Barangsiapa berbuat kebaikan, baginya mendapat balasan sepuluh kali lipat amalnya. Dan barangsiapa berbuat kejahatan, maka dibalas seimbang dengan kejahatannya. (Q.S. Al-An'am ayat 160)

Visitor Blog Menurun?

mengapa visitor blog menurun
Pembuka

Aku sedang mengalami keresahan, karena blogku visitornya menurun drastis. Tapi bukan blog Nanda Hero, soalnya blog ini baru. Postingannya saja baru ada tiga. Blog yang mengalami penurunan drastis adalah blog yang satunya, kalau sampeyan kepingin lihat, sampeyan bisa mengunjungi www.nganjukblog.blogspot.com.

Nama atau judul blognya Nganjuk Blog, dibuat tahun lalu. Umurnya sudah hampir setahun, tapi visitornya masih sedikit. Kemarin cuman mendapat 66 visitor dan 81 page views berdasarkan penghitungan Histats.

visitor blog menurun
Screenshot Histats 20 Maret 2017

Mulanya visitor udah lumayan, sudah sekitar 200 visitor berdasarkan histats dan penayangan di Blogspot sekitar 2000 lebih penayangan, sudah sedikit demi sedikit menghasilkan receh dari iklan yang aku pasang pada blog tersebut.

Lalu kenapa kok bisa blogku visitornya menurun drastis?

Yuk sampeyan baca kesimpulan yang aku kira dan yang telah aku simpulkan.

Kesimpulan Visitor Blog Menurun


Yang pertama aku pikirkan kenapa blogku ini visitornya menurun adalah dengan mengecek satu artikel yang berperan penting dalam blog ini. Satu artikel ini mendapat banyak sekali penayangan, mungkin selain artikelnya memang menarik, postingannya juga berada di halaman pertama Google.

Namun setelah aku cek di pencarian Google, ternyata memang benar postingan hilang dari pencarian Google. Aku tidak tau juga ini kenapa, apakah istilah Deindex atau Google Sandbox yang pasti aku kurang tau dengan istilah-istilah tersebut.

Terus kemudian aku juga kepikiran kalau aku pernah dibilangin sama teman. Katanya kalau buat blog dari web 2.0 (seperti blogspot, wordpress.com dan lain-lain), itu kalau visitor banyak ya bisa gitu deindex dan lain-lain. Soalnya temanku pernah ngalamin, katanya visitor 10 ribuan malah kena banned.

Tapi kalau masalah seperti itu mungkin menurut saya beda-beda penyebabnya.

penayangan postingan yang banyak

Nah kalau di atas merupakan gambar penayangan postingan. Yang hilang dari pencarian Google itu yang cara mendapatkan kuota gratis tri aon, yang lainnya belum tak lihatin.

Mungkin penyebab lainnya visitor blogku turun juga karena aku sudah jarang ngurusin blog itu, misalnya jarang bikin artikel, jarang blogwalking dan jarang share artikel, bahkan hampir sudah tidak pernah. Padahal blog itu merupakan blog yang paling banyak mendatangkan visitor ketimbang blog ku yang ini dan yang lainnya.

Tapi tidak masalah, dengan ini aku lebih tabah dan sabar dan juga di ambang keputusasaan, hahaha. Karena jujur, aku bikin blog juga pingin banget bisa hasilin uang kayak mastah-mastah yang sering pamer screenshots penghasilannya di Facebook.

Namun dengan kejadian visitor blog menurun ini, aku juga mau bagaimana caranya aku bisa bangkitin lagi visitor blog tersebut. Sampeyan baca ya bagaimana aku mau ningkatin lagi visitor blogku, cara ini juga sering aku lakukan buat naikin posisi postingan di halaman pertama Google.

Mengatasi Visitor Blog Menurun


Ini cara yang aku gunakan, meskipun visitornya belum naik lagi. Toh caranya belum semua aku lakukan.

1. Backlink Web 2.0 dan Generator


Yang sudah aku lakukan adalah bikin backlink web 2.0 blogspot. Aku mempunyai banyak blog dari blogspot, dari pembuatan tahun 2013, 2015, 2016 dan 2017. Tapi cuman baru beberapa yang aku taruh link menuju blog Nganjuk Blog. Selain itu, aku juga punya blog dari wordpress.com yang akan aku gunakan.

Backlink lainnya adalah backlink generator. Singkatnya, backlink ini adalah backlink otomatis. Cuman kalau sampeyan mau kasih backlink generator, sampeyan jangan keseringan kasih, soalnya backlink ini merupakan backlink dalam kategori kurang baik. Yang aman bikin backlink manual, seperti backlink web 2.0 tersebut.

Oh ya, sampai tulisan ini aku baru inget kalau pertama yang aku lakukan adalah submit ulang postingan artikel blogku yang hilang dari pencarian Google. Aku biasa submitnya di https://www.google.com/webmasters/tools/submit-url dan juga ping postingan di http://blogsearch.google.com/ping.

2. Blogwalking dan Share Postingan


Kalau sampeyan Blogger, pasti sudah tau istilah blogwalking. Nah, dulu aku sering buat blogwalking ini untuk naikin posisi artikel blogku di pencarian Google. Seiring berjalannya waktu, kayaknya blogwalking ini terbukti khasiatnya, hehehe.

Cuman aku belum lakukan blogwalking untuk pulihin vblog yang visitornya menurun, soalnya browser yang aku pakai gak bisa buat ngasih komentar di blog. Gak tau juga errornya kenapa, soalnya kalau tak tekan tombol Publish di komentar blogspot, itu komentarnya gak kepublish ataupun kekirim untuk di moderasi. Tapi kalau komentar ke blog wordpress atau self host itu bisa.

Kemudian aku dulu juga sering nyepam share artikel di media sosial, akhir-akhir ini aku jadi jarang banget, kalau share mungkin ya postingan artikel yang diikutkan lomba blog, soalnya buat memenuhi syarat dan ketentuan. Aku sekarang lebih ke pemburu hadiah lomba blog daripada visitor blog, hahaha, jadinya ya kayak gini.

Penutup

Nah, mungkin cuman itu sih yang akan aku lakukan buat naikin lagi visitor blog. Mungkin cara lainnya dengan memperbanyak lagi jumlah postingan dan melakukannya dengan tekun. Jujur sampai saat ini saya masih malesan, ngantukan tapi ada juga waktunya bersemangat, hahaha.

Nanti kalau blogku Nganjuk Blog visitornya sudah meningkat, aku akan coba buat postingan artikel cerita lagi di blog Nanda Hero. Semoga aku dan sampeyan bisa ambil hikmah dari artikel ini, sampai jumpa.

DAPATKAN INFORMASI TERBARU BLOG INI

1 Response to "Visitor Blog Menurun?"

  1. Itu juga sering saya alami gan karena saat merubah domain, itu backlink nya gak spam kan

    ReplyDelete

Mau komentar? Komentarnya di bawah sini....
Aku sangat senang kalau sampeyan komentarnya yang Relevan, Jelas, dan Santun.

AKU TUNGGU YA, KOMENTARNYA!
Jangan lupa centang bagian kotak "Notify me" supaya mendapat pemberitahuan kalau ada balasan untuk komentar sampeyan.

(NB : komentar spam (link) tidak akan disetujui)

Donasi pulsa di nomor : 089680753802 (SMS tidak akan dibalas)