, pasti tahu ada apa disetiap tanggal 17 Agustus. Ya,, tanggal 17 Agustus diperingati sebagai hari ulang tahun Republik Indonesia (HUT RI). Bukan lahirnya Indonesia pertama kali, melainkan lahirnya kembali bangsa Indonesia sebagai negara yang MERDEKA pada tanggal 17 Agustus 1945 berkat perjuangan para pahlawan dan seluruh penduduk Indonesia yang ikut memperjuangkan kemerdekaan dahulu kala. Terimakasih kepada mereka.

perayaan 17 agustus, hari kemerdekaan, lomba 17 agustus, hut ri


Nah, disetiap kalender umum Indonesia, terdapat hari-hari penting yang ditandai untuk memperingati hari penting tersebut. Seperti hari kemerdekaan yang jatuh dan diperingati setiap tanggal 17 Agustus ini, yang mana ada suatu perayaan yang bisa dilakukan untuk memperingatinya.

Artikel kali ini isinya tentang "perayaan 17 Agustus" tersebut. Apa saja perayaan 17 Agustus yang patut dilakukan untuk memperingati hari kemerdekaan? Berikut ulasannya.

Perayaan-perayaan 17 Agustus sebagai HUT RI


1. Memasang bendera merah putih di depan rumah


Bendera dengan warna merah (atas) putih (bawah) dan tanpa embel-embel lainnya adalah bendera yang menunjukan adanya negara Indonesia. Nah hal ini diharuskan bagi seluruh penduduk Indonesia untuk memasang/mendirikan bendera kebangsaan Indonesia sebagai perayaan memperingati HUT RI. Memasang bendera merah putih biasanya di awal bulan Agustus.

2. Mengikuti atau mengadakan lomba 17 Agustusan


17 Agustus identik diperingati dengan adanya berbagai macam lomba disetiap daerah. Lomba-lomba tersebut seperti lomba grak jalan, karnaval, pawai budaya, lomba pidato, dan lomba-lomba sejenis lainnya. Ada juga berbagai daerah yang biasanya mengadakan lomba seperti lomba balap karung, lomba makan kerupuk dan lomba-lomba lainnya yang sejenis. Baca juga : 46 Ide Seru Lomba 17 Agustus

Nah untuk mengikuti perayaan 17 Agustus, bisa dengan mengikuti lomba-lomba tersebut yang pastinya akan memeriahkan bulan Agustus sebagai bulan kemerdekaan RI.

3. Mengirim Doa dan Tahlil untuk Indonesia dan seluruh pejuang kemerdekaan


Di malam 17 Agustus, di setiap daerah biasanya mengadakan doa dan tahlil bersama untuk Indonesia dan pejuangnya sebagai rasa syukur dan terimakasih atas jasanya. Serta mendoakan yang terbaik untuk Indonesia dan yang bersangkutan di masa depan.

4. Mengikuti upacara bendera HUT RI


Di tanggal 17 Agustus, bagi pelajar dan para pegawai, biasanya akan di adakan untuk mengikuti upacara bendera memperingati HUT RI. Biasanya ada dua upacara yang dilakukan pada tanggal 17 Agustus, yaitu upacara pengibaran bendera yang dilakukan di pagi hari dan upacara penurunan bendera di sore hari.

Di TV pada tanggal 17 Agustus pagi hari, biasanya seluruh saluran televisi Indonesia akan menyiarkan upacara kemerdekaan yang dipembinai oleh bapak Presiden. Nah bagi pelajar, bisa mengikuti upacara atau ikut serta sebagai anggota Paskibraka. Begitupula bagi mereka seluruh penduduk Indonesia yang bisa mengikuti upacara bendera sebagai perayaan memperingati HUT RI.


Nah di atas adalah perayaan-perayaan 17 Agustus yang umum untuk memperingati HUT RI. Perayaan 17 Agustus lainnya bisa mengadakan acara sebagai berikut :

5. Menonton film sejarah Indonesia


Menonton film sejarah Indonesia bisa dijadikan perayaan memperingati hari kemerdekaan. Biasanya dilakukan di malam 17 Agustus setelah melakukan perayaan 17 Agustus kirim doa dan tahlil. Perayaan menonton film sejarah dilakukan bersama-sama dengan menayangkan film-film sejarah Indonesia yang ditayangkan menggunakan layar lebar.

6. Mendaki gunung/pegunungan/puncak/bukit


Masih ingat film Indonesia dengan judul “5 Centimeter”. Ya,, film yang mengisahkan tentang persahabatan yang mengabadikan kenangannya dengan melakukan pendakian dan mengibarkan bendera ketika mencapai puncak.

Nah itu bisa ditiru, asalkan memperhatikan kondisi dan keselamatan. Selain itu biasanya kalau ada kegiatan Lintas Alam, sampeyan bisa mengikutinya untuk merayakan kemerdekaan.

7. Mengunjungi tempat bersejarah atau berziarah ke makam pahlawan


Sampeyan bisa juga belajar sambil wisata ke tempat-tempat yang bersejarah, misalnya seperti museum, atau tempat bersejarah lainnya yang berhubungan dengan zaman perjuangan kemerdekaan dahulu kala. Selain itu, bisa juga berziarah ke makam pahlawan. Misalnya berziarah ke makam Ir. Soekarno yang ada di Blitar beserta museumnya.


Nah itulah 7 Ide Keren Perayaan 17 Agustus Memperingati HUT RI yang bisa sampeyan lakukan di bulan Agustus bulan kemerdekaan ini. Punya IDE lain? Tulis pada kolom komentar di bawah. Baca Juga Lainnya : Logo Resmi HUT RI ke 73 dan Makna di Baliknya

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "7 Ide Keren Perayaan 17 Agustus Memperingati HUT RI"

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang bijak! Saya sangat senang bila komentar anda membangun, baik untuk saya sebagai Penulis maupun konten pada blog ini.

- Jangan komentar dengan link url hidup maupun mati
- Jangan SPAM
- Jangan jualan (promo)
- Jangan provokasi
- Sopan berkomentar
- Berkomentarlah menggunakan akun Google Plus

Terimakasih, semoga selalu bahagia dan senantiasa bersyukur

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel