Sisi Lain dari Social Media "FACEBOOK"

sisi lain dari social media facebook

Social Media. Siapa sih yang tidak kenal dengan social media Facebook? Social media yang mula dibuat oleh Mark Zuckerberg bersama teman sekamarnya, sampai kini karyanya bisa dinikmati oleh seluruh penduduk di Indonesia. Bahkan menjadi social media dengan pengguna terbanyak di Dunia. Sekitar 1.6 milyar lebih pengguna aktif social media Facebook di tahun 2016 lalu.

Social media sendiri merupakan sarana bersosial di Dunia Maya (media elektronik untuk keperluan komunikasi secara online). Facebook adalah salah satunya. Sebagai pengguna dari beberapa social media yang ada, yang paling saya sukai adalah Facebook. Bisa dibilang Facebook bagi saya memiliki banyak manfaat yang beragam dan mudharat yang beragam pula. Seperti misalnya saya yang bisa mendapatkan uang dan kehilangan uang karena menjadi salah satu dari milyaran pengguna social media Facebook.

Seperti judul postingan ini, bagi "mereka" yang hanya tau Facebook sebagai sarana hiburan semata atau menghabiskan waktu dengan sia-sia, saya berniat mengungkap sisi lain dari social media Facebook untuk mereka. Bagaimana supaya nanti mereka bisa memanfaatkan Facebook sebagai sarana mengembangkan suatu usaha atau bisnis yang dijalani.

Facebook ini sangat cocok sekali untuk hal tersebut. Selain penggunaannya yang begitu mudah, menurut saya, fiturnya juga lebih lengkap ketimbang fitur dari social media lainnya. Khususnya untuk membantu mengembangkan suatu usaha atau bisnis ya.

Nah kalau kamu salah satu dari yang saya sebut "mereka" pada kalimat bertanda kutip di atas, baca postingan ini sampai selesai ya!

fitur facebook yang membantu mengembangkan suatu usaha atau bisnis yang dijalani

fitur facebook tandai teman

Yang pertama adalah fitur Facebook tandai teman. Memposting status di Facebook tentang usaha atau bisnis yang sedang kamu jalani, maka akan menguntungkan buat kamu. Nah supaya status Facebook kamu tersebut lebih banyak dilihat pengguna Facebook lainnya, kamu bisa memanfaatkan fitur Facebook tandai teman ini. Dengan menandai teman kamu di Facebook, maka status kamu nanti bisa tampil diberanda teman dari teman yang kamu tandai, sehingga dapat menjangkau pemasaran lebih luas ke pengguna Facebook lainnya.

Oh ya, kamu juga harus memperbanyak teman Facebook juga ya. Kemudian untuk bagaimana caranya menandai teman di Facebook, saya yakin kamu pasti sudah bisa melakukannya.


fitur facebook grup facebook

Fitur yang kedua adalah grup Facebook. Kalau jumlah pertemanan pada sebuah akun Facebook dibatasi maksimal sekitar 5000 an teman yang bisa dimiliki, anggota grup pada Facebook bisa mencapai lebih dari jutaan anggota dalam grup. Kamu juga tidak perlu membuat dan membangun suatu grup sendiri, kamu tinggal mencari grup yang ada banyak anggota tentunya, dan menjadi salah satu anggota dalam grup tersebut.

Sayangnya, kalau kamu bukan pengelola dalam grup tersebut, postingan kamu pada grup bisa saja tidak disetujui oleh pengelola dan bisa juga dikeluarkan dari grup karena melakukan tindakan spam. Namun jangan khawatir, hal seperti ini bisa di atasi dengan membaca ketentuan pada sebuah grup dimana kamu menjadi anggotanya dan sebisa mungkin bergabunglah dengan grup yang relevan dengan usaha atau bisnis kamu.

Saya sendiri merasa lebih efektif melakukannya dengan grup Facebook yang relevan ketimbang harus menandai teman. Selain bisa menjangkau lebih banyak pemasaran, toh tidak akan mengganggu setiap individu pengguna Facebook yang ditandai, yang bisa jadi tidak membutuhkan sama sekali dengan usaha atau bisnis yang saya pasarkan.


fitur facebook halaman facebook

Nah yang selanjutnya adalah halaman Facebook. Halaman Facebook atau yang biasa disebut Fanspage ini bisa lebih efektif lagi digunakan untuk metode pemasaran mengembangkan usaha atau bisnis di social media Facebook. Untuk memanfaatkan fitur halaman Facebook, kamu hanya tinggal membuatnya dengan nama usaha atau bisnis kamu. Kemudian buatlah status tentang usaha atau bisnis kamu pada halaman tersebut.

Namun kalau yang menyukai halaman kamu cuman sedikit, maka jangkauan pemasaran yang didapat juga akan sedikit pula. Nah, hal ini bisa diatasi dengan membagikan postingan kamu di halaman Facebook ke grup-grup Facebook yang relevan. Apabila beruntung, kamu bisa mendapatkan tambahan like fanspage.

Selain itu, keunggulan lainnya dari halaman Facebook, kamu bisa menggunakan Facebook Ads atau yang sering dikenal FB ADS. Cuman, kamu harus mengeluarkan biaya tambahan untuk mempromosikan kiriman (postingan) yang kamu buat pada halaman Facebook tersebut. Nah dengan FB ADS ini, maka jangkauan kiriman kepada pengguna Facebook akan lebih banyak sehingga memperluas pemasaran. Banyak sekali mereka yang mempunyai usaha atau bisnis menggunakan FB ADS untuk pemasaran di Facebook, namun ada beberapa teknik yang harus dipelajari terlebih dulu supaya hasilnya benar-benar menguntungkan.


Nah, teknik dari ketiga fitur di atas saya menyebutnya "Facebook Digital Marketing" atau dalam bahasa Indonesianya pemasaran digital lewat Facebook, hehehe. Biasanya, pengusaha atau pebisnis yang melakukan teknik-teknik di atas disebutnya "Internet Marketer". Namun tidak hanya dari social media Facebook, melainkan dari semua social media yang ada sampai alat marketing lainnya. Seperti Website dan Email Marketing misalnya.

Dengan menguasai dan menerapkan teknik pemasaran digital secara maksimal, sudah pasti penghasilan yang di dapat dari usaha atau bisnis yang dikembangkan tersebut akan semakin meningkat daripada sebelumnya (melihat banyaknya orang sekarang yang melakukan suatu hal serba digital dan instan).

Nah untuk menguasai teknik pemasaran digital secara maksimal (tidak hanya dari Facebook), saya akan memberikan saran/solusi memilih untuk melakukan kursus belajar digital marketing.

Belajar Digital Marketing bersama DUMET School


DUMET School adalah tempat kursus website, digital marketing dan desain grafis yang cocok banget buat kamu. Kenapa saya bilang DUMET School adalah tempat kursus yang cocok banget buat kamu?

jadwal fleksibel dumetschool
semi private dumetschool
belajar sampai bisa dumetschool
gratis konsultasi seumur hidup dumetschool

Tidak hanya itu, DUMET School sudah berhasil dipercaya oleh 3000 lebih banyaknya murid yang pernah belajar di DUMET School. Yang kebanyakan mereka adalah seorang pelajar, mahasiswa, dosen, staff profesoanal, dan pemilik bisnis dari berbagai sekolah, universitas, instansi pemerintah sampai perusahaan ternama.

Nah kalau mengenai kursus belajar digital marketing, setelah mendaftar kamu akan mendapatkan...

kursus belajar digital marketing di dumetschool

Saya akan menjelaskan sedikit mengenai WordPress dan SEO yang mungkin tidak diketahui oleh mereka yang tidak tahu sisi lain dari social media Facebook. Nah WordPress adalah suatu platform untuk membuat dan mengelola website. Sedangkan SEO menurut saya adalah teknik dimana kamu nanti akan diajari untuk menguasai Search Engine seperti Google dan Bing melalui postingan kamu yang ada pada website yang telah kamu buat.

Nah untuk kursus belajar digital marketing, ada 3 paket harga yang tersedia sebagai berikut :

paket dan harga kursus digital marketing dumetschool

Dari ketiga paket tersebut, saya sarankan setidaknya kamu mengambil paket kursus yang Pro. Alasannya karena di paket Premium kamu tidak akan mempelajari kursus Facebook Ads yang sangat mantab buat pemasaran digital.

Nah kemudian untuk kesan-kesan sekaligus testimoni dari beberapa murid di DUMET School adalah sebagai berikut :

testimoni murid dumetschool
testimoni murid dumetschool 2


Gimana? Apakah kamu kepingin kursus belajar di DUMET School seperti mereka? Untuk lokasi kursus dan kontak DUMET School sebagai berikut :

lokasi dan kontak dumetschool

Kamu juga bisa langsung mengunjungi website DUMET School untuk info lebih lengkap di www.dumetschool.com, atau ikuti social media DUMET School (Facebook, Instagram, Twitter, Youtube). Kamu juga bisa berkesempatan mendapatkan kursus gratis lhoo dari DUMET School, oleh karena itu, kenjungi websitenya dan ikuti semua social medianya. Selamat mencoba! 😊


*Sumber referensi : www.dumetschool.com


Berlangganan update artikel terbaru via email:

7 Responses to "Sisi Lain dari Social Media "FACEBOOK""

Mau komentar? Komentarnya di bawah sini....
Aku sangat senang kalau sampeyan komentarnya yang Relevan, Jelas, dan Santun.

AKU TUNGGU YA, KOMENTARNYA!
Jangan lupa centang bagian kotak "Notify me" supaya mendapat pemberitahuan kalau ada balasan untuk komentar sampeyan.

(NB : komentar spam (link) tidak akan disetujui)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel