Tips Gaya Hidup Sehat Profesi Blogger

tips gaya hidup sehat profesi blogger


Blogger untuk saat ini merupakan profesi yang terus meningkat dengan banyaknya jumlah yang ingin menjadi seorang Blogger atau Blogger baru. Meskipun alasan mereka menjadi Blogger sangat beragam, ada yang karena hobi, untuk menuangkan uneg-uneg atau cerita kehidupan, serta untuk mendapatkan penghasilan berupa uang dari jadi seorang Blogger. Dan mungkin masih banyak lagi alasan yang berbeda menjadi seorang Blogger.

Saya sendiri menekuni profesi Blogger semenjak tahun 2016 lalu. Alasan dan tujuan utamanya tak lain karena saya ingin sukses mendapatkan penghasilan jadi seorang Blogger. Disamping itu, saya bisa menulis cerita keseharian hidup saya dan berbagi informasi-informasi yang bermanfaat.

Meskipun profesi Blogger terlihat sepele, namun sangat susah sekali bagi saya untuk mendapatkan penghasilan berupa uang dari profesi jadi Blogger ini. Saya harus rela menghabiskan waktu dengan duduk berjam-jam di depan laptop dengan radiasi dari cahaya laptop yang dapat membahayakan kesehatan saya.

Sebagai penggiat lomba blog dan Publisher Google Adsense untuk mendapatkan penghasilan dari profesi Blogger, saya juga harus memusingkan kepala memikirkan ide-ide untuk membuat artikel sesuai ketentuan tema penyelenggara lomba blog. Serta saya harus mempelajari dan menerapkan teknik-teknik untuk menggait banyak visitor sebagai Publisher Google Adsense.

Mereka yang berprofesi sebagai Blogger, sebagian besar pasti mengalami apa yang saya alami. Terkait dengan kesehatan, biasanya seorang Blogger itu : lupa makan atau makan telat-telat, banyak nyemil, kurang gerak dan mata teralu fokus ke layar laptop sehingga dapat mengakibatkan gangguan kesehatan pada mata.

Oleh sebab itu, pada postingan ini saya membuat artikel tentang tips gaya hidup sehat untuk profesi Blogger supaya para Blogger-blogger tersebut juga mempedulikan kesehatannya disamping mengejar tujuannya sebagai Blogger. Untuk profesi lain yang kerjaannya hampir sama dengan profesi Blogger, yaitu berlama-lama duduk di depan laptop/komputer, ini juga berlaku untuk anda.

TIPS GAYA HIDUP SEHAT PROFESI BLOGGER ATAU PROFESI YANG BEKERJA DI DEPAN LAPTOP/KOMPUTER



1. MENJALANKAN POLA HIDUP SEHAT

Menjalankan pola hidup sehat seperti manusia pada umumnya merupakan tips pertama bagi seorang Blogger atau mereka yang bekerja lama-lama di depan laptop/komputer. Pola hidup sehat manusia pada umumnya adalah sebagai berikut :


Ada banyak jenis olahraga yang bisa dilakukan secara teratur, salah satunya bisa melakukan joging atau lari santai setiap pagi hari. Dengan olahraga kita ketahui dapat menghindarkan diri kita dari berbagai macam penyakit berbahaya. Salah satunya terhindar dari penyakit jantung.
Dengan melakukan olahraga secara teratur ini dapat meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh, karena salah satu peran olahraga yang membantu kinerja jantung memompa lebih cepat. Manfaatnya membuat jantung kita lebih sehat dan semakin kuat.


Menerapkan pola hidup sehat juga harus menerapkan pola makan yang sehat pula. Sebagian besar profesi Blogger saya yakini, pasti makannya telat-telat. Karena saya sendiri sudah pernah mengalami hal tersebut. Ini juga merupakan kebiasaan buruk profesi Blogger untuk kesehatan.
Nah pola makan sehat yang seharusnya diterapkan adalah sebagai berikut : (1) Makan teratur, (2) Makan makanan empat sehat lima sempurna, (3) Menghindari makanan yang membahayakan kesehatan.


Pada umumnya, anjuran minum air putih adalah 8 gelas dalam satu hari. Namun setelah saya mencari informasi terkait di Google, ternyata anjuran tersebut banyak faktor yang mempengaruhi. Maksudnya, 8 gelas sehari itu bukan patokan banyaknya minum air putih untuk menerapkan pola hidup sehat.

Faktor-faktor yang mempengaruhi dan menentukan seberapa banyak anda minum air putih dalam sehari adalah meliputi usia, berat badan, penyakit, dan iklim. Contoh sederhana seperti misalnya orang dalam kondisi normal dan ibu yang sedang hamil, maka mereka akan membutuhkan asupan cairan yang berbeda untuk tubuh.

Kemudian banyaknya minum air putih dalam sehari juga bisa ditentukan dari berat badan. Ada yang menganjurkan, per kilo gram berat badan membutuhkan asupan cairan sebanyak 30 ml. Jadi jika berat badan anda 50 kg, maka tinggal mengalikan per kilogramnya dengan 30 ml.

Lain lagi jika berhubungan dengan kondisi iklim. Jika dalam kondisi cuaca panas, maka tubuh akan lebih banyak membutuhkan asupan cairan.

Nah dalam hal ini, simpulan minum air putih dalam sehari untuk menjalani pola hidup sehat sebaiknya minum air putih secukupnya. Tidak kurang dan tidak lebih. Patokan yang menurut saya tepat, ketika tubuh merasa kekurangan asupan cairan, maka segeralah minum air putih secukupnya. Kemudian jika anda mengidap penyakit yang berhubungan dengan ginjal misalnya, maka berkonsultasilah kepada dokter. Biasanya akan diberikan anjuran berapa banyaknya minum air putih dalam sehari.


Istirahat yang cukup bukan hanya soal tidur. Berprofesi sebagai Blogger, ketika lelah memandangi dan duduk lama didepan laptop/komputer, lebih baik untuk menyudahi pekerjaan tersebut dengan istirahat terlebih dahulu. Selain itu, hindari juga kebiasaan buruk profesi Blogger yang suka begadang.
Kemudian untuk berapa lama jam idealnya orang tidur untuk menjalani pola hidup sehat, hal ini bisa ditentukan dari segi usia/umur. Jika anda berumur 25 tahun keatas, maka anjuran tidur sebanyak 7-8 jam. Lebih muda umur orang tersebut, maka lebih lama juga waktu yang harus digunakan untuk tidur.


Apakah penting mengonsumsi vitamin dalam kehidupan sehari-hari? Kita ketahui, vitamin untuk dikonsumsi sehari-hari biasanya adalah vitamin yang dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh supaya tidak mudah diserang bakteri dan sakit.
Selain itu, mengonsumsi vitamin biasanya juga perlu untuk memenuhi kebutuhan setiap individu orang tersebut. Biasanya tambahan konsumsi vitamin dianjurkan untuk usia anak-anak, lanjut usia, ibu yang sedang hamil dan kondisi medis orang tersebut. Serta masih banyak lagi tentunya kriteria orang yang harus mengonsumsi vitamin sesuai dengan kebutuhannya.


Nah itulah pola hidup sehat manusia pada umumnya yang perlu diterapkan bagi setiap orang. Termasuk mereka yang berprofesi sebagai Blogger.

Selanjutnya di bawah ini merupakan tips gaya hidup sehat profesi Blogger berdasarkan cara untuk mengatasi hal-hal buruk kebiasaan seorang Blogger dengan gaya hidup tidak sehatnya.

2. JANGAN BANYAK MINUM KOPI

Kopi memiliki sisi positif untuk seorang Blogger, beberapa sisi positif tersebut adalah kopi yang dapat menambah fokus pada mata dan membuatnya bertahan lebih lama dari rasa ngantuk. Dari banyaknya pecinta kopi penduduk di Indonesia, saya rasa, saya adalah salah satu dari orang-orang tersebut.

Meskipun saya tidak mengenal berbagai macam jenis kopi, namun ketika meminumnya, saya merasa menikmati dan menyukainya. Dulu, dalam sehari pun saya minum kopi pernah hingga lebih dari dua gelas dan tidak kenal aturan. Mungkin karena adanya Kafein yang terdapat pada kopi, yang membuat saya kecanduan.

Hingga pada waktu itu guru saya memberi anjuran minum kopi yang baik adalah satu gelas dalam dua hari serta adanya bukti nyata teman ayah saya yang mendapati operasi pada lambungnya yang tersumbat oleh ampas kopi. Membuat saya mencari informasi di Google mengenai akibat minum kopi dan meninggalkan kebiasaan buruk banyak-banyak minum kopi tersebut.

akibat terlalu banyak minum kopi

3. JANGAN TERLALU LAMA FOKUS PADA LAYAR LAPTOP DAN HINDARI PENCERAHAN TINGGI PADA LAYAR, SEDANGKAN PENCERAHAN SEKELILING ANDA REDUP

Saya pernah melihat update status teman di Facebook berupa foto tempat kerjanya sebagai Blogger. Sekeliling ruangan gelap, sedangkan laptop menyala dengan cahaya terang. Sebelumnya saya berfikir, apakah teman saya ini sok-sok an gaya seperti Hacker. Namun setelah saya tanya, katanya hal tersebut dapat menambah fokus pada layar laptop tanpa gangguan sekelilingnya.

Tak puas dengan jawabanya, saya pun mencoba mempraktekkan. Ternyata benar! Namun dengan mempraktekkan hal tersebut, mata saya cepat lelah dan kepala pusing (mungkin karena tidak terbiasa).

anjuran menggunakan laptop untuk mata

Anjuran yang baik mengoperasikan laptop/komputer untuk menjaga kesehatan mata, antara lain adalah sebagai berikut :

  1. Jangan terlalu lama fokus (istilah bahasa Jawanya sepaneng). Per 30 menit atau ketika mata lelah, fokuskan mata ke lingkungan sekitar yang berwarna adem (Mis : biru tua/hijau tua). Dan jangan lupa untuk mengedipkan mata dalam waktu singkat.
  2. Gunakan pencerahan rendah pada laptop/komputer, namun tidak menyulitkan untuk dibaca. Serta pencahayaan di lingkungan sekitar yang terang.
  3. Jarak antara layar laptop/komputer dengan mata, idealnya 50 sampai 100 cm.
  4. Gunakan kacamata anti radiasi untuk melindungi mata dari radiasi laptop/komputer.

4. ANJURAN DUDUK UNTUK BLOGGER

Dulu, sering kali sebagai Blogger, saya mendapati sakit pinggang yang disebabkan karena duduk dengan waktu yang lama dan salah dalam tata cara duduk yang benar.

anjuran duduk untuk blogger

Dulu, saya sering kali duduk membungkuk. Padahal anjuran duduk yang benar adalah duduk dengan tegap. Mungkin kalau tidak terbiasa dengan duduk tegap, mulanya akan merasa lelah dan kembali membungkuk. Namun setelah terbiasa, maka manfaatnya punggung tidak mudah sakit dan menghindari resiko bungkuk pada tulang belakang.

Kemudian pada segi kursi juga berpengaruh. Kursi yang memiliki sandaran dan kursi yang memiliki bantalan akan mengurangi rasa lelah ketika duduk dengan waktu yang lama.

Khususnya untuk Blogger perempuan, kebiasaan gaya hidup duduk dengan waktu yang lama ini juga merupakan pemicu kegemukan. Oleh sebab itu, anda juga harus mengurangi waktu duduk yang lama. Misalnya dengan jalan-jalan atau berbaring sebentar di sela-sela lelah ketika duduk berjam-jam.

5. JANGAN BANYAK MENGONSUMSI MAKANAN RINGAN BERKALORI TINGGI

Pasangan yang pas, ketika menjalankan gaya hidup profesi Blogger dengan waktu duduk yang lama adalah sambil mengonsumsi makanan ringan (camilan). Dan kebanyakan adalah makanan ringan berkalori tinggi seperti misalnya gorengan, keripik kentang ataupun keripik ketela.

Makanan ringan berkalori tinggi tersebut juga merupakan salah satu pemicu kegemukan. Oleh sebab itu, anjuran untuk tidak banyak mengonsumsi makanan ringan berkalori tinggi ini sangat cocok untuk Blogger perempuan yang mana memiliki tubuh langsing adalah suatu keharusan menurut kebanyakan perempuan. Begitupula dengan beberapa penyakit berbahaya yang diakibatkan karena kegemukan.

Nah untuk mengatasi hal tersebut, untuk Blogger perempuan yang sedang menjalankan program diet atau mereka yang tidak ingin mendapati kegemukan, supaya dapat terus mengonsumsi makanan ringan tanpa adanya resiko kegemukan, solusinya adalah dengan mengonsumsi makanan diet.


Ketika anda mengunjungi situs Gorry Gourmet di www.gorrygourmet.com, maka anda akan melihat tampilan dari foto-foto makanan dan minuman yang lezat dan menggoda. Tak hanya itu! Makanan dan minuman yang ada juga diolah dengan komposisi yang berbeda dari lainnya. Oleh karena itu, Gorry Gourmet dikenal dengan catering makanan sehat dan catering yang cocok untuk anda perempuan yang sedang menjalani program diet untuk menurunkan berat badan.

Minuman dan makanan sehat di Gorry Gourmet

Sepintas, terlihat makanan-makanan atau camilan di atas memiliki kalori yang tinggi dan pemicu kegemukan. Namun karena diolah atau dirancang khusus untuk memenuhi program diet dan makanan sehat, makanan-makanan di atas memiliki rendah kalori. Perhatikan KCAL / SERVING di bawah label harga.

Gorry Gourmet ini juga merupakan catering online yang bisa dipesan melalui situs Gorry Gourmet. Adapun paket berlangganan catering di Gorry Gourmet adalah sebagai berikut :

paket berlangganan gorry gourmet

Dari paket berlangganan Gorry Gourmet di atas terlihat kalau Gorry Gourmet tidak hanya melayani pelanggan atau pemesanan untuk kebutuhan program diet saja, melainkan juga untuk program menaikan massa otot serta kebutuhan khusus lainnya (seperti autisme) dan telah menangani lima ribu lebih kebutuhan khusus lainnya.

Kemudian pada paket berlangganan GORRY PETITE juga menunjukan kalau Gorry Gourmet tidak hanya untuk orang dewasa saja. Namun juga menyajikan menu sehat untuk anak usia 2 - 5 tahun yang telah dirancang khusus untuk meningkatkan kecerdasan dan daya tahan tubuh anak.

Tidak usah ragu dan khawatir dengan kelebihan-kelebihan yang diberikan oleh Gorry Gourmet. Karena makanan dan minuman di Gorry Gourmet telah dibuat oleh chef profesional berkelas internasional, serta seluruh bahan hingga pembuatan menunya pun telah divalidasi oleh dokter yang berpengalaman.

Dan di bawah ini adalah testimoni mereka yang telah berlangganan catering di Gorry Gourmet :

testimonial gorry gourmet

Gorry Gourmet merupakan Catering Diet Jakarta yang setiap harinya (Senin-Sabtu) melakukan pengiriman paket program harian sesuai program kebutuhan paket berlangganan anda, ke seluruh area Jakarta.

CAKUPAN DAERAH DELIVERY JAKARTA?

Ketika rutinitas anda yang padat dengan banyaknya pekerjaan maupun deadline yang menumpuk, sehingga membuat anda tidak sempat belanja serta membuat makanan atau minuman yang sehat. Gorry Gourmet catering online Jakarta adalah solusinya. Dengan menggunakan layanan catering Gorry Gourmet, maka anda akan mendapatkan makanan dengan menu sehat dan nutrisi yang seimbang. Serta kelebihan lainnya adalah untuk memenuhi kebutuhan khusus anda, seperti program diet, untuk menaikkan massa otot, dan lain-lain.

PESAN MENU PAKET BERLANGGANAN GORRY GOURMET ANDA MELALUI CATERING ONLINE GORRY GOURMET DI WWW.GORRYGOURMET.COM

Pemesanan menu Gorry Gourmet buka setiap hari Senin - Jumat, mulai pukul 08.00 - 16.00. Dan pesanan dapat dikirimkan setiap hari Senin - Sabtu. Gorry Gourmet juga melayani Express Delivery dan pemesanan hari sekarang untuk dikirim besoknya.

INSTAL GORRY APPS DI SMARTPHONE ANDA
"DAPATKAN SOLUSI KESEHATAN DAN KEMUDAHAN MENGGUNAKAN LAYANAN GORRY GOURMET"




GORRY GOURMET
Graha Inovasi, Jalan Panjang No 28,
Unit A-B
Kebon Jeruk - Jakarta Barat
Call: (021) 29501248
WhatsApp: +62812 8513 0917

DAPATKAN INFORMASI TERBARU BLOG INI

6 Responses to "Tips Gaya Hidup Sehat Profesi Blogger"

  1. Karena sering menulis artikel,jadwal tidur saya jadi berantakan gan,selalu tidur diatas jam 1 padahal ada kuliah pagi,dan efeknya di kelas jadi mengantuk,ada solusi gan gak manage waktu antara ngeblog sm tidur

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menulis artikel (ngeblog) sebenarnya nggak harus maksain begadang gan. Mungkin siang hari atau nggak sampai malem-malem kalau ada waktu senggang bisa dimanfaatin utk nulis artikel, meskipun cuman satu dalam sehari kan gak masalah. Nah nanti kalau ada waktu senggang banyak atau pas lagi libur kuliah, bisa nulis artikel lebih dari satu dan di draft dulu. Setiap hari cukup satu postingan aja, hehehe. Jadi kalau sibuk banget tinggal nyempetin posting yang di draft dan nggak harus maksain begadang. ^_^

      Delete
  2. Makanan yang di ada di gorrygourmet walaupun kelihanya seperti berlemak, tapi takarannya pas, jadi gak bikin gemuk bagi yang memakanya. Kangamir dot kom

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget kang Amir. Itulah salah satu kelebihan Gorry Gourmet yang membedakan dari catering-catering lainnya. Recommended ya kang Amir, hehehe. :D

      Delete
  3. Lengkap sekali penjelasannya. Kalau saya nulis sering banget begadang, dan pasti tidak lepas dari yang namanya ngemil. Ngemilnya juga harus yang manis-manis biar otak lancar. Hahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih mas. Kebiasaan buruk Blogger emang gitu ya, suka begadang hahaha. BTW kalau soal ngemil yang manis-manis emang semua itu ada dampak positif negatifnya sih. Jadi jangan banyak-banyak mas, saya sendiri sebenarnya juga suka yang manis-manis, hahaha.

      Delete

Mau komentar? Komentarnya di bawah sini....
Aku sangat senang kalau sampeyan komentarnya yang Relevan, Jelas, dan Santun.

AKU TUNGGU YA, KOMENTARNYA!
Jangan lupa centang bagian kotak "Notify me" supaya mendapat pemberitahuan kalau ada balasan untuk komentar sampeyan.

(NB : komentar spam (link) tidak akan disetujui)

Donasi pulsa di nomor : 089680753802 (SMS tidak akan dibalas)