46 Ide Seru Lomba 17 Agustus Memperingati Hari Kemerdekaan

Lomba 17 Agustus – Kita ketahui di bulan Agustus ini banyak sekali diberbagai daerah mengadakan perayaan untuk memperingati HUT RI atau hari kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus. Salah satu perayaan tersebut salah satunya adalah mengadakan lomba-lomba yang seru. Biasanya kalau sampeyan hidup di komplek perkotaan, maka akan melihat banyak sekali perayaan dengan lomba-lomba yang seru disetiap komplek.

Nggak cuman itu, dipedesaan juga banyak yang melakukan perayaan 17 agustus. Tentu karena hal ini diperingati oleh seluruh penduduk Indonesia yang berbeda-beda suku dan bahasa.

lomba 17 agustus


Nah di sini aku mau ngasih tahu, ide-ide "lomba 17 Agustus" yang bisa di adakan diberbagai daerah tempat sampeyan tinggal.

Ide Lomba 17 Agustus Memperingati HUT RI


Ide-ide lomba 17 Agustus ini selain yang sudah biasa diadakan oleh pemerintah. Misalnya lomba grak jalan, pawai budaya, karnaval dan lain-lain.

1. Lomba panjat pinang


Ide lomba 17 Agustus an yang pertama dan seru adalah lomba panjat pinang. Biasa diadakan disetiap daerah. Pohon pinang yang disisik dan diberi oli atau pelicin yang atasnya sudah ditaruh berbagai macam hadiah, kemudian di panjat dengan tim yang saling menyumbang bahunya sebagai tumpuan supaya bisa mencapai hadiah-hadiah yang ada di pucuk pohon pinang yang didirikan.

2. Lomba panjat pohon pisang


Lomba panjat pohon pisang ini bisa dikatakan sama modelnya dengan lomba panjat pinang. Karena sesungguhnya, pohon pisang ini sebagai ganti pohon pinang dan selain itu biasanya yang ikut serta lebih ditujukan kepada anak-anak.

3. Lomba makan kerupuk


Pasti sudah tidak asing kan dengan lomba makan kerupuk. Kerupuk yang digantung dengan tali dan dimakan oleh peserta lomba tanpa menyentuhnya dengan tangan. Yang pertama menghabiskan kerupuk dan tidak menyalahi aturan akan keluar sebagai pemenang atau maju ke babak selanjutnya. Karena biasanya model lomba ini adalah penyelisihan.

4. Lomba tarik tambang


Setiap tim beregu melawan tim lainnya dengan adu kekompakan dan kekuatan sehingga yang menarik tali tambang lebih kuat ke arah sisinya, mereka yang akan menjadi pemenang atau maju ke babak selanjutnya.

5. Lomba membawa kelereng di sendok yang digigit


Sendok digigit dan sebuah kelereng ditaruh pada ujung sendok tersebut. Peraturan menang adalah kelereng tidak boleh jatuh sampai mencapai garis finish dan yang pertama sampai garis finish yang akan menang.

6. Lomba memasukkan paku di botol


Paku ditali dan diikatkan ke pinggang sampai menggantung di bawah pantat. Kemudian peserta lomba harus bisa memasaukkan paku yang digantung ke dalam botol tanpa bantuan kedua tangan. Yang pertama masuk, yang menang.

7. Lomba cokot koin yang ditancap dibuah


Koin atau uang logam yang ditancapkan ke buah dan dilumuri pelicin dan dicokot/digigit tanpa menggunakan kedua tangan. Biasanya buah jeruk purut yang digunakan untuk lomba cokot koin. Di lomba cokot koin pada umumnya juga tidak ada pemenang. Siapa yang bisa mencokot koin dengan rebutan dan mendapat koin banyak, koin tersebut akan didapatkannya sebagai hadiah. Jadi kalau ingin mendapatkan hadiah dengan nilai uang banyak, dapatkan koin yang banyak.

Namun jika ingin membuat kreasi lain, bisa saja menggunakan lomba ini seperti lomba babak penyisihan lainnya hingga memandapatkan sang juara. Misalnya yang mencokot koin paling banyak akan menang atau maju ke babak selanjutnya untuk mendapatkan hadiah utama.

8. Lomba balap karung


Karung bago dipakai dan lompat-lompat menggunakan karung sampai garis finish. Yang pertama sampai yang menang. Nah, lomba balap karung ini biasanya digantikan dengan glangsi. Jadi lomba balap glangsi.

9. Lomba balap egrang


Egrang adalah permainan tradisional yang terbuat dari bambu atau kayu yang dirubah menjadi jenis permainan yang disebut egrang. Peserta lomba menggunakan egrang yang sudah dipasangi tumpuan kaki dan digunakan untuk berjalan menggunakan egrang tanpa kaki yang menyentuh tanah. Yang pertama sampai garis finish dan tidak jatuh yang kan menang.

10. Lomba balap menggunakan sendal bakiak


Hampir sama dengan egrang, yang ini menggunakan sendal bakiak yang digabung dan digunakan bersama tim untuk mengalahkan tim lainnya. Yang mencapai finish pertama yang menjadi pemenang. Namun untuk mencapai garis finish dibutuhkan kecepatan dan kekompakan menggunakan bakiak dari setiap anggota tim.

11. Lomba sepak bola nendang dengan terong


Tidak menggunakan kaki, lomba sepak bola menggunakan terong yaitu mengikat terong dengan tali dan dikaitkan ke pinggang. Terong berada di bawah pantat sampai hampir menyentuh tanah dan digunakan untuk menggiring bola atau menendang bola ke gawang lawan.

12. Lomba sepak bola memakai sarung


Versi sepak bola yang lain yang bikin lomba sepak bola makin seru, yaitu bermain sepak bola seperti pada umumnya namun mengenakan sarung. Jadi agak susah dan membuat permainan sepak bola makin seru.

13. Lomba menyunggi tampah tanpa memegang dengan tangan


Lomba ini biasanya ditujukan untuk peserta ibu-ibu. Yaitu menyunggi tampah di kepala, dan pada tampah tersebut biasanya diberi bola-bola pimpong supaya menghancurkan keseimbangan. Jadi untuk menjadi pemenang dilomba ini harus menjaga keseimbangan agar tampah tidak jatuh dan menjadi yang pertama mencapai garis finish.

14. Lomba menggapit balon dengan perut


Peserta berpasang-pasangan dan saling berhadapan menggapit balon dengan perut supaya tidak jatuh. Yang tidak jatuh dan sampai garis finis dahulu yang menang.

15. Lomba memukul balon


Balon digantung dan di isi oleh air/tepung/isian lainnya. Peserta akan memukul balon menggunakan tongkat dengan mata ditutupi oleh kain atau alat penutup supaya tidak bisa melihat balon yang akan dipukul. Yang berhasil memukul balon pertama kali dan tidak bermain curang, maka akan menjadi pemenang.

16. Lomba olahraga (sepak bola, voly, bulu tangkis, tennis dan lain-lain)


Olahraga memang identik dengan kejuaraan dan perlombaan. Nah, ini bisa juga dilakukan untuk mengadakan lomba di lingungan masyarakat ataupun sekolah. Kriteria pemenang tergantung dari jenis olahraga yang diikuti. Misalnya kalau lomba voly, maka skor yang akan menentukan kemenangan.

17. Lomba mancing ikan


Selain mendapatkan ikan yang dipancing sebagai hadiah, yang paling banyak mendapatkan ikan juga akan menjadi juara dan mendapatkan hadiah kejuaran. Lomba ini akan membuat setiap orang yang berpartisipasi gembira, meskipun tidak menjadi juara, asalkan mendapatkan ikan, maka itu bisa dianggap sebagai suatu hadiah.

18. Lomba menangkap ikan dengan kedua tangan


Kalau lomba mancing ikan mengguanakan kail pancing dan umpan, lomba menangkap ikan hanya menggunakan kedua tangan dan berebut mendapatkan lebih banyak ikan.

19. Lomba menangkap belut dan memindahkan ke botol


Menangkap belut yang ada di timba/bak dengan kedua tangan,  kemudian memindahkan belut kedalam botol yang berlubang kecil. Belut merupakan hewan dengan tubuh yang licin ketika hendak ditangkap dan dipegang. Inilah yang akan menjadi kesulitan dan keseruan lomba menangkap belut dan memindahkannya ke botol.

20. Lomba cepet-cepetan berpakaian


Dari lomba ini biasanya yang akan menentukan pemenang adalah suatu penilaian. Penilaian berdasarkan kerapian dan kecepatan mengenakan pakaian. Selain pakaian, bisa saja menggunakan aksesoris lainnya seperti sepatu atau jilbab yang rumit.

21. Lomba meimndahkan bola tenis dengan mulut


Bola tenis yang ditaruh pada suatu tempat dan diberi tepung, kemudian peserta lomba harus memindahkan bola tersebut satu persatu ke tempat lainnya menggunakan mulut untuk mencokot bolanya. Lomba ini akan seru karena mencokot bola yang dilumuri tepung dengan mulut, maka secara otomatis tepung tersebut akan membedaki wajahnya.

22. Lomba puisi dengan tema pahlawan atau kemerdekaan


Dilingkungan sekolah juga bisa mengadakan bagi setiap siswa perkelas untuk bersaing membuat puisi dengan tema yang sudah ditentukan, dan membacakannya. Pemenang disini akan ditentukan oleh penilaian dewan juri baik dari isi puisi dan cara membacakannya.

23. Lomba pidato dengan tema pahlawan atau kemerdekaan


Selain puisi, ada juga lomba pidato yang tidak kalah seru yang bisa diadakan dilingkungan sekolah. Sebagaimana kita ketahui, proklamasi kemerdekaan dahulu yang dilakukan Ir Soekarno juga melalui sebuah pidato. Oleh sebab itu, pidato hari kemerdekaan bisa mengusung tema tentang kemerdekaan maupun sejarah para pahlawan ataupun ide di masa depan.

24. Lomba cerdas cermat


Lomba cerdas cermat juga seru. Apalagi diadakan sebagai lomba 17 Agustus yang mana pertanyaan-pertanyaan yang akan diajukan bisa seputar sejarah kemerdekaan dan para pejuang kemerdekaan.

25. Lomba busana dan rias


Seperti model yang mengenakan busanan dan berjalan di atas panggung dengan gaya, nah ini juga bisa untuk mengadakan lomba busana dan rias. Misalnya tema juga berkaitan dengan pakaian adat atau perjuangan. Serta penilaian pemenang berdasarkan pakaian dan riasan yang sesuai dengan tema. Jadi pemenang tidak hanya yang berias cantik, pemenang akan dinilai dari penampilan dan riasan yang sesuai tema.

26. Lomba mewarnai


Untuk lomba mewarnai, biasanya diadakan untuk anak TK. Bagi anak TK, mewarnai ini sangat seru, apalagi jika mendapatkan hadiah.

27. Lomba melukis


Melukis pahlawan atau situasi dan kondisi pandangan perjuangan zaman kemerdekaan dulu. Setelah itu menceritakan makna lukisan tersebut. Penilaian lomba tergantung kepada keputusan dewan juri.

28. Lomba menggambar kaligrafi


Selain melukis, yang lainnya adalah kaligrafi. Membuat kaligrafi yang keren dan bagus dimata dewan juri dan mampu menyaingi kaligrafi peserta lainnya, maka akan diputuskan sebagai pemenang.

29. Lomba kreasi


Lomba kreasi yang dimaksud adalah kreasi kerajinan. Misalnya mainan atau sejenis patung maupun ukiran.

30. Lomba membuat cerpen tema pahlawan atau kemerdekaan


Puisi, pidato dan yang satunya yang nggak kalah menarik adalah lomba cerpen. Peserta harus membuat cerpen yang menarik dan memikat para pembaca (khususnya juri) supaya menjadi pemenang.

31. Lomba memasak


Di sekolah-sekolah untuk memperingati perayaan 17 Agustus, biasanya juga diadakan lomba memasak untuk siswa perempuan. Namun laki-laki juga bisa ikut andil sebagai tim pembantu. Pemenang dalam lomba ini biasanya ditentukan oleh rasa dan kreasi pada tampilan masakan yang disajikan.

32. Lomba gobak sodor


Masih ingat permainan tradisional gobak sodor yang biasa dimainkan anak SD? Nah selain dibuat permainan, alangkah serunya bagi anak SD apabila guru dapat membuat permaianan tersebut mampu menghasilkan suatu hadiah untuk anak-anak yang bermain sebagai peserta lomba gobak sodor tersebut. Tentunya untuk mendapatkan hadiah harus menjadi pemenang ya.

33. Lomba beteng


Permainan tradisional yang bisa dijadikan lomba selanjutnya adalah permainan beteng. Peserta adalah mereka yang beregu menjadi sebuah tim dan mengalahkan beteng tim lainnya.

34. Lomba main catur


Asah otak dengan permaianan yang satu ini, yaitu main catur. Lomba main catur cocok sekali diadakan disekolah maupun lingkungan masyarakat. Selain itu, menariknya lomba main catur ini tidak setingkat daerah atau antar siswa. Bahkan kompetisi catur tingkat internasional pun ada.

35. Lomba nyanyi


Lomba menyanyi juga bisa diadakan untuk memperingati HUT RI. Menyanyi bisa dengan cara bernyanyi solo, band ataupun paduan suara.

36. Lomba menari


Kemudian lomba menari juga bisa diadakan dalam bentuk menari grup, solo, berpasangan ataupun jenis tarian daerah atau dance.

37. Lomba kiroat


Kiroat adalah membaca ayat-ayat suci Al Qur’an dan menadakannya. Namun ada aturan untuk menadakannya dan harus terlatih (tidak asal).

38. Lomba hadroh


Bersholawat atau menyanyikan lagu religi dan diiringi tabuhan adalah ciri hadroh. Nama tabuhan tersebut biasanya kompang, bass, banjari, kecer dan lain-lain alat lainnya.

39. Lomba stand up comedy


Yang lagi populer dikalangan anak muda, yaitu stand up comedy. Ini juga bisa diadakan di lingkungan sekolah dan nanti penilaian peserta yang menang biasanya berdasarkan nilai materi yang dibawakan dan pecahnya lawakan.

40. Lomba fotografi


Lomba fotografi ini biasanya diadakan oleh pihak-pihak lembaga atau perusahaan tertentu. Namun pesertanya dari masyarakat umum seluruh penduduk di Indonesia.

41. Lomba membuat animasi


Lomba animasi penerapannya juga bisa sama seperti lomba fotografi. Namun lomba ini biasanya juga diadakan antar sekolah smk atau kalangan mahasiswa jurusan animasi, desain grafis ataupun informatika.

42. Lomba membuat film pendek


Sama seperti lomba membuat animasi. Orang yang bisa membuat film pendek, selama mematuhi persyaratan dan ketentuan, bisa ikutan dalam lomba membuat film pendek ini.

43. Lomba desain grafis


Penerapannya hampir sama dengan lomba animasi, biasanya diadakan oleh lembaga maupun perusahaan tertentu. Namun mereka yang membutuhkan sesuatu mengenai desain grafis, juga bisa mengadakan lomba ini untuk diikuti yang bisa desain grafis. Namun juga harus memberi imbalan kepada pemenang. Lomba desain grafis biasanya seperti lomba membuat logo dan lain-lain.

44. Lomba desain web


Lomba desain web biasanya juga diadakan dikalangan pelajar smk kejuruan RPL, multimedia atau tkj. Kalau tidak web, biasanya lomba desain blog.

45. Lomba menulis artikel ilmiah


Seperti lomba cerpen dan membuat puisi, yang satu ini lomba menulis artikel ilmiah. Ini juga cocok diadakan kalangan tertentu untuk meperingati hari kemerdekaan. Yang bikin seru dari lomba ini karena ada teknik-teknik dalam penulisan artikel ilmiah. Dan yang lainnya karena adanya persaingan tentunya.

46. Lomba menulis blog


Memang yang akhir-akhir ini, ide lomba 17 Agustus lebih ditujukan kepada pihak lembaga, perusahaan atau kalangan tertentu. Nah kalau lomba menulis blog ini pesertanya adalah para Blogger. Blogger harus menulis artikel sesuai tema (biasanya berkaitan hari kemerdekaan) yang ditentukan panitia lomba dan mematuhi segala syarat dan ketentuan yang diberikan.

Ada dua jenis lomba blog ini. Yaitu menulis artikel dengan penilaian dari segi isi artikel tampilan dan persyaratan yang telah dipenuhi. Untuk memenangkan lomba blog jenis ini, biasanya para Blogger peserta lomba akan menambahkan infografis, video, maupun jenis tampilan penulisan yang bagus di mata juri supaya menang.

Kemudian yang lainnya adalah menulis artikel SEO. Lomba blog ini biasanya judul artikel (bukan tema) sudah ditentukan panitia. Dan pemenangnya berdasarkan artikel peserta yang menduduki posisi pertama di mesin pencari Google yang sudah mematuhi syarat dan ketentuan tentunya. Untuk memenangkan jenis lomba blog ini, dibutuhkan teknik-teknik blogging bagi setiap Blogger. Misalnya menulis artikel SEO dan menanam backlink pada artikel tersebut supaya mendapat posisi pertama dan menang lomba blog.

Sekian mengenai 46 Ide Seru Lomba 17 Agustus Memperingati Hari Kemerdekaan. Semoga membantu dan memberi inspirasi. Baca Lainnya : Download Logo HUT RI ke 73

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel