Cara Login Wifi Id di Laptop / HP dengan Mudah

Log in Wifi id - Belum tahu bagaimana cara menghubungkan wifi ketika di telkom atau di area wifi id? Nah di sini aku bagikan tutorialnya supaya sampean pada bisa.

Wifi id merupakan jaringan internet public nirkabel yang tersedia di Telkom atau tempat-tempat tertentu yang biasanya bekerja sama dengan Telkom. Seperti taman, alun-alun, cafe, dan sejenisnya.

Lalu apakah login wifi id gratis? Tentu saja secara umum tidak. Biasanya dengan membeli voucher, beli akun di luaran, menggunakan akun komunitas (jika tergabung komunitas yang bekerja sama dengan wifi id), dan masih banyak yang belum aku ketahui.

Cara Login Wifi Id

Untuk login wifi id baik menggunakan perangkat laptop maupun HP, sebenarnya langkah-langkahnya sama saja. Hanya saja tampilannya yang berbeda. Oleh karena itu silahkan disesuaikan saja.


Cara Login Wifi Id Menggunakan Voucher

Adapun langkah log in wifi id adalah sebagai berikut (di sini aku pakai laptop):
  1. Datang ke area wifi id
  2. Silahkan beli dulu vouchernya. Kalau di Telkom biasanya Satpam yang menjual (atau langsung tanya ke kantornya saja). Contoh voucher wifi id seperti di bawah ini 
    wifi id voucher
  3. Jika sudah terbeli silahkan gosok bagian password (kertasgosok) seperti di bawah ini 
    Cara Login Wifi Id di Laptop
  4. Aktifkan wifi pada perangkat dan sambungkan ke jaringan @wifi.id seperti di bawah ini 
    welcome wifi id
  5. Tunggu halaman login wifi id terbuka otomatis
  6. Home page wifi id seperti di bawah ini, silahkan masukkan username serta password yang ada di voucher pada kolom yang tersedia 
    landing page wifi id
  7. Jika sudah silahkan klik tombol LOGIN

Jika login berhasil wifi siap digunakan untuk berselancar di internet. Untuk username pada voucher isikan apa adanya (tidak usah ditambahi @violet).

Cara Mengatasi Welcome Page Wifi Id Tidak Terbuka Otomatis

Kadang saat menghubungkan wifi id aku menunggu lama untuk halaman home page terbuka otomatis, dan akhirnya tidak terbuka juga. Nah untuk mengatasi masalah login yang sama seperti itu, di bawah ini aku bagikan beberapa cara yang bisa dicoba.

1. Pancing dengan Membuka Halaman Lain

Sambungkan wifi ke jaringan @wifi.id seperti di atas. Kemudian silahkan buka browser lalu coba kunjungi halaman facebook (www.facebook.com). Nanti biasanya akan otomatis redirect/dialihkan ke halaman login wifi id. Silahkan login seperti di atas jika berhasil membuka halaman login.

2. Langsung Kunjungi Halaman Login Wifi Id

Caranya, sambungkan dulu jaringan wifi ke @wifi.id. Kemudian silahkan buka browser lalu salin dan tempelkan link berikut pada address bar browser https://welcome2.wifi.id/login/ dan tekan tombol Enter pada keyboard.

3. Restart Laptop/HP

Jika tetap tidak bisa, coba restart perangkat yang sampean pakai. Kemudian sambungkan seperti cara login wifi id di atas.

Masih belum bisa membuka halaman wifi id? Coba cara di artikel ini: Mengatasi Halaman Login Wifi Id Tidak Muncul

Cara Log Out Wifi Id

Di sini aku bertahukan kalau log out tidak perlu jika sudah menyambung wifi id. Jika sudah selesai menggunakan koneksi internet wifi id, tinggal matikan saja wifi pada laptop. Atau Disconnect jaringan @wifi.id jika ingin menyambung ke jaringan wifi lainnya.

FAQ Artikel Cara Login Wfi Id


Bagaimana cara mendapatkan username & password voucher wifi id?

Untuk voucher biasanya langsung beli di tempat area wifi id. Jika di Telkom, coba tanyakan satpamnya. Kalau di tempat lainnya, coba tanyakan ke penjual pada tempat tersebut. Misalnya jika di cafe, ya tanya pegawai cafe tersebut.

Atau beli paket melalui halaman wifi id via pulsa.

Cara lain mendapatkan username dan password bisa beli di luaran. Maksudnya di penjual lain seperti yang biasanya ada ditawarkan di sosial media dan sejenisnya (biasanya lebih murah). Namun aku tidak tahu akun yang dijual di luaran itu legal/ atau tidak.

Bagaimana cara wifi id gratis?

Dulu ada cara untuk free wifi id selama 15 menit kalau tidak salah. Namun kayaknya sekarang sudah tidak bisa. Jadi gimana pakai cara wifi id gratis? Sampean bisa dengan cara di bawah ini:
  • Cari voucher bekas orang di area wifi id
  • Pinjam akun teman
  • Mungkin ada juga trik/akun wifi id gratis yang dibagikan di luaran sana, namun tidak aku rekomendasikan jika sebenarnya memang tidak diperbolehkan

Berapa harga voucher wifi id?

Voucher wifi id seperti punyaku di atas harganya Rp6.000. Gak tau kalau di daerah sampean, mungkin berbeda atau tetap sama.

Berapa lama masa berlaku voucher wifi id?

Belum membuktikan sampai limit sih, tapi kalau aku tanya satpam yang menjual masa berlakunya katanya 12 jam.

Apakah voucher bisa digunakan untuk 2 perangkat?

Satu voucher username dan password hanya bisa digunakan untuk satu perangkat saja. Namun bisa digunakan bergantian dengan kata lain tetap satu perangkat yang menggunakan.

Jika ingin menggunakan di dua perangkat atau lebih, nyalakan saja hotspot pada perangkat yang menyambung wifi id tersebut.

Apakah harus di area hotspot wifi id?

Ya. Untuk bisa menggunakan akun wifi id sampean harus berada dalam jangkauan jaringan wifi id. Seperti yang aku sebutkan di atas, areanya seperti di Telkom, cafe, taman, dan sejenisnya.


Demikian artikel kali ini tentang tutorial cara login wifi id di laptop dengan mudah. Silahkan panduan di atas sesuaikan jika sampean menggunakan HP. Semoga artikel ini berguna....

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel