Penyebab dan Cara Memperbaiki TV Tidak Keluar Suaranya

Cara Memperbaiki TV Tidak Ada Suara - Ada banyak penyebab suara TV hilang. Namun di artikel ini aku hanya membagikan berdasarkan pengalaman untuk masalah dan solusi tv tidak muncul suaranya.

Waktu itu pertama kali membeli TV baru, pas dicek di toko televisinya muncul suara normal. Kemudian pas sampai di rumah terus dicoba, eh tidak muncul suaranya padahal volume sudah besar. Muncul suaranya tapi ngosos gitu.

Nah, maka aku bawa kembali tuh TV ke toko untuk berkonsultasi kenapa kok TV tidak keluar suaranya. Maklum aku tidak tahu menau waktu itu tentang televisi. Kemudian setelah berkonsultasi ternyata TV normal, lalu dikasih tahu penyebab TV tidak muncul suaranya tersebut oleh pegawai toko.

Penyebab TV Tidak Keluar Suaranya

Ternayata penyebab TV yang tidak ada suaranya tersebut terletak pada format suara pada menu pengaturan. Lihatlah gambar di bawah ini!

penyebab suara tv hilang

Pada gambar di atas terlihat kalau format suara yang digunakan adalah DK. Nah format tersebut yang menyebabkan TV tidak muncul suaranya pada pengalaman yang aku alami waktu itu. Dan format TV yang muncul suaranya adalah seperti gambar di bawah ini.

tv tidak ada suara

Terlihat format suara bertuliskan BG. Jadi supaya TV muncul suaranya (tidak ngosos) maka silahkan ubah format TV menjadi BG lewat menu. Karena kalau format audio selain BG, sepertiya tidak bisa setahuku.


Lihat Juga: Frekuensi Antv Antena Parabola
Lihat Juga: Frekuensi Trans TV Telkom 4
Lihat Juga: Frekuensi Kompas TV
Lihat Juga: Frekuensi Indosiar Antena Parabola
Lihat Juga: Frekuensi NET TV di Palada D


Cara Memperbaiki TV Tidak Keluar Suaranya

  1. Silahkan tekan Menu pada remote atau tombol di TV kamu
  2. Kemudian geser pakai tombol remote besarkan volume sampai ke bagian Saluran (kalau TV ku, silahkan sesuaikan saja)
  3. Setelah itu cari ke bawah dan temukan bagian Suara. Lalu ubah formatnya menjadi BG
  4. Jadinya seperti gambar di bawah ini 
    cara mengatasi tv tidak keluar suara
  5. Jika penyebab tv kamu tidak keluar suaranya seperti masalah yang pernah aku alami, maka setelah menerapkan cara di atas tv kamu akan muncul suaranya lagi

Jika panduan artikel di atas tidak bisa dipahami, silahkan tonton panduan video di bawah ini.

Tonton Video Cara Mengatasi TV Tidak Ada Suaranya




Mungkin banyak penyebab TV tidak keluar suara, atau selain penyebab seperti yang pernah aku alami. Bisa jadi karena mesin atau lainnya. Nah meskipun begitu, semoga artikel Penyebab dan Cara Memperbaiki TV Tidak Keluar Suaranya ini berguna dan bermanfaat bagi kalian semua.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel