Cek Nilai UT Terbaru dan Keseluruhan Semester dengan Mudah

Cek Nilai UT - Bagaimana cara melihat nilai hasil UAS di Universitas Terbuka? Nah pada artikel kali ini aku bagikan panduan cara mengeceknya melalui halaman situs sia.ut.ac.id.

Bagi teman-teman Mahasiswa UT (Universitas Terbuka) mungkin masih kebingungan dengan panduan cara melihat nilai ujian UT. Apalagi jika ini pertama kali buat kalian yang Mahasiswa semester 1 Universitas Terbuka.

Cek nilai UT biasanya dilakukan setelah kita selesai menjalani UAS. Namun tidak langsung keluar begitu saja, karena tersedia jadwalnya sendiri untuk pengumuman nilai sudah keluar.

Untuk mengetahui kapan jadwal nilai UAS di Universitas Terbuka keluar, kamu bisa lihat Kalender Akademik UT.

Namun kadang jadwal pengumuman nilai UT di kalender akademik tidak sesuai. Bisa jadi lebih cepat dari jadwalnya di kalender akademik. Nah di sini Mahasiswa juga harus mandiri dalam memperoleh informasi-informasi perkuliahan.

Kembali ke inti artikel, di sini yang aku bagikan merupakan panduan melihat nilai Universitas Terbuka yang paling mudah menurutku.

Cara ini bisa digunakan untuk Mahasiswa Pendas maupun Non Pendas, jurusan PGSD, PGPAUD dan semua jurusan yang ada di Universitas Terbuka silahkan dicoba.



Cek Nilai UT Terbaru

Pertama aku bagikan bagaimana cara mengecek nilai di Universitas Terbuka untuk Masa Registrasi terbaru. Jadi maksudnya adalah untuk melihat nilai dari satu semester yang barusan di uas-kan.

Caranya cukup mudah. Karena di sini kamu tidak perlu login menggunakan akun sia.ut.ac.id yang harus mendaftar terlebih dahulu untuk membuatnya.

Berikut di bawah ini panduan mengecek nilai ujian Universitas Terbuka masa terbaru:
  1. Silahkan kunjungi halaman berikut: https://sia.ut.ac.id/daftarnilai
  2. Berikutnya isi kolom MASA, NIM, dan Tanggal Lahir, serta tulis ulang kode yang ada
  3. Kemudian klik tombol Cari
  4. Maka daftar nilai ujian yang ingin dilihat akan muncul jika kamu tidak salah memasukkan datanya

Contoh:
Di bawah ini aku ingin melihat hasil nilai UAS semester terbaru yaitu masa 20191. Dan hasil yang ditampilkan nantinya hanya dnu ut semester masa 20191 itu saja.

cek nilai ut terbaru

Sebenarnya cara di atas bisa untuk mengecek nilai ut semua semester. Namun yang dilakukan hanya bisa menampilkan satu per satu semester berdasarkan masa ujian.

Oleh karena itu di bawah ini cara kedua, bagaimana melihat nilai UT keseluruhan dari semester masa registrasi awal sampai akhir.

Cek Nilai UT Keseluruhan

Tidak semudah cara di atas, cara ke dua ini kamu harus memiliki akun di sia.ut.ac.id terlebih dahulu. Namun dengan cara yang ke dua ini, yang ditampilkan lengkap hasil nilai uas semua semester serta kita bisa melihan IPK yang sudah dihasilkan dari UAS yang sudah kita jalani.

Untuk mengecek nilai ut keseluruhan, silahkan ikuti panduan di bawah ini:
  1. Jika belum punya akun silahkan kunjungi halaman https://sia.ut.ac.id kemudian pilih menu Register Akun seperti petunjuk gambar di bawah ini 
    cek nilai ut keseluruhan
  2. Setelah itu kamu pilih REGISTER sesuai status kamu saat ini, dan ikuti petunjuk mendaftarnya dengan benar
  3. Jika sudah punya akun atau sebelumnya sudah mendaftar di sia.ut.ac.id, silahkan abaikan saja langkah 1 dan 2 di atas. Ikuti mulai dari langkah 4 di bawah ini untuk melihat nilai ut keseluruhan
  4. Kunjungi halaman berikut ini (Halaman: https://sia.ut.ac.id/login), dan silahkan login dengan mengisi Email, Password, serta menulis ulang Kode yang tersedia seperti contoh di bawah ini 
    cara cek nilai universitas terbuka semua semester
  5. Jika sudah berhasil login silahkan tekan icon opsi pada pojok kanan atas. Lihat petunjuk di bawah ini 
    cara cek nilai ut
  6. Selanjutnya pilih menu Laporan kemudian pilih LKAM Umum seperti di bawah ini 
    cek nilai ut pendas dan non pendas 2019
  7. Terakhir tinggal masukkan NIM kemudian tekan tombol Cari 
    cara melihat nilai ut 2020
  8. Hasilnya akan ditampilkan di bawahnya. Silahkan gulir/scroll ke bawah dan lihat detail nilai mata kuliah universitas terbuka keseluruhan per semester. Untuk melihat IPK ada dibagian info bawah setelah nilai ujian mata kuliah

Itulah kedua cara cek nilai UT yang aku bagikan. Biasanya aku menggunakan cara di atas untuk melihat daftar nilai ujian setelah jadwal hari pengumuman nilai uas keluar.

FAQ


Kenapa gagal/tidak bisa mengakses situs untuk melihat nilai ujian UT?
Pastikan data yang kamu masukan sudah benar untuk melihat nilai. Jika sudah benar namun tetap terjadi masalah error pada situs, biasanya disebabkan karena banyaknya yang mengakses situs tersebut untuk mengecek nilai.

Dengan kata lain situs down, karena hosting melewati batas kelebihan pengunjung.

Saran:
  • Gunakan koneksi internet yang cepat
  • Paksa situs dengan merefresh terus menerus
  • Cek pada saat jam sepi pengunjung. Misal: waktu dini hari atau subuh
  • Cek beberapa hari kemudian pasca pengumuman atau hari pertama nilai keluar

Kenapa nilai mata kuliah kosong?
Bisa jadi nilai mata kuliah yang kosong tersebut memang belum keluar. Sehingga kamu harus menunggu terlebih dahulu proses nilai yang kosong tersebut dimunculkan.

Selain itu, kamu bisa juga mencari info terkait di pokjar atau dengan mencoba menghubungi Hallo UT.

Kenapa mendapatkan nilai E?
Berdasarkan info yang aku dapat, kenapa nilai UAS mendapat E ada beberapa kemungkinan. Yaitu memang nilai tidak bagus, dan ketahuan curang ketika mengerjakan UAS. Atau jawaban sama dengan temannya, dan banyak yang salah dalam menjawab soal.

Kapan nilai UT keluar?
Silahkan lihat kalender akademik UT, atau aktif mencari informasi di situs, grup/forum, maupun sosial media UT. Biasanya Pokjar juga selalu membagikan informasi tentang Universitas Terbuka.

Bagaimana cara mengetahui masa ujian UT?
Ini bisa juga dilihat di kalender akademik Universitas Terbuka. Tahun di bagian kolom semester adalah masa ujian.

Bagaimana cara melihat nilai ujian PGSD dan PGPAUD di UT?
Sama saja seperti panduan di atas. Aku pun kalau melakukan cek nilai UT PGSD juga menggunakan cara di atas.


Demikian artikel kali ini, semoga berguna untuk teman-teman Mahasiswa Universitas Terbuka.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel