Cara Mengatur Ukuran Kertas di Microsoft Word

Cara Mengatur Ukuran Kertas di Microsoft Word – Mengatur ukuran kertas pada dokumen yang kamu buat di word, merupakan suatu keharusan yang kamu harus bisa jika ingin menghasilkan print out yang sesuai. Selain itu supaya kamu tidak mengedit ulang pada jenis kertas yang kamu pilih ketika hendak melakukan print out (mencetak dokumen).

Di Microsoft Office Word sendiri sudah banyak tersedia jenis ukuran kertas, jadi kamu tidak perlu bingung berapa ukuran dari jenis kertas tersebut. Beberapa jenis dan ukuran kertas yang ada pada MS Word adalah sebagai berikut :

Ukuran Kertas Letter = 21,59 cm x 27,94 cm
Ukuran Kertas Tabloid = 27,94 x 43,18 cm
Ukuran Keras Legal = 21,59 cm x 35,56 cm
Ukuran Kertas A3 = 29,7 cm x 42 cm
Ukuran Kertas A4 = 21 cm x 29,7 cm
Ukuran Kertas A5 = 14,8 cm x 21 cm
Dan masih banyak lagi

Namun di MS Word 2007 tidak tersedia untuk pilihan jenis kertas F4, mungkin di ms word versi lainnya ada. Nah jika di versi yang kamu gunakan tidak ada, untuk ukuran kertas F4 adalah 21,59 cm (width) dan 33,2 cm (height). Kamu harus mengaturnya sendiri.

Jenis kertas F4 dan A4 ini adalah jenis ukuran yang sering dan banyak digunakan untuk membuat makalah, laporan atau lembar dokumen lainnya. Fungsi bisa mengatur ukuran kertas ini supaya agar tidak banyak bagian kosong di kertas hasil print out / agar hasil print out sesuai dengan yang ada pada lembar dokumen word kamu. Untuk itu, silahkan kamu simak bagaimana cara mudahnya mengatur ukura kertas pada word.

cara mengatur ukuran kertas di microsoft word

Cara Mengatur Ukuran Kertas di Microsoft Word 2007


1. Buka Microsoft Office Word kamu
2. Pilih Page Layout pada menu toolbar ms word kamu
3. Kemudian kamu klik bagian Size dan pilih More Paper Sizes...

cara mengatur ukuran kertas di word

Default dari pertama kamu membuka Ms Word ukuran kertasnya adalah jenis A4, untuk itu jika menginginkan hasil yang berbeda silahkan pilih More Paper Size.

4. Atur ukuran kertas

Di sini saya akan mengatur ukuran kertas pada jenis F4, berhubung di word tidak tersedia, maka saya akan memasukkan ukurannya yang sudah saya tuliskan di atas, yaitu 21,59 cm untuk width dan 33,2 cm untuk height. Nah sebagai berikut :

mengatur ukuran kertas di word

Pada bagian yang saya beri tanda panah, itu menandakan bahwa ukuran kertas jenis F4 tidak ada pada ms word 2007, maka setelah memasukkan ukuran akan berganti Custom Size.
Dan setelah mengatur, silahkan klik OK, kemudian silahkan kamu ketik isi dokumen kamu pada lembar dokumen ms word. Jika kamu mempunyai dokumen yang lembar dokumennya jenis A4 dan kamu ganti F4, maka kamu harus mengkoreksi lagi dan mengeditnya.


~SELESAI~

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel