Cara Cek/Melihat RAM HP Android dengan Mudah

Cek RAM Android - Kapasitas RAM yang dibekalkan pada smartphone, adalah salah satu patokan kita dalam memilih HP Smartphone (khususnya Android) sebelum kita membelinya. HP dengan kapasitas RAM yang besar, dan harga yang murah, biasanya menjadi incaran para konsumen/pembeli HP smartphone. Apalagi jika hp dibeli hendak digunakan untuk bermain game Android.

Tapi tak hanya itu saja, selain itu ada koneksi jaringan 4G, kualitas kamera HP, dan fitur lainnya yang menjadi alasan pembeli memilih suatu HP Android.

cara cek melihat mengetahui ram hp android

Baca Juga : Cara Kompres Ukuran Video di Android

Nah, pada kesempatan kali ini saya berbagi tentang cara bagaimana kamu bisa mengetahui kapasitas ram pada smartphone Android yang ingin kamu beli dengan cara yang mudah. Hal ini digunakan untuk mengantisipasi apabila adanya penjual Android baik kondisi baru maupun bekas yang curang. Seperti misalnya jika ada perbedaan spesifikasi yang diinformasikan dengan kenyataanya, atau pada dosbook hp yang bisa jadi juga berbeda. Toh HP dengan merk dan tipe yang sama saja, ada yang beda jumlah kapasitas ram-nya.

Selain itu supaya kamu tidak salah antara besar kapasitas RAM pada Android, dengan besar kapasitas memori internalnya. Mungkin di sana ada, yang menyatakan memori internal adalah ram tersebut karena ketidaktahuannya.

Cara Cek atau Melihat RAM HP Android

Di bawah ini saya menggunakan HP Asus Zenfone 5 untuk panduannya, dan masih Android versi KitKat. Tapi setahu saya, cara melihat RAM di HP Android sama saja. Karena saya sudah pernah mencoba untuk melihat ram di hp Android Lollipop dan Jelly Bean; hasilnya sama saja cara cek ram-nya.

Baca Juga : Cara Cek Ram Laptop

Panduan mengecek kapasitas ram Android :

  1. Pergi ke  Setelan atau Pengaturan hp Android kamu
  2. Kemudian pilih opsi Apl atau Aplikasi
    cara cek ram hp android
  3. Setelah itu geser sampai pada bagian Menjalankan (sesuaikan jika bahasanya berbeda). Nah, pada bagian bawah tersedia informasi ram pada android kamu. Jumlahkan ram yang digunakan dengan ram bebas (sisa), maka hasilnya adalah besar kapasitas ram pada android tersebut. Seperti gambar di bawah ini, ram hp android saya sebesar 2GB
    cara melihat ram hp android


Demikian postingan Cara Cek/Melihat RAM HP Android dengan Mudah ini, semoga bermanfaat untuk kamu. Jangan sampai salah mengetahui ram pada hp Android.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel