Cara Extract File RAR/ZIP di Android Menggunakan ZArchiver

Cara Extract File RAR/ZIP di Android adalah salah satu bagaimana kita bisa membuka file RAR/ZIP di Android secara keseluruhan. Di artikel ini, aku menggunakan aplikasi yang bernama ZArchiver.

ZArchiver ini merupakan salah satu aplikasi yang bisa digunakan untuk mengekstrak file RAR/ZIP yang bisa didapatkan di Play Store secara gratis. Aplikasi sejenisnya tentu banyak, namun aku biasa menggunakan aplikasi ini.

ZArchiver aplikasi untuk extract file rar zip di android

Kalau untuk di PC/Laptop, biasanya menggunakan software Extract yang terkenal, yakni WinRAR. Di Play Store juga ada kayaknya aplikasi Winrar ini.

Baiklah, kembali ke inti artikel. Untuk panduannya, silahkan lihat di bawah ini.

Cara Mengekstrak File RAR/ZIP di Android

  1. Pertama silahkan install dulu aplikasi ZArchiver di Android kamu. Cari dengan kata kunci zarchiver di Play Store
  2. Jika sudah, buka aplikasi ZArchiver dan cari aplikasi yang akan diekstrak. Sebagai contoh di bawah ini aku akan mengekstrak file God Of War .7z (Pastikan kamu menaruh filenya di memori internal HP) 
    cara mengekstrak file rar dengan zarchiver
  3. Tekan file yang akan diekstrak, dan pilih opsi Ekstrak 
    cara membuka file rar di android
  4. Kemudian tekan icon seperti petunjuk gambar di bawah ini, setelah itu tunggu proses Extract selesai 
    cara extract file rar game
  5. Jika proses ekstrak sudah selesai, hasilnya file di dalam file RAR/ZIP akan keluar. Contoh di bawah ini adalah isi dari file RAR yang aku ekstrak, yakni file game GOD OF WAR .ISO
    cara ekstrak file 7z di android
  6. Jika isi file RAR banyak, lebih baik taruh saja file yang akan diekstrak di satu folder supaya hasil extract tidak berantakan


Solusi Gagal Mengekstrak Menggunakan ZArchiver

Bagi kamu yang gagal atau mengalami kesalahan mengekstrak file RAR/ZIP menggunakan ZArchiver, mungkin tidak tepat mengikuti panduan di atas.

Biasanya masalah yang terjadi adalah mendapat pesan gagal, dan file hasil Extract tidak muncul padahal proses mengekstrak sudah dijalankan.

Penyebab dari masalah tersebut berdasarkan pengalaman aku adalah, file yang kamu ekstrak tersebut berada di memori eksternal telepon.

Nah, jadi solusinya adalah silahkan pindahkan file yang hendak kamu ekstrak itu ke memori internal telepon dan lakukan lagi panduannya di atas.

Pastikan juga memori internal kamu masih muat menampung file hasil ekstrak.


Nah itulah artikel kali ini, semoga berguna bagi kalian. Baca artikel lainnya di bawah ini! Terimakasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel