Solusi Tidak Bisa Mengubah Jaringan 2G ke 3G Asus Zenfone 5 Gampang Banget

Pernah mengalami HP Asus Zenfone 5 yang aku pakai kok tiba-tiba jaringannya Edge/2G. Lalu setelah aku ubah ke 3G melalui pengaturan, eh tidak bisa. Kembali lagi ke 2G gitu. Padahal jaringan terbaik masih H+/3G. Lalu aku pikir ada dua kemungkinan yaitu HP-nya, atau kartu sim-nya yang bermasalah.

Nah aku cek saja HP-nya Emak yang juga menggunakan kartu seluler sama dengan punyaku, ternyata jaringannya normal (atau bagus). Jadi aku putuskan ini masalah pada HP-nya.

Baiklah, pada kesempatan kali ini Nanda bagikan pengalaman bagaimana mengatasi jaringan pada Asus Zenfone 5 yang tidak bisa diubah dari 2G ke 3G. (Note: bukan masalah pada kartu sim/provider yang dipakai).

Solusi Tidak Bisa Mengubah Jaringan 2G ke 3G Asus Zenfone 5

Ternyata setelah tahu caranya gampang banget kok mengatasinya. Kalau gak tahu ya pasti bingung, kenapa kok tidak bisa padahal sudah di reboot, maupun restart. Nyalakan terus matikan lagi mode Airplane juga sudah. Melakukan penelusuran jaringan secara manual juga sudah; hasilnya 2G semua (Normal 3G ada).

Penyebab Jaringan 2G Tidak Bisa Diubah ke 3G Asus Zenfone 5

Berdasarkan pengalaman ini terjadi ketika HP mati (karena kehabisan baterai), dan kartu SIM yang diaktifkan hanya satu saja. (Note: Asus Zenfone 5 adalah Dual SIM)

Setelah dicas, kemudian dinyalakan kembali hasilnya jaringan kok Edge dan tidak berubah-ubah secara otomatis ke 3G.

Yaudah deh aku atur di Setelan HP yaitu merubah jaringan 2G ke 3G. Namun hasilnya yang telah Nanda katakan di atas; tidak bisa mengubah ke 3G.


Cara Mengatasi Asus Zenfone 5 Tidak Bisa Mengubah Jaringan 2G ke 3G

Caranya ternayata gampang banget, yaitu dengan mengubah kartu SIM yang dipilih untuk data internet kemudian mengembalikannya. Tepatnya seperti ini, misalkan di Asus Zenfone 5 sampeyan memilih SIM 1 untuk data internet. Nah coba atur dengan memilih SIM 2. Setelah beberapa detik/menit ubah lagi ke SIM 1.

Maka jaringan otomatis mengatur 2G/3G. Jika di tempat tinggalmu mendukung 3G, ya akan otomatis ke 3G.

Atau terapkan saja langkah-langkah di bawah ini.
  • Silahkan pergi ke Setelan/Pengaturan HP Asus Zenfone sampeyan
  • Berikutnya pilih opsi Dual SIM card settings
  • Silahkan aktifkan semua kartu SIM (meskipun salah satu slot tidak ada kartu simnya, tetap aktifkan dengan mencentang kotaknya)
  • Kemudian gulir ke bawah, pilih opsi Jaringan layanan data. Nah di sini silahkan ubah kartu sim yang dipilih, kemudian kembalikan lagi seperti semula. Jika awalnya pakai SIM 1, ganti dulu ke SIM 2 atau sebaliknya. Setelah itu kembalikan lagi dengan memilih SIM 1 (paham kan?)
    Solusi Tidak Bisa Mengubah Jaringan 2G ke 3G Asus Zenfone 5
  • Dan lihat hasilnya

Kesimpulan

Jadi untuk mencegah masalah seperti di atas, sebaiknya sampean selalu mengaktifkan kedua slot kartu SIM yang tersedia pada HP. Jadi jika HP mati, dan ketika dinyalakan kembali tidak terjadi masalah seperti di atas.

Namun jika hanya satu kartu SIM yang sampean pakai pada HP, ketika mengalami masalah tidak dapat merubah jaringan 2G ke 3G, langsung saja coba ubah mengatur kartu SIM yang dipakai untuk data internet seperti panduan yang sudah dituliskan di atas.

Nah demikian itulah artikel kali ini, mungkin juga bisa diterapkan untuk pengguna Asus tipe lainnya atau merk HP yang lain jika mendapati masalah serupa. Semoga berguna....

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel