Cara Membuat Privacy Policy, Disclaimer dan Terms of Service untuk Blog

Cara Membuat Privacy Policy, Disclaimer dan Terms of Service untuk Blog - Privacy policy, disclaimer dan terms of service atau yang biasa di singkat TOS ini, ketiganya adalah suatu laman yang penting untuk blog atau website. Selain dibuat agar blog atau website tampil lebih profesional, ada fungsinya tersendiri mengapa ketiga laman itu harus ada pada suatu blog atau website. Misalnya seperti ketentuan yang harus ditaati bagi setiap pengunjung atau pembaca blog tersebut. Selain itu, ketiga laman itu juga penting bagi Blogger yang ingin mengajukan blognya ke Google Adsense supaya disetujui. Nah biasanya Blogger yang sudah terdapat iklan Google di blognya, berarti blog mereka sudah disetujui oleh Google. Blogger ini biasa disebut juga sebagai Publisher Google Adsense. Tentunya, dari menjadi publisher Google Adsense tersebutlah para Blogger juga bisa mendapatkan pundi-pundi penghasilan berupa uang.

membuat privacy policy, membuat disclaimer, membuat terms of service


Nah di sini aku mau membagikan tutorial dari ketiga laman penting tersebut menjadi dalam satu postingan. Isinya yaitu tutorial cara membuat privacy policy, cara membuat disclaimer dan cara membuat terms of service. Namun sebelumnya, jika sampeyan berniat mendaftarkan blog sampeyan supaya disetujui Google Adsense, laman penting tersebut tidak cuman ketiga nama laman di atas. Melainkan ada laman lainnya yang juga penting sebagai syarat daftar Google Adsense biar di approve (khususnya google adsense non hosted). Laman tersebut adalah laman "About" yang berisi tentang blog sampeyan dan laman "Sitemap" atau bahasa Indonesianya adalah daftar isi. Selain itu, baca terlebih dahulu kebijakan maupun ketentuan menjadi publisher Google Adsense sebelum mendaftarkan blognya.


Cara Membuat Privacy Policy, Disclaimer dan Terms of Service


1. Membuat Privacy Policy


Cara membuat privacy policy sangat mudah sekali. Sampeyan bisa menggunakan jasa dari situs privacypolicyonline.com. Nah, perhatikan tutorialnya sebagai berikut.

1. Pertama kunjungi terlebih dulu situs www.privacypolicyonline.com.

2. Setelah itu isi form nya sesuai dengan identitasmu. Seperti gambar di bawah ini pengaturannya :

membuat privacy policy
Pada form Contact Link, isi dengan link laman contact blog sampeyan. Kalau belum ada, buat dulu. Lamannya saja dulu tidak apa-apa dan sementara biarkan isinya kosong.

3. Pilih dan klik Generate HTML untuk mendapatkan kode html privacy policy, kemudian copy kodenya.

4. Buat laman privacy policy pada blog sampeyan, dan pastekan kode laman yang di copy tadi pada Entri dengan mode HTML.

5. Jangan lupa untuk memberi Deskripsi Penelusuran dan kemudian Publikasikan.

2. Membuat Disclaimer


Masih di situs privacy policy online ya, sekarang tutorial membuat disclaimer di situs privacypolicyonline.com.

1. Pertama klik menu link Disclaimer Generator.

membuat disclaimer

2. Isi form nya seperti membuat privacy policy tadi. Bisa dibilang, menurut saya membuat disclaimer ini tutorial paling mudah daripada membuat privacy policy dan terms of service.

membuat disclaimer blog

3. Klik Generate Disclaimer untuk mendapatkan kodenya, kemudian buat laman Disclaimer di blog dan pastekan kodenya pada laman tersebut di mode entri HTML.

3. Membuat Terms of Service (TOS)


Tutorial terakhir membuat terms of service atau yang biasa disingkat dengan TOS. Dan masih memanfaatkan situs privacypolicyonline.com.

1. Klik menu TOS Generator atau menu Terms of Service Generator terserah. Hasilnya sama saja.

membuat terms of service

2. Kemudian seperti dua kawanannya di atas, isi form nya.

membuat terms of service blog

Pada kolom Company Name gambar di atas, bisa di isi saja nama blog sampeyan. Kemudian Mailing Address bisa dengan alamat rumah sampeyan.

Dan masih ada form-form di bawahnya, biarkan saja seperti apa adanya (hiraukan!).

3. Klik Generate HTML dan dapatkan kode html TOSnya.

4. Seperti kawannya, buat laman terms of service di blog dan pastekan kode tosnya di mode html. Isi Deskripsi Penelusuran lalu Publikasikan.


Nah SELESAI. Mudahkan cara membuat privacy policy, disclaimer dan terms of service nya. Semoga bermanfaat ya! 😊

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel