Masuk Hari Pertama di Universitas Terbuka UPBJJ Malang POKJAR Nganjuk [Semester 2]

Masuk Hari Pertama di Universitas Terbuka UPBJJ Malang POKJAR Nganjuk Semester 2
Pembuka

Kemarin pas tanggal 2 April 2017, diriku mulai masuk kuliah setelah sekitar empat bulanan lebih libur semester. Empat bulan libur semester, tentu sangat membosankan bagiku. Soalnya aku menjalani liburan tersebut tidak seperti yang diriku bayangkan. Aku menginginkan, liburan semester tersebut diriku ini bisa mendapatkan pekerjaan yang cocok supaya bisa bayar semester kuliah buat beli jajan.

Namun keinginan tersebut tak dapat kucapai, melainkan sudah sempat bekerja, eh ternyata jadi sales. Jadi sales sih gak papa, cuman kalau sales tersebut benar-benar kerjanya. Kalau bohongin orang-orang, ya mending pilih keluarnya aku. Akhirnya cuman selama tiga mingguan diriku kerja sebagai sales. Gak untung, malah rugi.

Oh ya, sebelumnya diriku juga sudah nglamar kerja sebagai taknisi AC. Cuman ya gak ketrima. Yang satunya naruh lamaran sebagai Cleaning Service di Bank Jatim, tapi juga belum kepanggil sampai saat ini.

Setelah bekerja sebagai sales tersebut, diriku mencoba cari-cari lowongan pekerjaan di grup Facebook "Info Lowongan Kerja Nganjuk". Kebanyakan yang posting cuman lowongan sales dan bisnis MLM. Ada yang cocok, tapi tidak bisa disambi kuliah. Ini yang bikin diriku males tengok-tengok grup facebook tersebut.

Kemudian kuputuskan sampai masuk kuliah pertama di semester 2 ini, diriku masih NGANGGUR dan sambil menekuni nulis-nulis di Blog. Alhamdulillah ada rejekinya juga meskipun gak setara gaji UMR karyawan.

Tentang Universitas Terbuka UPBJJ Malang POKJAR Nganjuk


Berhubung postingan ini merupakan postingan pertama mengenai universitas terbuka, jadi ada sedikit yang akan diriku sampaikan atau istilahnya me-review sedikit tentang Universitas Terbuka UPBJJ Malang POKJAR Nganjuk. Siapa tahu sampeyan atau saudara sampeyan kepingin kuliah di Universitas Terbuka dan menjadi adik kelas dari diriku yang lumayan ganteng ini, hehehe.

Universitas Terbuka ini merupakan salah satu perguruan tinggi negeri, yang menerapkan sistem belajar terbuka dan jarak jauh (UPBJJ). Berdasarkan Wikipedia sih, perguruan tinggi negeri (PTN) ini merupakan perguruan tinggi negeri yang ke-45 di Indonesia. Jadi, kalau sampeyan lulus kuliah dari Universitas Terbuka ini, sampeyan punya ijazah negeri.

Kemudian mengenai UPBJJ Malang POKJAR Nganjuk. Yang diriku ketahui, cabang (UPBJJ) Universitas Terbuka (UT) ini sudah menyebar ke berbagai kota di Indonesia, seperti halnya UPBJJ di Malang. Kalau pusatnya sendiri ada di Tangerang "kalau tidak salah".

Sedangkan kalau POKJAR Nganjuk adalah kelompok belajar (POKJAR) yang ada di Nganjuk. Kalau diriku menafsirkan sendiri, pokjar itu seperti sub cabang.

Di Nganjuk ada dua kantor pokjar, yang pertama pokjar pimpinan Pak Marjo dan yang satunya lagi UT Dinas. Kalau diriku registrasi dari pokjarnya Pak Marjo, soalnya yang diriku ketahui pertama ya di situ, bahkan aku dulu pas SMK PSGnya di kantor pokjar tersebut.

Kantor pokjarnya ada di jalan Mastrip, Nganjuk. Sedangkan kalau tempat belajarnya (kampusnya) ada di SMPN 1 Loceret Nganjuk.

Selanjutnya sampeyan bisa cari tahu lebih detail mengenai informasi Universitas Terbuka di Google.

Masuk Hari Pertama Semester 2 Universitas Terbuka


Tanggal 2 April 2017 aku berangkat barengan sama temanku, namanya Andi Ilham panggilannya Huda. Kebetulan jadwal masuk kita sama, masuk jam 8 pagi sampai pulang jam 3 sore. Huda sudah semester 3, soalnya duluan dirinya sewaktu masuk kuliah. Aku setahun kerja dulu.

Nyiapin Jadwal!

Di Universitas Terbuka ini, kalau sampeyan menjadi Mahasiswanya, maka sampeyan akan dibekali modul bentuk buku dan kepingan kaset CD (Compact Disk).

Modul semester 2 universitas terbuka upbjj malang pokjar nganjuk

Disebutnya modul tersebut adalah sebagai TUTOR.

Di semester 2 ada lima modul buku dan beberapa cd yang diberikan kalau sudah bayar registrasi. Modul-modul tersebut judulnya adalah sebagai berikut :

  1. Pendidikan Seni di SD
  2. Pendidikan Anak di SD
  3. Perspektif Global
  4. Pengantar Pendidikan
  5. Perkembangan Peserta Didik


Dalam semester 2 ini yang ditutorkan oleh manusia (sebut saja dosen) adalah pendidikan seni di sd, pendidikan anak dan perspekti global. Lho kok pendidikan SD? Ya! Soalnya diriku ini ambil jurusan PGSD (Pendidikan Guru Sekolah Dasar). Jadi bisa disebut calon Pak Guru, aamiin.

Semester 2 kali ini cuman masuk pas hari minggu saja, kalau semester 1 yang lalu itu hari sabtu dan minggu. Jadi di hari minggu tersebut, ketiga modul yang diajarkan tersebut adalah jadwalnya.

Berangkat!

Dari jadwal masuk jam 8 pagi, diriku sama Huda berangkat dari rumah jam 8 lebih. Aku dijemput Huda Hampir jam 8, kemudian Huda masih menunggu diriku yang masih sibuk mencari kasut. Jadinya berangkat dari rumahku jam 8 lebih, mengendarai sepeda motor yang aku sebagai pengemudinya. Sedangkan Huda tak bonceng.

Sampai di tengah perjalanan Huda suruh aku mampir ke BCA, soalnya Huda mau ngambil uang di ATM buat saku kuliahnya.

Kemudian lanjut perjalanan dengan lumayan ngebut. Hingga sampai di smpn 1 loceret sudah jam setengah 9 an, jadinya ya telat. Jadi keinget, kalau hal-hal seperti ini sering tak lakuin sama Huda dan temanku satunya Rohadi pas waktu SMK dulu. Berangkat keseringan telat, hahaha.

Mencari Kelas!

Kemudian setelahnya memparkir motor, aku sama Huda cari kelas masing-masing. Baru sebentar perjalanan, Huda sudah ketemu sama temannya, jadinya aku ditinggal sendiri.

Kemudian aku muter-muter sendiri buat cari kelasku, lumayan bolak-balik sampai akhirnya ketemu. Ternyata kelasku bersebelahan sama kelasnya Huda, dan Huda sendiri juga sudah BBM diriku kalau kelasku ada di kulon kelasnya. Cuman BBM ku gak aktif waktu itu.

Setelah ketemu, masuklah diriku dengan mengucap salam dan memberi jabat tangan kepada Tutor (dosen) yang sudah lumayan lama pelajaran pertama berlangsung. Kemudian diriku duduk di bangku paling depan, pas depannya Tutor. Sendirian lagi, hadeeh tapi gakpapa lah, ada semangatnya di hari pertama masuk kuliah.

Mata Kuliah Pertama!

Di mata kuliah pertama adalah Pendidikan Anak di SD. Dalam mata kuliah ini diberitahukan tentan kedepannya apa saja yang akan ditutorkan, namun diriku sudah ketinggalan karena telat masuk tadi. Jadi ya, kurang mengerti.

Hanya saja di mata kuliah pertama ini sudah dibentuk kelompok buat ngerjain tugas kelompok minggu depan. Kebetulan absenku pertama dan menjadi kelomok pertama, jadi minggu depan aku harus siap presentasi bersama kawanan kelompokku. Ada 5 anggota termasuk diriku.

Wah baru-baru sudah dapat tugas, padahal otak belum siap buat ngerjain hahaha, kataku sama huda sewaktu perjalanan pulang.

Mata Kuliah Kedua!

Di mata kuliah Kedua adalah Perspektif Global. Tidak beda jauh dengan mata kuliah pertama, mata kuliah kedua juga sudah dibekali tugas kelompok untuk presentasi. Cuman kalau yang ini aku menjadi kelompok ke 6 (kelompok terakhir), karena urutannya dibalik.

Mata Kuliah Ketiga!

Mata kuliah ketiga adalah Pendidikan Seni di SD, dimulai jam 1 siang setelah satu jam istirahat. Sewaktu mata kuliah ketiga dimulai, ada yang menarik dengan tutor pendidikan seni ini. Yaitu dengan cara mengajarnya yang berbeda. Energik dan banyak ceritanya, ceritanya juga seru dan beberapa bisa dibuat inspirasi atau motivasi. Ada juga yang lucu dan banyak bikin teman-teman satu kelas ketawa.

Dan yang lebih mengasyikannya lagi, tidak ada tugas dari mata kuliah ketiga di hari masuk pertama ini. Hanya saja diriku yang sebagai kepala suku disuruh buat grup WhatsApp dan disuruh memasukkan whatsapp tutor dalam grup tersebut.

Pulang!

Setelah mata kuliah ketiga selesai, diriku keluar kelas jam 3 lebih. Soalnya saking asyiknya mata kuliah ketiga, sampai-sampai tutor lupa memberi absensi, hahaha.

Aku sudah ditunggu Huda di dekat parkiran dan siap untuk pulang. Pulang dalam keadaan sore yang mendung, sampai tengah perjalanan turunlah hujan. Aku dan Huda berhenti minggir untuk pakai mantel, untung Huda bawa mantel batman, kemudian yang tak pakai karena aku yang bonceng.

Berangkat ngebutt, pulangnya santai. Sampai di rumah hampir jam 4 sore, dan kemudian aku sholat ashar dan setelahnya aku tidur sampai menjelang maghrib. Jadi waktu itu aku tidak mandi sore, hahaha. Saking capeknya.

Foto-foto!

Pas masuk hari pertama di semester 2 ini aku tidak sempat kepikiran untuk foto-foto suasana masuk hari pertama dalam kelas. Untungnya salah satu temanku yang nama panggilannya Brensko memfotonya menggunakan HP ku.

Suasana kelas masuk hari pertama universitas terbuka pokjar nganjuk 1

Suasana kelas masuk hari pertama universitas terbuka pokjar nganjuk 2

Suasana kelas masuk hari pertama universitas terbuka pokjar nganjuk 3

Suasana kelas masuk hari pertama universitas terbuka pokjar nganjuk 4

Suasana kelas masuk hari pertama universitas terbuka pokjar nganjuk 5

Penutup

Nah itulah cerita hari pertama masuk kuliah di semester 2. Setelah sekian lama liburan, kini berjumpa lagi kepada teman-teman setiap hari minggu. Sungguh senang dan mengasyikan karena ada beberapa teman yang kurindukan, hahaha.

Yang kurang asyiknya karena ada tugas, hahaha. Toh kalau maju ke depan bagian tubuhku suka ada yang gemeteran, padahal ambil jurusan calon guru, hmm.

Nah itulah ceritaku masuk hari pertama di semester 2. Semoga ceritanya menginspirasi dan menyenagkan untuk dibaca. Sampai Jumpa!

DAPATKAN INFORMASI TERBARU BLOG INI

2 Responses to "Masuk Hari Pertama di Universitas Terbuka UPBJJ Malang POKJAR Nganjuk [Semester 2]"

  1. mas ini tempatnya yg deket rel kereta bkn ? deket ke alun2 nganjuk kan ?
    kebetulan saya siswa baru di UT, jurusan inggris dan penerjemahan , mohon bantuannya mas
    mas ngambil jurusan apa ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Jl Mastrip. Aku jurusan PGSD mas.

      Delete

Mau komentar? Komentarnya di bawah sini....
Aku sangat senang kalau sampeyan komentarnya yang Relevan, Jelas, dan Santun.

AKU TUNGGU YA, KOMENTARNYA!
Jangan lupa centang bagian kotak "Notify me" supaya mendapat pemberitahuan kalau ada balasan untuk komentar sampeyan.

(NB : komentar spam (link) tidak akan disetujui)

Donasi pulsa di nomor : 089680753802 (SMS tidak akan dibalas)