10 Dampak Negatif Ngeblog / Jadi Blogger

Ngeblog boleh-boleh saja tapi tetap ada saja dampak positif dan negatifnya. Ya namanya juga sudah ku jadikan pekerjaan kan ya. Nah di sini aku mau share dampak negatif dari ngeblog, yang sebagian besar sedang/pernah aku alami.

dampak negatif ngeblog jadi blogger

Setelah membaca di bawah ini, aku berharap teman-teman dapat/mempersiapkan antisipasi untuk dampak negatif jadi Blogger. Yang pasti ini untuk kepentingan diri masing-masing.

Dampak Negatif Ngeblog / Jadi Blogger

1. Kesehatan Tidak Terjaga

Kebiasaan Blogger biasanya adalah tidur larut malam, kurang berolahraga, dan lalai makan dan minum. Hal ini sering aku alami, yaitu tidur di atas jam 12 malam, dan tidur di pagi hari. Untuk olahraga pun sudah pasti jarang banget, makan telat-telat dan minumnya kurang. Padahal kalau kegiatan kebanyakan duduk, seharusnya minumnya banyak.

Hal yang biasa aku keluhkan biasanya sakit pinggang dan perut.

2. Hubungan Sosial Melemah

Mungkin karena keseringan di rumah, kerja di rumah, jadinya hubungan sosial dengan lainnya melemah. Hal ini menjadi kurang tahunya bagaimana seharusnya bersosial dalam bermasyarakat. Aku sendiri kurang pengetahuan dalam hal ini, kalau nongkrong sama teman-teman sih masihlah. Tapi untuk kegiatan kebermasyarakatan melemah. Untuk bertindak dengan kesadaran sebagai masyarakat dalam kegiatan yang dipikir yang tidak-tidak, padahal belum melakukan.

3. Malas dengan Kegiatan Lainnya

Dampak negatif jadi Blogger yang ketiga adalah terlalu menomor satukan ngeblog. Dan akhirnya menyikapi kegiatan lainnya yang datang tersebut menjadi kurang berarti; bisa jadi malah dianggap mengganggu.

4. Penurunan Daya Otak

Entah kenapa ini benar adanya. Penyebabnya mungkin karena yang dipikir hanya ngeblog, ngeblog dan ngeblog. Atau yang berkaitan saja. Sehingga untuk hal lainnya jadi menurun, atau kesulitan/lamban dalam memikirkannya. Ini berkaitan dengan nomor tiga di atas, yaitu malas juga memikirkan lainnya.

Akibatnya bisa jadi prestasi atau nilai menurun jika masih sekolah.

5. Terbuai dengan Kesantaian

Jika blog sudah bisa menghasilkan dan cukup untuk biaya kehidupan, bawaannya ingin santai saja tapi tetap terima bayaran, hahaha. Padahal kita tahu sebagai Blogger, hal-hal yang tidak diinginkan bisa saja terjadi. Misal hilangnya sumber penghasilan, visitor menurun, dan banyak lagi sejenisnya. Karena kita dituntut mengikuti pembaruan sistem (algoritma).

6. Malas Cari Kerja Lainnya

Ini yang saat ini aku alami, yaitu ketika ditawari lowongan pekerjaan sudah pasti menolak. Karena ya bayangan kerja dipantau langsung dengan atasan itu tidak enak. Jadi konsekuensinya ya harus tekun benar dengan ngeblog, atau yang berkaitan untuk antisipasi kedepannya yang akan terjadi pada Blogger dan sistemnya.

7. Mental Terganggu

Mental seorang Blogger itu berubah-ubah. Apalagi yang memang kerjaannya di rumah saja. Kadang gampang frustasi, gampang marah, pikiran berat seketika, mental down. Namun itu tetap ada sebabnya, bisa jadi karena lingkungan dan hasil yang tidak sesuai dengan ekspektasi selama ngeblog.

8. Dikira Pengangguran

Ada yang lebih parah dikira ngepet, tapi aku belum pernah sih wkwkwk. Kalau pengangguran ya pasti sudah pernah hahaha. Dianggap remeh tetangga karena usia kerja kok gak bekerja, malah di rumah aja wkwkwk. Padahal aku di rumah juga bekerja. Bahkan orang tua juga dulunya menganggap remeh.

Namun hal ini sedikit demi sedikit mulai aku buka dengan menunjukkan penghasilanku kepada orang tua. Setelah itu orang tua otomatis nyebar luasin ke tetangga, hahaha. Tapi sekarang kalau ada yang tanya ya aku kasih tahu, kalau dulu entah kenapa suka dikira pengangguran. Biar gak diduga-duga gitu, ternyata pengangguran punya uang banyak wkwkwk.

Lama kelamaan bosen juga sih dikira pengangguran, mental terganggu. Jadi kalau ada kegiatan lainnya (misal: kegiatan pemuda atau sejenisnya), jadi dilimpahkan ke aku yang dikiranya nganggur haha.

9. Gampang Mengantuk

Hal ini berkaitan dengan kesehatan mata. Terlalu sering memandangi layar laptop maupun HP menyebabkan mata mudah lelah dan hasilnya mengantuk atau ingin memejamkan mata, rebahan sampai ketiduran, hohoho.

Meskipun tidak sedang ngeblog pun jadi gampang ngantuk juga.

10. Ibadah Kendor

Khususnya bagi yang beragama Islam (karena aku beragama Islam). Efek ngeblog yang salah ternayata dapat membuat ibadah kita kendor, contohnya waktu sholat molor karena mementingkan menyelesaikan menulis artikel yang nanggung biasanya.

Bisa juga karena begadang, bangun kesiangan sehingga sholat subuh terbengkalai.


Akhir Kata

Bloger di dunia ini beragam macam/jenis. Tidak selalu Bloger di rumah saja, karena ada yang disebut Travel Blogger. Blogger yang suka jalan-jalan dan menulis pengalaman jalan-jalannya ke dalam Blog.

Nah, dampak negatif di atas silahkan dicari positifnya. Misalnya jika sampean mengalami salah satu hal negatif di atas, sesegara mungkin mencari bagaimana mengatasinya supaya tidak lagi mengalami hal tersebut.

Sudah dulu ya, aku mau makan 😁

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel