Cara Mengatasi Windows Blue Screen "Page Fault in Nonpaged Area"

Cara Mengatasi Page Fault in Nonpaged Area - Error BSOD (Blue Screen Of Death) adalah istilah dari error yang menyebabkan layar pc atau laptop kamu berwarna biru (Blue Screen), dan kebanyakan error tersebut diakibatkan karena kerusakan pada Sistem Operasi Windows.

Selain itu Blue Screen pada laptop/PC juga dapat diakibatkan karena kerusakan pada hardware (misal : ram, vga dan hdd ). Dari pengalaman saya pernah mengalami error bsod pada Windows 8.1 Enterprise, dan sangat mungkin bisa terjadi pada Windows 7 maupun Windows XP yang sedang kamu gunakan.

Pesan-pesan Error Terjadinya Blue Screen


  • IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL (0X0000000A)
  • PAGE_FAULT_IN_NONPAGED_AREA
  • DATA_BUS_ERROR
  • dan masih banyak lagi pesan error yang tidak saya tuliskan


Dari ketiga pesan error yang memungkinkan terjadinya blue screen di atas, hanya satu yang pernah saya alami dan pernah membuat saya frustasi, pesan error tersebut adalah PAGE_FAULT_IN_NONPAGED_AREA. Sesuai judul yang telah saya tulis, saya akan memberikan sedikit tips cara mengatasi Blue Screen dengan pesan error page_fault _in_nonpaged_area tersebut.

Penyebab PAGE_FAULT_IN_NONPAGED_AREA

Cara Mengatasi Windows Blue Screen Page Fault in Nonpaged Area

Dari kebanyakan kasus yang dimuat pada situs - situs web, penyebab page_fault _in_nonpaged_area dikarenakan kerusakan pada hardware. Hal ini tidak sepenuhnya keliru dan mungkin benar, namun pada kalimat di atas sudah saya tuliskan bahwa kebanyakan terjadinya blue screen di akibatkan karena kerusakan pada windows. Jadi jangan terburu - buru untuk membawa laptop/pc kamu ke tukang servis, karena sudah pasti kamu harus mengeluarkan uang untuk membayar jasa servis.

Penyebab Rusaknya Windows yang Mengakibatkan Blue Screen


  1. Driver yang diinstall tidak cocok. Karena mugkin jika kamu menginstall driver yang tidak sesuai / tidak kompatibel pada windows yang kamu pakai, maka terjadinya blue screen berpeluang lebih besar. Untuk berjaga - jaga install yang sesuai bit nya.
  2. Terjadinya driver yang crash. Untuk mengetahui driver yang crash silahkan cari toolsnya pada Search Engine Google maupun lainnya. Jika sudah ketemu silahkan uninstall / clean.
  3. Salah install software ataupun game. Jika blue screen terjadi setelah kamumenginstall software maupun game, silahkan uninstall software ataupun game tersebut.

Cara Mengatasi Windows Blue Screen PAGE FAULT IN NONPAGED AREA

Dari pengalaman yang saya pelajari menggunakan Windows 8.1 Enterprise, cara ini memungkinkan untuk patut kamu coba jika terjadi error BSOD page_fault _in_nonpaged_area.

1. Uninstall software / game

Silahkan uninstall software pada pc/laptop kamu yang tidak perlu atau jarang digunakan dan software terakhir di install (biasanya bluescreen disebabkan karena baru menginstall software tertentu, jadi uninstall software baru tersebut supaya kembali normal). Jika blue screen masih berlanjut baca cara kedua di bawah.

2. Menghapus driver yang terdapat pada disk c

Cara menghapusnya denga klik kanan pada Local Disk C, kemudian Properties, setelah itu klik Disk Cleanup.

cara mengatasi blue screen pada laptop asus

3. Install ulang windows

Nah jika kedua di atas masih tidak bekerja memperbaiki windows bluescreen di laptop/pc kamu, solusi terakhir silahkan install ulang windows kamu dengan menginstall sendiri atau membawa pada orang yang dapat menginstall ulangkan (bisa dengan membawa ke servis komputer atau laptop).

Baca Lainnya : Cara Menggunakan WhatsApp di PC/Laptop

Kisahku mengalami Error BSOD : page_fault _in_nonpaged_area

cara mengatasi blue screen windows 8

Hanya sekedar untuk berbagi informasi atau pengalaman pada laptop yang mengalami Blue Screen. Pertama mengalami Error BSOD page_fault _in_nonpaged_area ini saya tidak tahu apa yang sebenarnya saya lakukan, saya hanya mengotak atik dengan mengklik salah satu dari dua tombol pilihan setelah windows restart. Dan akhirnya masalah teratasi untuk beberapa hari kedepan.

Beberapa hari kemudiannya Error BSOD page_fault _in_nonpaged_area tersebut kembali terjadi pada laptop/Windows saya. Mulanya adalah ketika saya menyambungkan koneksi internet dan hendak berslancar di dunia maya, error pun kembali terjadi dan terus terjadi ketika koneksi telah tersambung.

Namun jika koneksi internet tidak tersambng Error BSOD page_fault _in_nonpaged_area pun tidak terjadi. Dan akhirnya saya melakukan tata cara di atas hingga install ulang windows, dan hasilnya semua kembali normal dan bisa digunakan kembali dengan normal.


Demikian postingan Cara Mengatasi Windows Blue Screen "Page Fault in Nonpaged Area" ini, semoga bermanfaat menjadi solusi buat kalian semua yang mengalami layar biru pada windows di PC/Laptopnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel