Solusi Huruf Terhapus/Terimpa Saat Edit Tulisan di Word (Overtype Mode)

Solusi Huruf Terhapus/Terimpa Saat Edit Tulisan di Word - Saat mengetik di Microsoft Word, kemudia terdapat huruf yang salah (typo) atau kurang pada tulisan yang kamu buat. Lalu kamu ingin membenarkannya, dan pada saat membenarkan huruf seterusnya malah terhapus/tertimpa dengan huruf yang barusan kamu ketik. Lagi mengalami hal seperti ini? Sama, saya juga pernah!

Saya pertama mengalami hal seperti ini itu malah bukan di Microsoft Word. Melainkan saat mengetik membuat postingan artikel di entri post Wordpress. Nah ternyata masalah seperti ini berlaku di Ms Word juga, baik versi 2007, 2010, 2013, 2016, dan 2019.



Penyebab Huruf Tertimpa Saat Edit Tulisan di Word

Nah guys! Ternyata penyebab masalah seperti ini adalah dikarenakan kamu sengaja atau tidak sengaja saat mengetik di Microsoft Word menekan tombol INSERT (INS) pada keyboard laptop/pc kamu.

Menekan tombol INSERT pada keyboard tersebut menyebabkan Overtype Mode pengaturan pada Microsoft Word kamu aktif atau terceklist. Hal tersebut mengakibatkan huruf selanjutnya terhapus saat kamu mengedit tulisan.

Solusi Huruf Terhapus/Terimpa Saat Edit Tulisan di Word

Untuk mengatasi masalah tersebut apabila terjadi pada kamu, cukup mudah! Silahkan ikuti cara yang aku bagikan di bawah ini.

1. Atasi dengan Menekan Tombol INSERT pada Keyboard

Seperti yang sudah saya bilang di atas kalau penyebab tulisan tertimpa saat diedit itu dikarenakan kamu sadar atau tidak sadar menekan tombol Insert pada keyboar. Nah solusinya yang paling mudah adalah dengan menekan lagi tombol Insert pada keyboard laptop/pc kamu.

Kemudian silahkan coba edit lagi. Apakah sudah teratasi? Pasti sudah kan! Emang gampang gini kok cara mengatasinya.

2. Unceklist Pengaturan Overtype Mode

Cara nomor 1 itu paling mudahnya, untuk unceklist Overtype Mode. Namun jika cara 1 tidak bekerja, coba kamu terapkan cara ke 2 ini untuk menonaktifkan Overtype Mode secara manual. Silahkan ikuti panduan di bawah ini:
  1. Pada Microsoft Word, silahkan klik tab File
  2. Kemudian silahkan pilih Options 
    Solusi tulisan tertimpa saat mengetik
  3. Setelah itu silahkan klik Advanced
  4. Selanjutnya tinggal unceklist (hilangkan centang) pada kotak Use overtype mode seperti gambar di bawah ini 
    Cara Mengatur Mode Overtype Penimpaan Ketikan di Ms Word
  5. Terakhir tekan tombol OK

Dengan begitu silahkan coba edit kembali tulisan kamu di word yang salah atau yang kurang hurufnya. Dan seharusnya hasilnya huruf sudah tidak tertimpa saat kamu mengeditnya.

Agar overtype mode tidak aktif saat menekan tombol Insert di keyboard

Supaya tidak terjadi kembali masalah ketidaksengajaan menekan tombol Insert pada keyboard yang dapat mengaktifkan overtype mode, mending kamu nonaktifkan saja perintah Insert yang dapat mengaktifkan overtype mode.

Caranya sebagai berikut:
  1. Klik tab File pada MS Word
  2. Pilih Options 
  3. Klik bagian Advanced
  4. Hilangkan centang pada kotak Use the insert key to control overtype mode
  5. Tekan tombol OK

Itulah artikel kali ini yang dapat saya bagikan kepada teman-teman, semoga dapat memberikan solusi atas permasalahannya terkait postingan ini. Jika kurang jelas dengan tulisan saya di atas, bisa tonton video dengan panduan step by step di bawah ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel