Barangsiapa berbuat kebaikan, baginya mendapat balasan sepuluh kali lipat amalnya. Dan barangsiapa berbuat kejahatan, maka dibalas seimbang dengan kejahatannya. (Q.S. Al-An'am ayat 160)

Membuat Blog untuk Daftar Google Adsense supaya di Approve

Membuat Blog untuk Google Adsense - Sebelum ke inti postingan artikel yang tak publikasikan ini, perlu diriku tekankan, kalau tips pada postingan artikel ini merupakan pengalamanku diterima menjadi Publisher Google Adsense. Menggunakan blog Nanda Hero ini....

Perlu juga sampeyan ketahui, banyaknya Blogger di Indonesia pasti juga mendapati pengalaman yang berbeda-beda sebagaimana pengalaman mereka bisa diterima Google Adsense.

membuat blog untuk daftar Google Adsense

Nah, untuk sampeyan yang kepingin mendaftarkan blognya supaya diterima Google Adsense, sampeyan bisa memilih untuk mempraktekkan tips dariku ataupun pilih rumput tetangga yang mungkin lebih hijau, hohoho.

Untuk bisa diterima menjadi Publisher Google Adsense, aku memutuskan untuk membaca-baca terlebih dahulu tips-tips dari Mastah yang dipublikasi di blognya tentang bagaimana supaya bisa diterima Google Adsense. Browsing-browsing di Google....

Kebanyakan isi artikel yang tak baca dari blog-blog mastah itu isinya menceritakan tentang pengalamannya di approve Google Adsense. Jadi, patut untuk dicoba....

Namun ya itu tadi, setiap ulasan artikel tentang tips maupun cara daftar Google Adsense dari blog mastah yang satu, dengan blog mastah lainnya yang diriku baca, memiliki perbedaan sebagaimana pengalaman dan pengamatan yang disimpulkan masing-masing mastah itu.

Begitupula pada postingan di blog Nanda Hero ini, isi artikelnya tentang simpulanku sendiri, hohoho.

Membuat Blog untuk Daftar Google Adsense


Mengandalkan platform gratisan dari blogspot.com, aku berniat membuat blog baru yang sengaja tak buat blog personal untuk daftar Google Adsense. Perlu waktu juga untuk blog siap didaftarkan Google Adsense dengan terus mengikuti kriteria blog yang patut, sesuai dengan yang telah diriku simpulkan tadi. Serta mengetahui juga situasi maupun kondisi pihak Google Adsense lagi baik-baiknya mudah menerima calon Publisher, atau lagi sulit-sulitnya menjadi Publisher.

Aku yakin untuk membuat blog baru di Blogspot, sampeyan pasti sudah bisa bagaimana caranya. Oleh sebab itu, disini aku hanya menunjukan kriteria blog Nanda Hero pada zaman dahulu ketika hendak didaftarkan Google Adsense, hohoho. Kalau belum bisa membuat blog baru, baca tutorialnya di : Cara Membuat Blog Gratis di Blogspot

Kriteria Membuat Blog Baru untuk Daftar Google Adsense


Berikut kriterianya :
  1. Karena untuk mendapatkan Google Adsense Non Hosted, jadi kriteria blog yang pertama adalah berdomain TLD (Top Level Domain). Dulu harga sewa domain .com di Niagahoster pas ada promo, harganya di bawah 60 ribu-an. Tapi kalau sampeyan ingin menggunakan domain TLD gratisan, bisa mendapatkannya di Freenom. Insya Allah sama saja kalau dibuat daftar Google Adsense.
  2. Penting adanya halaman About, Contact, Privacy Policy, Disclaimer, Terms of Service (TOS) dan Sitemap (daftar isi) pada blog. Untuk membuat Privacy Policy, Disclaimer dan TOS secara online, baca postingan "Membuat Privacy Policy, Disclaimer dan Terms of Service"
  3. Kemudian untuk artikel postingan blog, mulanya hanya suatu postingan tentang cerita-cerita dan hanya menggunakan satu label saja dari semua postingan artikel. Meskipun postingannya ada yang berupa artikel tutorial waktu itu, tapi tak buat seperti cerita dan menggunakan label yang sama dengan post lainnya.
  4. Masih pada kriteria artikel, tidak ada satu pun link aktif baik internal maupun eksternal link dalam postingan waktu itu, dan juga artikel bukan artikel COPAS tetangga sebelah ya. Lalu untuk banyaknya jumlah kata ada yang lebih dari 1000 kata, atau buat saja minimal 500 kata. Kemudian kalau link aktif di halaman hompepage blognya sendiri ada, seperti misalnya eksternal link yang mengarah ke media sosial.
  5. Kalau untuk widget dalam blognya sendiri, hanya berupa widget Postingan Populer, Label, Arsip Blog dan Akun Google Plus. Kalau di menu blognya, selain halaman penting seperti poin nomor 2, hanya ada satu menu yang mengarah ke satu-satunya label postingan yang ada pada blog tersebut.
  6. Blog waktu itu berumur sekitar 4 bulan, karena sebelumnya masih ngurus blog lainnya dan NYANTAI ketika hendak mendaftarkan Google Adsense. Postingan juga sekitar lima belasan kalau tidak salah. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat di arsip blog Nanda Hero bulan April sampai Juni 2017. Satu bulan ada yang hanya menerbitkan satu postingan saja, hohoho.
  7. Template blog versi premium, menggunakan template Evomagz dari Mas Sugeng. Kalau nggak punya versi premium, bisa menggunakan yang gratisan. Pada template blog (halaman blog), jangan ada link broken.
  8. Template tidak menggunakan Read More atau pembatas artikel. Postingan artikel penuh tampil di halaman utama (Homepage) blog dan ada tiga postingan di halaman utama.
  9. Blog sudah didaftarkan ke Google Webmaster Tool atau Google Search Console dan sudah terindex Google.
  10. Blog juga sudah didaftarkan RSS Feed, kemudian atur Izinkan Umpan Blog menjadi Penuh. Tapi nanti kalau sudah selesai diterima Google Adsense, kembalikan lagi menjadi Singkat. Karena Feed dengan umpan penuh berpotensi blog terkena AGC oleh mereka-mereka yang bermain blog AGC (Auto Generate Content).
    cara daftar google adsense dari blogger

Nah kriteria-kriteria blog tersebut merupakan kriteria blog Nanda Hero ketika siap didaftarkan Google Adsense. Sampeyan mau manut atau tidak, monggo terserah sampeyan, hohoho.

Daftar Google Adsense


Ada dua cara untuk mendaftarkan blog ke Google Adsense Non Hosted, yaitu langsung melalui blog dan melalui Youtube terlebih dahulu kemudian melakukan Upgrade Google Adsense dengan blog.

Kalau pada artikel ini, tentang cara daftar google adsense, aku menggunakan cara upgrade dari Youtube ke blog. Alasanya karena kalau melalui Youtube terlebih dahulu ketimbang langsung dengan blog, menurutku adalah sebagai berikut :
  1. Potensi lebih besar di approve
  2. Waktu peninjauan approve lebih cepat

Tapi sebelumnya sampeyan harus membuat channel Youtube terlebih dahulu kemudian baru mendaftarkan channel tersebut ke Google Adsense.

Upload saja 3 video original dengan judul bahasa Inggris pada channel tersebut. Ketika itu, aku mengupload video dengan numpang wifi di Telkom Indonesia, tiga hari kemudian kembali mencari wifi ke Telkom dan mendapati email approve dari Google Adsense.

Nah akun ini masih akun Google Adsense Hosted ya, belum bisa dipasang dan digunakan di blog. Supaya bisa, harus upgrade Google Adsense dari Hosted ke Non Hosted terlebih dahulu dengan blog berdomain TLD dan kriteria-kriteria di atas supaya di approve.

Cara upgrade maupun daftar Google Adsense dari Youtube silahkan cari tutorialnya di mbah Google ya, hehehe.

Masa Peninjauan Upgrade Google Adsense


Ketika peninjauan kelayakan blog menjadi Publisher Google Adsense oleh pihak Google, apa yang aku lakukan....

Apakah diriku ini hanya mendiamkan blog dengan postingan artikel sekitar lima belasan itu? Tentu saja tidak!

Ketika masa peninjauan, aku mempublikasikan satu postingan artikel setiap hari. Jumlah kata dalam postingan artikel ada sekitar 500 kata lebih. Serta tak lupa melakukan submit url artikel setelah posting di : https://www.google.com/webmasters/tools/submit-url dan melakukan Fetch as Google di Google Webmaster Tools.

cara membuat blog di blogger

Lalu untuk visitor yang ada pada blog, hampir tidak ada. Jadi supaya ada visitornya, diriku pun melakukan Blogwalking di grup-grup Blogger Indonesia seperti ini :

cara membuat blogger untuk pemula

Kemudian selang satu mingguan, diriku pun mendapati email dari pihak Google Adsense kalau blog sudah disetujui sepenuhnya menjadi Publisher.


Nah itulah pengalamanku diterima menjadi Publisher Google Adsense. Lho tapi kok pada postingan ini gak dikasih screenshot email approvenya....

Emang sengaja nggak dikasih, toh juga males screenshot dulu, karena ada di email yang berbeda dengan email blog ini. Toh kalau ingin tahu bukti approve, bisa matikan ADBLOCK pada browser sampeyan untuk melihat iklan tayangnya. Insya Allah masih ada, hehe....

Dengan dibuatnya postingan tentang pengalaman membuat blog untuk daftar Google Adsense ini, semoga manjur dan bermanfaat ya, hohoho.

DAPATKAN INFORMASI TERBARU BLOG INI

1 Response to "Membuat Blog untuk Daftar Google Adsense supaya di Approve"

  1. ketrima adsense itu kayak akreditasi sebuah blog sih jadi gak main2
    terutama masalah konten

    ReplyDelete

Mau komentar? Komentarnya di bawah sini....
Aku sangat senang kalau sampeyan komentarnya yang Relevan, Jelas, dan Santun.

AKU TUNGGU YA, KOMENTARNYA!
Jangan lupa centang bagian kotak "Notify me" supaya mendapat pemberitahuan kalau ada balasan untuk komentar sampeyan.

(NB : komentar spam (link) tidak akan disetujui)

Donasi pulsa di nomor : 089680753802 (SMS tidak akan dibalas)