Cara Menjalankan Eksperimen di Google Adsense

Bagaimana melakukan eksperimen iklan Google (Google Adsense)? Menjalankan eksperimen di Google Adsense itu cukup mudah. Bagi kamu Publisher yang belum tahu, mengikuti panduan di nandahero.com ini pasti kamu bakalan bisa melakukan eksperiman GA.

Fungsi Menjalankan Eksperimen Google Adsense

Kenapa kita perlu menjalankan eksperimen Google Adsense? Alasannya adalah untuk kita bisa mendapatkan hasil yag terbaik dari penayangan iklan Google tersebut di blog kita. Lebih tepatnya, tujuan kita melakukan eksperimen adalah untuk mendapatkan harga CPC (biaya per klik) yang terbaik, sehingga mampu meraup penghasilan yang lebih besar.

Yang kita eksperimen ini adalah saldo iklan yang tampil di blog kita. Kita berhak menjalankan eksperimen terlebih dulu, sebelum menetapkan persentase saldo iklan terbaik.

Untuk jalankan eksperimen iklan Google, silahkan di bawah ini.

Cara Menjalankan Eksperimen di Google Adsense

Langkah pertama silahkan masuk account Google Adsense. Pada dashboard adsense, silahkan pilih menu Pengoptimalan, kemudian pilih Eksperimen, lalu pilih Saldo iklan seperti gambar di bawah ini.

cara experimen iklan adsense

Lihat tabel Eksperimen Anda pada gambar di atas. Itu adalah daftar eksperimen yang sudah pernah aku lakukan. Nanti eksperimen baru yang kamu buat akan muncul pada daftar teratas di tabel untuk bisa kamu pantau.

Kembali ke panduan cara menjalankan eksperimen di Google Adsense. Setelah pilih opsi Saldo iklan, maka akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini.

cara melakukan eksperimen di google adsense

Lihat gambar di atas. Setelan aktif yang aku pakai adalah Menampilkan 60%. Kemudian aku melakukan eksperimen Menampilkan 80%. (Lihat tanda pada gambar, kemudian geser untuk menentukan persentase setelan eksperimen).

Eksperimen 60% (asli) dengan 80% (variasi) ini nanti akan dibandingkan selama 7 performanya.

Untuk Taksiran pastikan 100%. Jika kamu setel saldo iklan dengan taksiran kurang dari 100%, maka akan berpengaruh tidak bagus pada performa iklan yang dapat menurunkan pendapatan (menurutku).

Setelah menyetal eksperimen, silahkan klik tombol BUAT. Kamu bisa aktifkan/nonaktifkan "Pilih pemenang secara otomatis" dan juga bisa menamai eksperimen atau biarkan saja default.

Itulah cara membuat eksperimen adsense. Berikutnya silahkan pilih yang bagus antara yang asli atau variasi. Atau aktifkan saja pemilihan pemenang secara otomatis.


Persentase Menampilkan Saldo Iklan Google Adsense Terbaik

Setiap blog untuk mendapatkan hasil terbaik, adalah berbeda-beda persentasenya. Dulu yang populer digunakan para Blogger di grup FB adalah 70%. Namun ketika aku juga mencoba menerapkannya, hasilnya tidak bagus (tidak seperti yang diharapkan).

Yang cukup lama aku coba di blog bervisitor 5000 - 7000 an adalah rasio iklan 90% dari iklan potensial.

Kapan Sebaiknya Melakukan Eksperimen Google Adsense?

Kamu bisa lihat pada tampilan gambar di atas, sebelumnya aku menggunakan 90%. Namun karena mendapatkan CPC kecil di rasio sebelumnya, aku mencoba melakukan lagi dan lagi sampai ketemu yang terbaik.

Jadi kapan sebaiknya melakukan eksperimen adalah ketika CPC blog menurun. Namun tidak sepenuhnya menjamin menerapkan rasio saldo iklan terbaik dari hasil eksperimen CPC akan memuaskan. Karena pengiklan juga pintar supaya tidak rugi ketika mengiklan di Google, sehingga menyebabkan CPC kecil.

Selain itu, jenis unit iklan yang digunakan dan tema (niche) blog juga mempengaruhi dapatnya CPC/BPK kecil.

Demikian postingan kali ini, semoga berguna dan bermanfaat bagi teman-teman Publihser Google Adsense. Baca artikel lainnya: Memasang Iklan Link Google Adsense Lebih Banyak Kolom

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel