Cara Mengecek Broken Link di Blog / Website dan Mengatasinya

Cara cek broken link adalah langkah bagaimana kita bisa mengetahui link rusak yang ada di blog atau website kita.

Lebih tepatnya mengecek jika ada link keluar yang sudah rusak, yang terpasang di dalam postingan artikel.

Contoh: Aku sudah lama memasang link artikel blog orang lain di dalam artikel blog ku, dan link artikel blog tersebut ternyata sudah dihapus atau tidak bisa diakses. Nah, ini menjadikan adanya broken link pada blog kita. Dan untuk mengetahuinya adalah dengan cara mengecek broken link.

Lebih lengkap akan aku ulas pada tulisan di bawah ini.



Penyebab Broken Link

Apa penyebab broken link? Di atas sudah aku berikan contohnya. Nah lebih jelas di bawah ini beberapa penyebab yang mungkin terjadinya broken link.

1. Link sudah dihapus
Seperti contoh di atas, jika kita menanmkan link di blog kita sementara link tujuannya sudah dihapus, maka akan menyebabkan terjadinya link rusak.

2. Link tidak dapat diakses
Salah satu penyebab link tidak dapat diakses adalah karena domain sudah expired. Nah, apabila kita menanamkan link domain yang sudah hangus maka menjadikan broken link.
3. Salah menuliskan link
Pastikan kamu tidak salah memasukan link tujuan di blog kamu. Karena kebanyakan kalau salah akan menuju halaman yang tidak dipakai. Kesalahan menuliskan link biasanya karena typo, atau kurang lengkap saat mengcopas url. Bisa juga ketambahan karakter pada link yang mengakibatkan salah menuliskan

4. Komentar pakai akun Blogger
Tidak tahu kenapa, komentar di Blogger.com bisa terindek broken link. Aku pernah membaca artikel di blog orang lain, alasannya adalah karena pengunjung yang berkomentar tersebut hanya menggunakan akun Blogger untuk sementara dan pada saat berkomentar itu saja.

Gimana ya ngejelasinya, hahaha. Berdasarkan pengalaman sih yang nama profilnya UNKNOWN dan foto profilnya juga icon Blogger yang komentarnya terdeteksi broken link.

| Baca Juga: Cara Membuat Privacy Policy, Disclaimer, TOS Website

Akibat Broken Link

Banyak praktisi SEO yang mengatakan kalau akibat broken link yang ada pada blog ini berkaitan dengan SEO, dan dapat menurunkan peringkat blog di mesin pencari seperti Google.

Cara Mengecek Broken Link

Untuk mengecek broken link pada blog biasanya aku menggunakan tools Broken Links Checker (Brokenlinkcheck.com). Caranya, silahkan baca di bawah ini!

Panduannya!
Silahkan kunjungi halaman web broken link checker di sini. Setelah itu silahkan isi kolom-kolomnya, seperti url blog, dan tulis ulang Security code.

Kemudian kamu bisa memilih opsi Report distinct broken links only atau Report all occurrences of each dead link (may be slower). Untuk mengetahui apa itu, silahkan terjemahkan ke bahasa Indonesia.

Jika sudah tinggal klik tombol Find broken links now ! dan tunggu proses perayap terhadap situs kamu.

cara cek broken link

Jika proses sudah selesai, contohnya seperti di bawah ini.

cek broken link di blogger

Hasil gambar di atas menjukkan terdapat 6 broken links pada blog Nanda Hero. Dan link-link penyebab broken linknya juga sudah tercantum di atas.

| Baca Lainnya: Cara Submit Artikel (Fetcs As) di Google Search Console

Mengatasi Broken Links

Sebelumnya kita cek terlebih dulu lokasi link rusak ada di artikel mana dalam blog, silahkan klik bagian src pada link rusak yang ingin dicek.

Contohnya di bawah ini setelah aku menekan src pada daftar nomor 2 di atas.

mengecek link rusak di blog

Ingatlah url broken link tersebut, untuk kita hapus atau ubah nantinya.

Oke, setelah pada tahap gambar di atas, silahkan scroll mentok ke atas. Maka kamu akan menjumpai url link tempat broken link berada.

Seperti di bawah ini contohnya, ternyata broken link di atas ada pada artikel yang aku tunjuk pada gambar di bawah ini.

mengatasi broken link di blog

Selanjutnya pergi ke dashboard blog kamu, silahkan cari postingan di atas via dashboard dan temukan lokasi tepatnya link rusak tadi.

Lihat gambar di bawah ini, lokasi link rusak ditemukan.

penyebab broken link di blog

Nah, untuk mengatasi link rusak di atas kita tinggal menghapusnya, atau menggantinya dengan link aktif dan sesuai kebutuhan dalam postingan artikel.

Demikian itulah cara megecek dan mengatasi link rusak pada blog.

Lakukan hal yang sama pada daftar broken links yang ditemukan tadi satu per satu. Kemudian silahkan cek ulang jika sudah dibenahi semuanya.

Berikut di bawah ini adalah hasil cek ulang setelah aku menghapus link rusaknya.

mengetahui broken link di wordpress blog

Jika banyaknya jumlah link rusak yang kamu dapatkan dalam blog kamu adalah berasal dari komentar. Maka solusinya bisa dengan menghapus komentarnya.

Punyaku dulu juga disebabkan karena profil komentar, dan akhirnya aku menghapus semua komentar yang ada di blog dan menonaktifkan kolom komentar blog.

Jadi ada ribuan komentar yang langsung aku hapus saja secara massal. Karena mengecek dan menghapus satu-per-satu tentu akan memakan waktu yang cukup lama.

Demikian artikel kali ini, semoga teman-teman Blogger terbantu dengan isinya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel