Cara Memperbaiki Crawl Errors Not Found/Server Error secara Permanen di Google Webmaster Tools

Memperbaiki Crawl Errors - Halo Guys, kali ini Nanda share postingan artikel untuk teman-teman Blogger. Postingan kali ini tentang bagaiamana cara memberbaiki crawl errors berdasarkan pengalaman yang biasa Nanda lakukan.

Adanya url yang error (not found/server error) di Google Webmaster Tools, dikarenakan adanya pengunjung blog kita yang mengunjungi halaman dengan url yang salah/kurang lengkap. Dan di blog kita sendiri, url yang dikunjungi tersebut tidak tersedia (karena url salah/kurang lengkap tadi). Selain itu bisa juga dikarenakan di postingannya sudah dihapus, namun url masih terindex di Google, atau internal link postingan lainnya. (Baca Juga : Cara Menghapus Postingan Artikel Blog yang Benar)

Baiklah untuk mengetahui url error di Google Webmaster, silahkan kunjungi GWT (Google Webmaster Tools) blog sampeyan, dan lihat pada halaman seperti gambar di bawah ini.

cara mengatasi tidak ditemukan aplikasi untuk membuka url

Pada gambar di atas menujukkan adanya error Not Found berjumlah 1 url versi Desktop. Kemudian untuk melihat ada url error di versi mobile atau tidak, silahkan pilih tab Smartphone seperti yang sudah ditunjukkan pada gambar di atas.

Nah, untuk memperbaiki crawl error secara permanen (tidak muncul url error yang sama), silahkan ikuti panduan di bawah ini.

Cara Memperbaiki Crawl Error Url Blog secara Permanen

1. Langkah pertama silahkan klik url error yang ingin diperbaiki. Lihat panduan gambar di bawah ini!

cara mengatasi url tidak ditemukan

2. Langkah ke dua silahkan copy bagian url, seperti gambar di bawah ini. Kemudian Mark as fixed. Url yang dicopy bisa disimpan dulu di Notepad.

masalah url

3. Berikutnya silahkan login ke dashboard Blogger.com. Silahkan masuk pada menu Settings - Search preferences - Custom Redirects (klik pada tulisan Edit). Setelah itu klik tombol New redirect.

cara mengatasi kesalahan perayapan

4. Selanjutnya silahkan masukkan/paste url error dari GWT yang sudah dicopy tadi pada kolom From. Kemudian untuk kolom To, silahkan masukkan url postingan artikel yang benar, sebagai tujuan pengalihan apabila ada pengunjung yang mengunjungi url error itu lagi. (Untuk url pengalihan, masukkan mulai dari / (garis miring) yang ada setelah domain nama blog, sampai akhir url.

Jangan lupa untuk memberi centang pada kotak Permanent.

cara memperbaiki crawl error not found permanen

5. Langkah terakhir tinggal klik Save, kemudian Save changes.


Nah itulah panduan cara memperbaiki crawl errors baik crawl errors Not Found, Server Error, maupun yang error terdapat di versi mobile/smartphone untuk blog platform Blogger.com.

Dengan melakukan cara di atas, maka sampeyan sebagai Blogger sudah menjaga performa blog tetap baik. (Error dengan url yang sama tidak akan muncul lagi, dan sampeyan tidak kehilangan pengunjung yang mendapati halaman not found pada blog sampeyan.)

Baca Postingan Lainnya : Cara Menghapus Backlink Negatif

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Memperbaiki Crawl Errors Not Found/Server Error secara Permanen di Google Webmaster Tools"

Post a Comment

Mau komentar? Komentarnya di bawah sini....
Aku sangat senang kalau sampeyan komentarnya yang Relevan, Jelas, dan Santun.

AKU TUNGGU YA, KOMENTARNYA!
Jangan lupa centang bagian kotak "Notify me" supaya mendapat pemberitahuan kalau ada balasan untuk komentar sampeyan.

(NB : komentar spam (link) tidak akan disetujui)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel