Tips Membeli Domain .com/.net/TLD lainnya untuk Blogger Pemula

Tips Membeli Domain untuk Blogger Pemula - Domain yang berakhiran .com, .net, .id, sebagai Blogger kita biasa menyebutnya domain TLD. Yaitu "Top Level Domain" atau domain kelas atas. Domain tersebut bisa memperpendek dengan menghilangkan domain platform blog kita membuat blog. Seperti contoh blog  Nanda Hero ini dahulunya ber-url www.nandahero.blogspot.com dan sekarang hanya ber-url www.nandahero.com karena menggunakan TLD .com.

Baca Juga Nanti : Cara Membuat Blog untuk Google Adsense

tips membeli domain untuk blog blogger pemula

Kemudian untuk bisa menggunakan domain kelas atas, tentu kita harus membelinya dengan harga yang lumayan jika kamu adalah Blogger pemula. Untuk membeli domain saja, kurang lebih Rp150.000 pertahun. Saya membeli domain .com di blog Nanda Hero ini pun di bawah Rp150.000 untuk pertama beli dan harga perpanjangan.

Tips Membeli Domain .com/.net/TLD lainnya untuk Blogger Pemula

Ada beberapa tips yang saya bagikan untuk teman-teman Blogger yang masih pemula/baru berkecimpung untuk belajar blog dengan serius. Tips di bawah ini berdasarkan pengalaman saya dan pengetahuan saya bertahun-tahun sebagai profesi Blogger.

1. Jangan beli domain sembarangan dari sosial media

Saya mewanti-wanti bagi kalian yang ingin beli domain TLD, maka jangan membeli domain sembarangan dari orang yang menawarkan di sosial media. Harga yang ditawarkan kebanyakan memang cenderung lebih murah, sekitar 30K-50K dan bisa dibayar menggunakan pulsa. Sekalipun domain yang ditawarkan full control, saya menyarankan untuk tidak membelinya.

Saya sudah dua kali melakukan pembelian domain dari orang yang menawarkan di sosial media, dan ditipu dengan embel-embel akses domain full control. Mungkin benar domain diberikan, dan bisa dipasang di blog saya waktu itu. Namun tidak bisa bertahan selama 1 tahun. Paling lama mungkin sekitar 3 bulan saja, kemudian domain dikunci dan tidak bisa digunakan.

Setelah saya cari tahu tentang domain yang dijual murah tersebut, ternyata domain tersebut adalah domain hasil carding atau dengan pembelian secara ilegal. Sehingga ketika ketahuan bahwa pembelian domain tersebut ilegal, walhasil domain dikunci dan tidak bisa digunakan lagi.

2. Jangan membeli domain sembarangan di situs penyedia

Selain mewanti-wanti untuk tidak membeli domain dari orang yang menawarkan di sosial media, saya juga mewanti-wanti kepada kalian Blogger pemula untuk tidak membeli domain sembarangan di situs penyedia.

Situs penyedia domain yang tidak saya rekomendasikan untuk kalian membeli domain adalah, situs penyedia domain yang masih seumur jagung, situs yang tidak populer, dan situs yang mempunyai nilai buruk di mata kebanyakan Blogger. Untuk yang terakhir, coba tanyakan kepada teman-teman Blogger di forum/grup sosial media Blogger tentang penilaian situs penyedia layanan domain tersebut.

Berdasarkan pengalaman saya ketipu kedua kalinya membeli domain, adalah membeli domain dari situs penyedia abal-abal seumur jagung yang menawarkan harga murah. Tampilan situsnya sih terlihat profesional, terdapat testimoni dari beberapa pembeli juga, serta beberapa reseller domain. Namun sekarang sudah hilang tidak tahu kemana situs penyedia tersebut, dan domain saya dikunci untuk kedua kalinya.

Mungkin untuk pengalaman kedua ini banyak juga Blogger pemula seangkatan saya yang ketipu. Pasalnya saya lihat di akun Facebook pemilik penyedia domain abal-abal tersebut banyak yang protes marah-marah minta uangnya dikembalikan. Saya pun demikian, ikut protes minta uang dikembalikan tapu malah dikasih ganti domain yang baru. Tapi ya percuma, domain dikunci (lock) lagi karena ketahuan menggunakan pembelian secara ilegal (nyolong). Jadi saya dua kali membeli domain curian, dan sekarang kapok; hahaha.

Nah, untuk blog Nanda Hero ini saya membeli domain dari situs penyedia web hosting dan domain; Niagahoster. Untuk usia domain dari Niagahoster yang saya pasang diblog Nanda Hero sekarang sudah berjalan usia ke 2 tahun dan aman sudah banyak digunakan Blogger di Indonesia termasuk saya sendiri.

Jika kamu Blogger pemula yang ingin membuat website dengan serius, saya rekomendasikan untuk membeli domain dari penyedia terpercaya yaitu Niagahoster. Silahkan kunjungi situs Niagahoster di www.niagahoster.co.id untuk membeli domain. Jika kebingungan untuk cara membeli domainnya, kamu bisa bertanya menggunakan fitur Live Chat yang ada di situs tersebut supaya dibantu.

3. Hati-hati membeli domain harga promo

Membeli domain dari Niagahoster adalah pengalaman terbaik saya membeli domain setelah beberapa kali membeli domain dari penyedia lannya, dan pengalaman beli domain ilegal di atas. Sebelum pertama kali membeli domain dari Niagahoster, saya juga pernah membeli domain promo dari web penyedia lainnya.

Namun membeli domain harga promo tersebut menurut saya ternyata tidak cocok untuk digunakan membangun situs web dalam jangka yang lama dan serius. Karena ternyata selisih harga perpanjang dengan harga normal jauh lebih mahal. Memang karena setiap perpanjang harga domain selalu naik, tapi berdasarkan pengalaman saya di Niagahoster harga hanya naik sedikit (tidak terlalu melonjak). Bahkan waktu lalu saya pernah mendapat info promo domain dengan harga yang sangat murah dari situs penyedia lainnya, tapi untung saya tidak mengambilnya, karena harga perpanjangan mencapai 400 ribuan seingat saya.

4. Jangan menggunakan domain gratisan kalau ingin serius membangun web blog

Yang saya maksud adalah domain gratisan seperti .tk, .ga, dan .ml yang bisa didapatkan gratis dari freenom. Karena domain tersebut tidak setara dengan TLD seperti .com, .net, .id dan kalau kalian jeli, domain gratisan tersebut biasanya digunakan untuk sms penipuan. Pernah tahu?!

Kelebihan dan Kapan sebaiknya menggunakan Top Level Domain

Ketika baru membuat blog, saya sarankan untuk segera membeli domain TLD dan memasangnya pada blog. Sekalipun kamu Blogger pemula, saya sarankan untuk langsung membeli domain. Alasannya adalah menurut saya domain TLD ini mempunyai kelebihan lebih berkualitas, ketimbang domain bawaan platform blog dan lebih baik di mesin pencari seperti Google, Bing, dan lainnya.

Kemudian jika kamu memaksa untuk membuat blog menggunakan domain gratis dari platform blog (tidak beli TLD), maka jika sudah berjalan sekitar setengah tahun dan pada waktu sudah setengah tahun blog non TLD tersebut dibangun lalu ingin kamu ganti dengan blog TLD, walhasil akan menyebabkan turun drastisnya trafik blog setelah blog tersebut diganti TLD. Karena sama saja mengganti domain tersebut kamu seperti halnya memulai kembali dari awal pengindekan url blog di mesin pencari.

Jadi saran saya, segera membeli domain untuk membuat blog!


Demikian postingan tentang Tips Membeli Domain untuk Blogger Pemula ini, semoga bermanfaat untuk teman-teman yang baru berkecimpung di-per-blogger-an.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tips Membeli Domain .com/.net/TLD lainnya untuk Blogger Pemula"

Post a Comment

Mau komentar? Komentarnya di bawah sini....
Aku sangat senang kalau sampeyan komentarnya yang Relevan, Jelas, dan Santun.

AKU TUNGGU YA, KOMENTARNYA!
Jangan lupa centang bagian kotak "Notify me" supaya mendapat pemberitahuan kalau ada balasan untuk komentar sampeyan.

(NB : komentar spam (link) tidak akan disetujui)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel