2 Cara Ampuh Menjalankan Android di PC/Laptop

Cara Menjalankan Android di PC - Untuk bisa menggunakan/menjalankan aplikasi-aplikasi yang ada di Smartphone Android tanpa mempunyai hp Android pun sebenarnya bisa. Tapi harus mempunyai laptop/pc untuk pengganti hp Android, supaya bisa menjalankan aplikasi-aplikasi Android tanpa HP Android.

cara menjalankan aplikasi game android di pc

Nah bagaimana caranya, di sini saya akan mengulas tentang bagaimana cara menjalankan Android di PC/Laptop. Dengan cara yang saya bagikan ini, kamu bisa menjalankan aplikasi Android di PC, bermain game Android di PC, dan melakukan hal-hal lainnya yang bisa dipindahkan dari Android ke PC.

Dua cara menjalankan sistem operasi Android di PC yang akan saya bahas di sini adalah :
  1. Cara Menjalankan Android di PC menggunakan Emulator
  2. Cara Menjalankan Android di PC menggunakan OS


Yang perlu diketahui, penggunaan sistem Android di PC tentu memiliki keterbatasan tidak seperti penggunaan pada HP Android umumnya. Namun selain mempunyai keterbatasan, tentu memiliki kelebihan bagi pengguna. Yaitu menggunakan Android di PC pasti puas dengan tampilan layar yang lebih lebar dibandingkan menggunakan HP. Dan lainnya lagi adalah cocok bagi kamu yang tidak mempunyai HP Android, tapi pingin menggunakan fitur-fitur dari Android.

Kemudian beberapa keterbatasannya adalah seperti sistem Android yang digunakan kebanyakan versi lawas, menjalankan aplikasi & game Android di PC lebih berat kalau spesifikasi PC/Laptop tidak mempuni, dan beberapa aplikasi kemungkinan tidak bisa diinstall di Android for PC (kemungkinan seperti aplikasi WhatsApp, dkk).

Baiklah, berikutnya di bawah ini silahkan dibaca bagaimana cara menggunakan aplikasi Androdi di PC/Laptop.

Cara Menjalankan Android di PC/Laptop


1. Cara Menjalankan Android di PC/Laptop menggunakan Emulator

Ada nama beberapa aplikasi/software Emulator Android di PC yang bisa kamu install. Beberapa yang saya tahu nama emulatornya adalah BlueStack dan Windroye.

Kedua aplikasi emulator Android tersebut tentu mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Saya pun sudah pernah menggunakan keduannya. Bagi kamu yang ingin mencoba Android di PC, silahkan download saja kedua aplikasi tersebut kemudian install dan coba satu-per-satu. Aplikasi ini bisa diinstall dan digunakan di Windows; selain Windowss saya tidak tahu.

Cara downloadnya silahkan ketikkan di Google dengan kata kunci "download bluestack" atau "download windroye" maka akan muncul hasil pencarian situs-situs penyedia aplikasi emulator bluestack/windroye tersebut. Kamu tinggal mendownload dari situs tersebut, dan kalau sudah silahkan langsung install di Windows seperti software pada umumnya (ikuti saja panduan installnya) dan jalankan/buka aplikasi emulatornya.

2. Cara Menjalankan Android di PC/Laptop menggunakan OS

Kalau cara pertama menggunakan aplikasi emulator di Windows, maka cara yang kedua ini menggunakan OS Android untuk PC langsung. Perbedaannya adalah kalau aplikasi emulator berjalan di dalam Windows, nah kalau OS Android untuk PC ini berjalan sendiri. Seperti OS Windows itu sendiri.

Menurut saya tentu ini lebih baik ketimbang menggunakan aplikasi emulator di atas. Karena menjalankan Android menggunakan OS akan lebih ringan, ketimbang menggunakan Emulator di dalam Windows yang tentunya lebih berat karena terganggu dengan program lainnya yang berjalan juga pada Windows tersebut.

Tapi, kalau menggunakan Android di OS, maka tidak bisa menjalankan program di Windows bersamaan (harus menutup OS Android dulu untuk menggunakan Windows). Nah kalau menggunakan emulator Android di Windows, kamu juga bisa bersamaan menggunakan program lainnya di Windows tanpa harus menutup emulatornya. Cukup bisa dengan me-Minimize jendela emulator Android tersebut.

Kemudian untuk cara menjalankan Android di Laptop menggunakan OS, kamu bisa mendownload terlebih dulu di Google dan kemudian menginstall OS Android tersebut. OS Android for PC yang pernah saya gunakan namanya adalah Phoenix OS. Silahkan kamu cari dan download di Google dengan kata kunci "download phoenix os" setelah itu install menggunakan PC kamu. (Baca : Cara Install Phoenix OS di PC)

Untuk menjalankan Phoenix OS ini tinggal restart PC, kemudian ketika muncul pilihan Windows atau Phoenix OS, silahkan pilih Phoenix OS. Kalau ingin mengguanakn Windows kembali di PC, lakukan restart lagi.

Selain Phoenix OS, ada juga sistem operasi Android untuk PC lainnya. Silahkan cari saja di Google.


Nah, itulah 2 Cara Menjalankan Android di PC/Laptop dari Nanda Hero. Selebihnya tinggal kamu pilih menggunakan versi OS atau Aplikasi Emulator. Kalau saran saya yang mempunyai spesifikasi laptop menengah ke bawah, lebih memilih menggunakan versi OS; karena lebih ringan. Tapi jika berkenan, silahkan coba saja semuannya satu-per-satu, dan dapatkan pengalamannya sendiri menjalankan sistem Android di PC.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "2 Cara Ampuh Menjalankan Android di PC/Laptop"

Post a Comment

Mau komentar? Komentarnya di bawah sini....
Aku sangat senang kalau sampeyan komentarnya yang Relevan, Jelas, dan Santun.

AKU TUNGGU YA, KOMENTARNYA!
Jangan lupa centang bagian kotak "Notify me" supaya mendapat pemberitahuan kalau ada balasan untuk komentar sampeyan.

(NB : komentar spam (link) tidak akan disetujui)

Donasi pulsa di nomor : 089680753802 (SMS tidak akan dibalas)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel