Cara Menonaktifkan / Menghapus Aplikasi Bawaan Android tanpa Root

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android - Aplikasi bawaan Android yang tidak berguna bagi User, sudah sepatutnya untuk dihapus atau dinonaktifkan. Hal ini biasanya disertai dengan alasan selain aplikasi tersebut tidak pernah digunakan, yaitu supaya lebih mengurangi beban pada kapasitas ram (menambah jumlah ruang kosong pada ram Android).

cara hapus aplikasi bawaan android

Nah, yang saya bagikan kali ini adalah cara untuk menonaktifkan aplikasi bawaan, atau menghapusnya dari menu hp, namun masih bisa diaktifkan kembali. Sehingga dengan cara ini, dapat menambah ruang kosong pada ram yang bisa memberi efek jalannya sistem Android terasa lebih ringan. (Baca Juga : Cara Cek Kapasitas RAM di Android)

Yang perlu saya tekankan, jadi saya di postingan ini tidak membagikan cara uninstall atau hapus aplikasi bawaan Android secara permanen. Dan caranya, tidak memerlukan akses root terlebih dahulu.

Cara Menonaktifkan / Menghapus Aplikasi Bawaan Android tanpa Root


  1. Di sini saya berikan contoh menghapus aplikasi YouTube yang merupakan aplikasi bawaan dari HP Asus Zenfone 5 saya. Silahkan pergi ke menu Android kamu, kemudian cari aplikasi bawaan Android yang ingin di hapus/nonaktifkan. (Ingat, melalui menu ya, bukan halaman awal Android)
    cara menghapus aplikasi bawaan tanpa root
  2. Langkah berikutnya silahkan tekan aplikasi dan jangan lepaskan (drag), kemudian arahkan ke bagian tulisan Nonaktifkan aplikasi. Contohnya seperti gambar di bawah ini
    cara menghapus aplikasi bawaan xiaomi cara menghapus aplikasi bawaan asus
  3. Nah, maka hasilnya aplikasi bawaan yang dihapus/dinonaktifkan tadi akan hilang dari daftar menu. Seperti di bawah ini contohnya, aplikasi YouTube bawaan Android sudah hilang dari menu hp saya
    cara menonaktifkan aplikasi bawaan android


Cara Menonaktifkan / Hapus Aplikasi Bawaan Android melalui Setelan

Selain cara di atas, ada cara lain jika hp kamu tidak bisa menggunakan cara di atas. Yaitu melalui Setelan pada Android kamu. Caranya mudah, berikut langkah-langkahnya :
  1. Pergi ke Setelan (Setting) Android kamu yang biasanya ditandai dengan icon gear
  2. Selanjutnya pilih opsi Apl atau Aplikasi
  3. Kemudian silahkan digeser dan cari aplikasi bawaan Android yang ingin dinonaktifkan
  4. Pilih/tekan aplikasi tersebut, selanjutnya tinggal tekan tombol Nonaktifkan. Maka aplikasi bawaan Android akan dinonaktifkan

Cara Mengaktifkan Kembali Aplikasi Bawaan Android yang Sudah Dinonaktifkan

Jika ingin mengembalikan/mengaktifkan lagi aplikasinya, silahkan lakukan langkah-langkah berikut ini :
  1. Pergi ke Setelan Android
  2. Pilih opsi Apl atau Aplikasi
  3. Geser sampai ke bagian DINONAKTIFKAN
  4. Pilih aplikasi yang ingin diaktifkan, kemudian tekan tombol Aktifkan


Nah begitulah Cara Menonaktifkan / Menghapus Aplikasi Bawaan Android tanpa Root yang dapat saya bagikan. Semoga berguna untuk kalian, dan jangan lupa untuk berkomentar. Jika berkenan, silahkan ikuti blog ini dengan berlangganan via email di bawah, supaya tidak ketinggalan update postingan menarik lainnya yang akan datang.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel