2 Cara Menonaktifkan (Mematikan) Kolom Komentar Blog Blogger.com

Menonaktifkan Komentar Blog - Bagi sebagian Blogger yang masih menggunakan platform Blogspot/Blogger.com mungkin menginginkan postingan pada blognya tidak tersedia kolom komentar, atau ingin menggunakan kolom komentar lain selain kolom komentar bawaan dari Blogger.com. Seperti misalnya kolom komentar Facebook, Google Plus dan Disqus yang bisa dipasang menggantikan model kolom komentar Blogger.com.

cara menghapus kolom komentar blogger

Nah, pada kesempatan kali ini saya bagikan 2 cara untuk menonaktifkan komentar Blogger.com pada blog. Yaitu pada menonaktifkan komentar pada semua halaman blog, dan menonaktifkan kolom komentar hanya pada beberapa halaman tertentu saja.

1. Cara Menonaktifkan Kolom Komentar Blog Blogger.com semua Halaman

  1. Pada dashboard Blogger.com pada blog kamu, silahkan pilih menu Setelan atau Settings
  2. Kemudian pilih opsi post dan komentar
  3. Nah pada tombol Tersemat di Lokasi Komentar silahkan pilih opsi Sembunyikan yang tersedia
  4. Jangan lupa untuk klik tombol simpan atau save

Panduan gambarnya seperti di bawah ini. Dan di bawah ini dashboard Blogger yang saya gunakan adalah menggunakan bahasa Inggris.

cara menonaktifkan komentar blog blogger blogspot

Cara pertama yang digunakan di atas merupakan cara otomatis. Maksudnya adalah, langsung menghapus atau menghilangkan semua kolom komentar bawaan halaman blog. Kemudian untuk cara menghapus kolom komentar bawaan blog secara manual dan untuk halaman tertentu saja, dibawah ini panduannya.

2. Cara Mematikan/Menonaktifkan Kolom Komentar Bawaan Blog di Halaman Tertentu Saja

Cara kedua ini kita bisa menonaktifkan kolom komentar bawaan blog pada halaman tertentu baik postingan maupun laman, ketika berada pada halaman edit post (jika post sudah dipublish/draft) dan new post (ketika hendak menulis post baru). Intinya kamu harus pergi ke halaman ketika menulis artikel. Nah, jika ingin menonaktifkan kolom komentar pada artikel tersebut (tidak semua artikel kolom komentarnya hilang), silahkan lakukan panduan di bawah ini.
  1. Lihat opsi bagian kanan, dan klik pada opsi Pilihan (Opstions)
  2. Kemudian pilih opsi Jangan bolehkan, sembunyikan yang ada (Don't allow)
  3. Terakhir klik tombol Selesai (Done)

cara menghapus menghilangkan kolom komentar blog

Cara nomor 2 ini biasanya saya gunakan untuk menonaktifkan kolom komentar pada halaman About, Privacy, Sitemap, Kontak, dkk; supaya tidak ada yang bisa berkomentar di halaman tersebut. Nah, kalau di halaman posting artikel, saya gunakan kolom komentar blogger ini. Karena semakin banyak pengunjung yang berkomentar baik, menurut saya memberikan dampak yang baik pula untuk blog.
Jika kamu takut mendapat banyak komentar spam, seperti link aktif dan kalimat kotor, kamu bisa mengaktifkan moderasi pada komentar blog tersebut. Jadi semua yang berkomentar di blog kamu harus memerlukan persetujuanmu terlebih dahulu supaya bisa tayang/muncul di halaman blog yang dikomentari tersebut.

Cara Mengaktifkan Moderasi Kolom Komentar Bawaan Blog

  1. Pergi ke menu Settings pada dashboard Blogger kamu
  2. Silahkan pilih opsi Post, comments, and sharing
  3. Nah pada bagian Comment Moderation silahkan pilih opsi Always
  4. Terakhir jangan lupa untuk Save

Begitulah caranya mengaktifkan moderasi komentar pada kolom komentar bawaan blog. Jika dashboard blog kamu menggunakan bahasa Indonesia, silahkan sesuaikan bahasanya. Kemudian untuk menyetujui komentar yang masuk di blog kamu yang sudah mengaktifkan moderasi komentar, lihat saja di menu Comments >> Awaiting moderation.

Nah kamu bisa memilih untuk mempublikasikan komentar (menyetujui), menandai sebagai komentar SPAM dan menghapus komentar tersebut apabila tidak sesuai ketentuan yang berlaku di blog kamu.

Demikian postingan 2 Cara Menonaktifkan (Mematikan) Kolom Komentar Blog Blogger.com dari Nanda Hero ini, dan apabila kamu ingin kembali mengaktifkan kolom komentar bawaan blog, silahkan kembalikan pengaturan seperti sebelum menonaktifkan komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel