Cara Mudah Mengatasi Layar Laptop Berkedip-kedip

Mengatasi Layar Laptop Berkedip - Berdasarkan pengalaman saya mengatasi layar laptop Asus saya yang berkedip-kedip, di blog Nanda Hero ini saya akan bagikan pengalaman tersebut.

Sudah lebih dari setahun laptop saya mengalami layar yang berkedip-kedip. Namun itu tidak terus-terusan saya alami berkedip-kedip. Setelah berhasil saya atasi, kadang layar laptop tersebut kembali berkedip-kedip.

Gejala awalnya saya juga kurang tahu, karena saya juga bukan merupakan orang yang ahli di bidang oprek-oprek laptop maupun komputer (barang elektronik lainnya). Mungkin ini terjadi karena faktor usia laptop yang sudah cukup lama belum pernah diservis. Usia laptop sekitar 5 tahunan, baterai sudah soak dan layar lcd bergaris 2.

Tapi terjadinya hal ini (layar laptop Asus kedap kedip), adalah ketika saya pulang wifi an dari Telkom yang sudah berjam-jam, kemudian sampainya di rumah saya nonton anime. Dan terjadilah layar laptop berkedip dan bergaris ini.

Nah baiklah, sekarang saya bagikan saja pengalaman mengatasi layar laptop berkedip.

Cara Mengatasi Layar Laptop Berkedip-kedip

1. Mengatur kecerahan layar monitor ke paling rendah/redup

Jika anda biasa menggunakan layar monitor laptop dengan kecerahan sedang atau maksimal, cobalah untuk menurunkan kecerahan layar monitor lcd tersebut sampai paling rendah/redup.

Maka silahkan lihat hasilnya, apakah hal ini mampu mengatasi masalah monitor berkedip saat digunakan atau tidak.

Karena pengalaman saya, hal ini pernah bisa menjadi solusi untuk masalah yang terjadi (layar laptop kedip hitam) pada laptop saya.

Kemudian setelah saya setting kecerahan laptop paling rendah, lama-lama masalah layar kedap-kedip ini kembali lagi. Bahkan layar laptop sudah mulai kedap kedip saat booting.

2. Menekan bagian kabel fleksibel laptop dari luar

Kabel flexibel itu setahu saya merupakan salah satu kabel penghubung antara layar monitor dan komponen lainnya dalam laptop. Kabelnya ada kecil-kecil dan banyak. (Yang saya maksud di sini bukan kabel yang cemet)

Nah, anda bisa menekan dari luar pas letak pada bagian kabel fleksibel tersebut berada. Kalau di laptop Asus, silahkan anda coba tekan-tekan kesing laptop bagian atas keyboard atau yang berdekatan dengan layar monitor.

Apabila yang anda tekan tersebut berpengaruh ke layar monitor, berarti kemungkinan letak kabel fleksibel laptop anda berada pada tempat yang anda tekan tersebut.

Maka tekanlah hingga layar laptop anda berhenti berkedip. Kemungkinan masalah ini karena kabel tersebut mendapati kelonggaran atau sejenisnya sehingga mengakibatkan layar laptop berkedip. Bisa juga karena banyak debu.

Baca Lainnya: Cara Mengatasi Blue Screen Windows pada Laptop

3. Buka casing laptop, dan solasi bagian kabel fleksibel

Saya mengatasi masalah layar monitor berkedip ini baru sampai tahap ini. Yaitu menyolasi bagian kabel fleksibel.

Silahkan buka casing laptop anda, dengan langkah pertama melepaskan semua baut yang terdapat pada casing laptop.

Kemudian buka casing dengan hari-hati. Setiap laptop cara membukanya berbeda-beda, ada yang dari atas dan adapula yang dari bawah ketika membuka/melepas casing.

Kalau laptop anda bermerk Asus, kemungkinan dari atas seperti milik saya.

Berikutnya lepas bagian kabel penghubung track pad, keyboard, monitor. Lalu silahkan solasi menggunakan solasi/perekat yang kuat, yang mampu memberikan tekanan pada kabel fleksibel.

Contoh punya saya seperti gambar di bawah ini.

cara mengatasi layar laptop berkedip

cara mengatasi monitor lcd kedap kedip saat dinyalakan

4. Ganti kabel fleksibel laptop

Saya sendiri belum pernah mengganti kabel fleksibel laptop. Tapi apabila ketika anda mencoba cara nomor 3 di atas hasilnya tetap sama, anda bisa membeli dan mengganti kabel fleksibel laptop anda.

Berhubung saya tidak menjual kabel fleksibel laptop, silahkan anda cari dan beli sendiri. Anda bisa mencari dan membeli dari Marketplace atau toko online, atau toko elektronik dekat tempat tinggal anda yang menjual keperluan dan perangkat laptop/komputer.


Demikian itulah cara mengatasi layar laptop yang berkedip-kedip. Kemungkinan besar masalah layar laptop kedap kedip dikarenakan kabel fleksibel yang sudah usang. Kalau masalah pada lcd, mungkin seperti layar bergaris permanen. Baca juga: Cara Membagi Partisi Hardisk

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mudah Mengatasi Layar Laptop Berkedip-kedip"

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang bijak! Saya sangat senang bila komentar anda membangun, baik untuk saya sebagai Penulis maupun konten pada blog ini.

- Jangan komentar dengan link url hidup maupun mati
- Jangan SPAM
- Jangan jualan (promo)
- Jangan provokasi
- Sopan berkomentar
- Berkomentarlah menggunakan akun Google Plus

Terimakasih, semoga selalu bahagia dan senantiasa bersyukur

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel