Cara Mengaktifkan Moderasi Komentar Disqus untuk Mencegah Komentar SPAM

Cara Mengaktifkan Moderasi Komentar Disqus - Setiap Blogger mempunyai alasan masing-masing untuk memasang jenis kolom komentar pada blog atau situs webnya. Seperti saya sendiri, dari blog yang menggunakan jenis komentar bawaan Blogger, kini saya memutuskan untuk mengganti jenis komentar pada blog menjadi Disqus.

Di artikel ini, saya bagikan panduan kepada Blogger yang menggunakan jenis komentar Disqus pada blognya, untuk cara mengaktifkan moderasi komentar pada Disqus. Dengan mengaktifkan moderasi komentar disqus ini nanti, maka jika ada yang berkomentar di blog anda harus di moderasi (mendapat persetujuan) terlebih dulu oleh anda sebagai moderator/admin blog. Dengan kata lain, komentar pengunjung tidak langsung di publikasi di blog anda.

Baca Nanti: Cara Menghapus Kolom Website pada Komentar WordPress

Baiklah, di bawah ini adalah panduan mengaktifkan moderasi komentar Disqus yang bisa anda ikuti jika ingin menerapkan pada blog anda.

Cara Mengaktifkan Moderasi Komentar Disqus

1. Langkah pertama silahkan menuju ke link berikut, dan login jika anda belum masuk ke akun Disqus anda. Link: disqus.com/admin/

2. Langkah selanjutnya silahkan klik Your Sites dan pilih situs anda yang ingin diberi moderasi pada komentarnya. Contohnya seperti gambar di bawah ini.

Cara Mengaktifkan Moderasi Komentar Disqus Supaya Tidak Langsung Approve

3. Berikutnya silahkan klik pada Moderate Comments seperti gambar di bawah ini.

cara mengaktifkan moderasi komentar disqus

4. Kemudian klik pada opsi Site configuration.

mengatur komentar disqus supaya memerlukan persetujuan moderator

5. Lalu pada bagian Pre-moderation, silahkan pilih opsi All - Moderators must approve all comments. Selanjutnya tinggal gulir ke bawah, kemudian klik tombol Save.

cara mudah moderasi komentar disqus

Pada tahap ini mengaktifkan moderasi komentar Disqus sudah selesai. Jika ada yang berkomentar di blog anda, maka nanti akan masuk ke email dan memerlukan persetujuan dari anda terlebih dahulu untuk dimoderasi sebelum komentar pengunjung tersebut dipublikasikan di blog anda.



Keuntungan Mengaktifkan Moderasi Komentar Disqus

Dengan mengaktifkan moderasi komentar Disqus, maka kita bisa mengetahui terlebih dahulu sebelum menyetujui komentar pengunjung, apakah komentar tersebut baik atau buruk. Komentar yang buruk biasanya seperti komentar SPAM, adult, dan komentar yang berupa link aktif dan tidak sesuai dengan pembahasan postingan artikel.

Jika anda mendapat komentar seperti itu, maka anda bisa langsung menghapus komentar atau memindahkan komentar ke folder SPAM. Mengaktifkan moderasi komentar Disqus ini sama dengan melakukan filter komentar secara manual.

Penutup Artikel "Cara Mengaktifkan Komentar Disqus"

Demikian postingan artikel tentang panduan mengaktifkan moderasi komentar Disqus ini, semoga berguna untuk anda Blogger yang menggunakan jenis kolom komentar Disqus pada blognya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mengaktifkan Moderasi Komentar Disqus untuk Mencegah Komentar SPAM"

Post a Comment

CENTANG BAGIAN KOTAK "Notify me" KETIKA HENDAK BERKOMENTAR

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel