Cara Mengatasi 'Kamera Tidak Ditemukan' pada Asus Zenfone 5 Tanpa Flashing

Cara Mengatasi Kamera Tidak Ditemukan pada Asus Zenfone 5 - Halo Guys, pada kesempatan kali ini Nanda akan berbagi cerita dan pengalaman sebagai pengguna HP Android Asus Zenfone 5. Tepatnya pengalaman mengatasi Asus Zenfone 5 seri t00f yang mengalami error "kamera tidak ditemukan".

solusi kamera asus zenfone 5 tidak bisa digunakan
solusi kamera asus zenfone 5 tidak bisa digunakan

Cara mengatasi kamera Asus t00f kamera tidak ditemukan ini bisa sampeyan coba juga di seri Asus Zenfone 5 berapapun, dan juga Asus Zenfone tipe lainnya. Seperti untuk cara memperbaiki kamera asus zenfone go, memperbaiki kamera tidak ditemukan pada asus zenfone c; pokoknya silahkan dicoba saja.

Nah kamera asus zenfone 5 bermasalah punya Nanda ini mendapati pesan error kamera tidak ditemukan. Selain itu pesan error yang menyuruh pengguna untuk menghidupkan ulang perangkat. Seperti ini "kamera tidak dapat diakses. hidupkan ulang perangkat lalu coba lagi".

Intinya, kamera Asus Zenfone 5 Nanda ini gelap dan tiba-tiba keluar sendiri dengan muncul pesan/kalimat error di atas.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Iklan Virus di Android

Mengatasi 'Kamera Tidak Ditemukan' pada Asus Zenfone 5

Kemudian untuk cara memperbaiki kamera asus tidak dapat diakses ini awalnya Nanda browsing telebih dulu Guys. Tapi kebanyakan dari artikel yang Nanda baca, untuk solusi kamera tidak ditemukan ini memberikan panduan untuk melakukan flashing. Dari komentar temen-temen yang ada pada situs yang artikelnya Nanda baca tersebut ada yang berhasil, dan ada yang tidak.

Dan akhirnya aku memilih untuk mencari cara lain dulu. Soalnya kalau melakukan Flashing, data dan file yang ada pada internal HP kemungkinan bakalan hilang. Dan karena aku gak mau ribet backup, jadi aku otak-atik HP sampai berhasil mengatasi kamera asus zenfone 5 tidak dapat diakses ini tanpa melakukan Flash pada HH.

Baca Juga : Cara Mengatasi Kabel USB Asus Zenfone 5 Tidak Terbaca di Laptop

Cara Memperbaiki Kamera Asus Zenfone 5 Tidak Dapat Diakses (Tanpa Flashing)

Baiklah, di bawah ini adalah cara-cara yang aku lakukan. Dan ini berdasarkan pengalamanku sebagai pengguna Asus Zenfone 5 t00f yang mengalami kamera bermasalah, sampai berhasil mengatasinya. Jadi intinya, apabila cara di bawah ini tidak bekerja/berhasil diterapkan pada HP Asus sampeyan, silahkan cari cara lainnya di Google yang kebanyakan menggunakan cara flashing.

1. Copot Pemasangan Kamera Asus Zenfone 5

  1. Pergi ke setelan/pengaturan HP
  2. Scroll ke bawah, pilih opsi Apl
  3. Geser ke kiri sampai ke bagian Terunduh kemudian
  4. Silahkan Hapus data aplikasi kamera terlebih dulu dan coba buka kameranya. Kalau tidak bisa silahkan lakukan Copot pemasangan pada aplikasi Kamera, dan lakukan cara tahap nomor 2 di bawah
    asus zenfone 5 camera not found


2. Perbarui Aplikasi ASUS PixelMaster Camera

  1. Pergi ke setalan/pengaturan HP
  2. Scroll ke bawah sampai opsi Pembaruan APP ZenUI kemudian
  3. Scroll ke bawah dan pilih aplikasi "ASUS PixelMaster Camera"
  4. Silahkan di perbarui (UPDATE)
  5. Selanjutnya lakukan cara tahap nomor 3 di bawah
    Cara Mengatasi 'Kamera Tidak Ditemukan' pada Asus Zenfone 5 Tanpa Flashing

Untuk melakukan pembaruan aplikasi ASUS PixelMaster Camera selain menggunakan cara di atas bisa langsung pergi ke Play Store dan masukkan nama aplikasi pada kolom pencarian.


3. Matikan HP Selama Berjam-jam

Tahap terakhir yang aku lakukan setelah melakukan kedua cara di atas adalah dengan mematikan HP selama berjam-jam. Ingat! Mematikan HP dan membiarkannya mati selama berjam-jam. Jadi yang aku lakukan bukan mengaktifkan ulang (restart) HP.

Untuk lama waktu membiarkan HP dalam keadaan mati adalah ketika hendak tidur malam, dan mengaktifkan/menyalakannya kembali setelah bangun tidur di pagi hari. Bagi yang beragama Islam, silahkan Sholat Subuh dulu dan berdoa, hehehe. Begitupula orang dengan keyakinan agamanya masing-masing.


Nah begitulah bagaimana diriku mengatasi kamera tidak ditemukan pada Asus Zenfone 5. Sekarang kamera yang sebelumnya bermasalah/error sudah bisa digunakan lagi tanpa melakukan cara flashing. Demikian postingan kali ini, semoga memberikan solusi bagi sampeyan yang kamera HP-nya bermasalah/ngeblank.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel