Mancing Ikan di Nganjuk Malah Dapat Ginian!

mancing ikan
Pembuka

Hari ini tanggal 7 April 2017, merupakan hari dalam suasana yang enak, meskipun banyak tugas kuliah yang belum diriku kerjakan. Hari ini harinya jum'at, "Jum'at Berkah" kata banyak status media sosial yang dibuat orang-orang.

Sebelumnya aku mau minta maaf sebab judul yang memang dibuat agar yang baca judulnya jadi penasaran, beserta pula dengan gambar yang ada di atas.

Sesungguhnya diriku cuman mau menceritakan tentang "mancing ikan" di sore hari dalam suasana yang enak, menyejukan dan mengasyikan. Aku mencoba menceritakan dengan semenarik mungkin, jadi seenggaknya sampeyan harus baca, hahaha.

Mancing Ikan di Sore Hari


Sebagai laki-laki muslim, sudah diwajibkan untuk menunaikan ibadah sholat jum'at di hari jum'at. Ja 12 siang lebih, diriku berangkat dari rumah menuju masjid paling dekat di kampungku. Setibanya di masjid, sholat sunnah jum'at sudah berlangsung. Diriku tidak menunaikan sholat sunnah tersebut.

Berangkat jum'atan dalam kondisi suasana mendung, sesampai di masjid pas jum'atan turunlah hujan. Untung setelah usai sholat jum'at hujan mulai reda. Hanya tertinggal sisa-sisa rintik dari hujan (gerimis).

Suasana yang Enak!

Sepulang jum'atan, suasana masih mendung. Cuman enak aja suasananya, mendung campur sinar cahaya matahari. Suasananya seperti membangkitkan tumbuhan-tumbuhan yang telah terbasuhi air hujan, hahaha.

mancing ikan suasana mendung

suasana mendung yang enak buat mancing ikan

Sayangnya HPku kameranya kurang sipp, jadi hasil fotonya ya asal kayak gitu.

Ada Orang Mancing!

Ketika berangkat jum'atan, aku jumpa temanku waktu smp dulu. Dirinya sedang mancing, aku cuman sekedar tegur sapa saja.

Kemudian pas sudah pulang jum'atan, aku berniat untuk melihat orang-orang mancing. Karena suasana yang enak tadi yang menggerakkan niatku. Jam 2 siang, tapi suasananya mendung dan adem.

Berhubung tempat mancingnya di depan rumah, jadi ya berangkat jalan kaki. Tempat mancing ikan di seberang jalan raya, rumahku seberang utara sedangkan tempan mancing seberang selatan jalan raya.

tempat mancing ikan potret arah timur
Tempat mancing ikan potret arah timur
tempat mancing ikan potret arah barat
Tempat mancing ikan potret arah barat

Apakah ini mancing ikan di sungai? Bukan, ini merupakan sawah yang kebanyakan air. Jadinya kayak di sungai, istilahnya sudah jadi blombangan.

Dari gambar tersebut tidak terlihat adanya orang yang mancing, karena yang mancing ada di ujung kulon dan ujung timur tempat mancing ikan, jadi ya gak kelihatan di foto.

Kemudian aku menuju ke bagian timur untuk mendekati dan melihat orang-orang sedang mancing. Cuman aku gak foto langsung ke arah pemancingnya, soalnya gak kenal kok fota foto, nanti dikira wartawan, hahaha. Nyatanya cuman Blogger abal-abal, pffttt. Berikut fotonya.

mancing ikan di tempat bagian timur

Orang yang aku dekati dan aku tanyai ini belum dapet ikat, pasalnya dirinya baru datang dan mancing menggunakan umpan pur (pakan ikan).

Kemudian diriku lanjut jalan ke arah timur lagi mendekati pemancing lainnya, namun gak tahu dapat atau tidak, jawabnya tidak jelas sampai ke telingaku. Aku ke timur sambil lihat-lihat sawah, ternyata banyak cabekan ikan (ikan muncul kepermukaan air). Cabekan ikan yang kulihat seperti ikan kocolan (gabus), ikan mujair, spat, betik, pembersih kaca dan wader jatul.

Setelah melihat-lihat diriku beranjak pulang, seperjalanan ada juga sepasang kekasih (pikirku) yang berhenti untuk cari suasana romantis (mungkin, hahaha). Cuman aku gak mau foto orang dua-dua an, sungkan.

Pasalnya "mancing ikan" di tempat ini lumayan enak, tempat tidak krusukan (rimbun), nyamuk juga gak ada. Toh kalau sampeyan mancing di tempat ini, sampeyan bisa mancing sambil menikmati pemandangan sepur (kereta api) lewat.

Oh ya kalau sampeyan mau mancing ikan ke tempat ini, alamatnya ada di kabupaten Nganjuk, kecamatan Tanjunganom, desa Kedungrejo, dusun Pulorejo, pinggir jalan raya. Kalau tidak kenal dengan dusun Pulorejo, mungkin sampeyan tahu dusun Barong itu lurus ke arah timur. Kalau dari timur mungkin sampeyan tahu Baron, nah itu lurus ke barat. Dan gak bayar, alias gratis, hahaha.

Lihat Orang Mancing Ikan Lagi!

Setelah pulang sebentar aku lihat orang mancing ikan lagi, kali ini diriku menggunakan sepeda untuk melihat tempat mancing ujung kulon. Berikut foto sepeda yang aku gunakan 😄.

sepeda buat lihat orang mancing ikan

Aku menghampiri temanku yang dulunya satu smp tersebut, dirinya pas aku jum'atan siang tadi dapat 1 ekor ikan mujair. Kemudian pulang dan berangkat lagi, pas aku lihat dirinya belum dapat lagi.

teman smp mancing ikan

Temanku ini namanya Deby, dulu pas SMP satu sekolahan tapi tidak satu kelas. Cuman tetanggaan kelas, diriku di kelas H, dirinya di kelas G (seingatku). Nah dari sini ak ngobrol-ngobrol, hingga ada obrolan yang tak disangka-sangka, tapi juga tidak perlu dipublikasi dalam blog nanda hero ini, hahaha.

Setelah itu aku beranjak ke sebelah agak timur, Deby mancing bagian paling barat. Menghampiri orang lainnya dan ngobrol-ngobrol, aku tidak menanyakan namanya tapi dirinya dari Loceret. Kalau dari Tanjunganom, kecamatan Loceret lumayan jauh.

Sampai-sampai ngobrol-ngobrol tentang pekerjaan, dirinya yang tak ku tahu namanya lulus sekolah SMA sederajat tahun 2014. Dan masih cari-cari pekerjaan, sampai saling menyampaikan keluh kesah kalau cari kerja sekarang ini susah. Banyak lowongan kerja mungkin bagian Sales atau bahkan pembodohan bisnis MLM.

Hingga akhirnya teman-teman satu dusun berkumpul hendak memancing, jadi diriku pindah tempat menggumbuli teman-teman satu dusun yang memang sudah saling kenal.

teman satu dusun mancing ikan

Tidak puas karena mancing di sini gak dapet-dapet ikan, akhirnya memutuskan pindah tempat paling kulon, masih kulonnya Deby tadi.

Pindah ke tempat bagian barat, diriku mulai mancing dengan meminjam pancing teman-teman yang ada. Berikut foto diriku yang lumayan ganteng di foto tanpa sepengetahuan, taunya di upload di fesbuk.

nanda hero hendak memancing ikan

Mancing ikan di Nganjuk malah dapat ginian! Maksudnya diriku cuman dapat kesenangan tanpa adanya ikan yang kudapat, hahaha.

Semakin sore, semakin tambah banyak pemancingnya. Maki rame!

orang mancing ikan tambah rame

yang mancing ikan malah rame

Sampai akhirnya diriku pulang, aku tidak mendapatkan ikan pas mancing. Dari komplotan pun sampai aku pulang karena sudah sore, yang dapat baru satu, panggilnya "Mas Su", dirinya yang pake topi dibalik pada foto di atas. Dapatnya ikan betik. Kemudian yang Deby tadi sudah dapat dua ikan Mujair.

Lihat Orang Mancing Lagi!

Setelah sholat ashar, aku duduk-duduk di teras rumah sambil makan kripik. Datanglah temanku Huda dengan maksud mau pinjam helm. Setelah dirinya pulang, tak puas lihat orang mancing ikan sampai sore tadi, aku kembali tengok orang mancing ikan (karena masih ada).

Orang-orang yang masih mancing sampai menjelang maghrib ini mendapat lumayan dari jumlah ikan mujair. Kalau 5 lebih kayaknya. Berikut foto-foto mancing ikan hari ini yang berhasil tak potret sampai menjelang maghrib dan akhirnya pulang.

yang mancing ikan malah rame

komplotan orang mancing ikan sampai petang

mancing ikan sambil lihat kereta api

hasil mancing ikan di taruk kresek
Ikan yang didapat hasil memancing ditaruh kresek


Penutup

Nah sampai akhirnya diriku pulang karena sudah menjelang maghrib. Semoga cerita ini selain membuat diriku pribadi senang, sampeyan juga menikmati waktu membacanya.

Akhirnya cerita "memancing ikan" sampai bagian akhir, jangan suka baca cerita lainnya dan sampai jumpa.

suasana menjelang maghrib
Suasana ramai jalan raya menjelang maghrib

Berlangganan update artikel terbaru via email:

3 Responses to "Mancing Ikan di Nganjuk Malah Dapat Ginian!"

  1. He..he..he... mancing sepertinya memang mengasikkan. Kapan-kapan tak ngajak mancing suami dan anak-anak ah... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha iya dong mbak yuni, asyik (y). Tapi kalau ikannya gak galak ya bikin bosan, hahaha.

      Delete

Silahkan berkomentar yang bijak! Saya sangat senang bila komentar anda membangun, baik untuk saya sebagai Penulis maupun konten pada blog ini.

- Jangan komentar dengan link url hidup maupun mati
- Jangan SPAM
- Jangan jualan (promo)
- Jangan provokasi
- Sopan berkomentar
- Berkomentarlah menggunakan akun Google Plus

Terimakasih, semoga selalu bahagia dan senantiasa bersyukur

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel