Cara Fetch As (Submit Url) Google Webmaster Versi Baru

Cara Submit Url Google Webmaster Terbaru - Sebagai Blogger, kita tahu kalau guna melakukan fetch as atau submit url di webmaster Google dapat membantu mempercepat pengindekan postingan artikel blog kita di mesin pencari (search engine) Google. Intinya, melakukan fetch as adalah meminta pengindekan url tersebut agar ada pada penelusuran Google.

Baca Juga: Cara Buat Privacy Policy, Disclaimer, dan Terms of Service Website

Aku sendiri setelah publish postingan artikel, segera melakukan fetch as pada url/link artikel ke Google Webmaster. Meskipun pada akhirnya artikel akan terindex secara otomatis di Google, namun lebih direkomendasikan untuk fetch as artikel di webmaster.

Cara fetch as Google mungkin kalian sudah pada tahu untuk versi Google Webmaster atau Google Search Console yang lama. Namun pada akhir bulan Maret 2019 kita sudah tidak bisa lagi menggunakan cara yang sama tersebut. Kita harus melakukan submit url dengan mengikuti versi Google Search Console yang baru.

Nah, untuk cara fetch as url artikel blog di Google Webmaster baru silahkan baca di bawah ini, dan ikuti panduannya dengan benar.

Cara Submit Url (Fetch As) Artikel Blog di Google Webmaster Search Console Baru

  1. Silahkan kunjungi link berikut: https://www.google.com/webmasters
  2. Jika sudah silahkan klik tombol SEARCH CONSOLE atau SIGN IN
  3. Pada tahap ini, kamu akan disuruh login kalau belum dalam keadaan login akun Google
  4. Jika dashboard Google Search Console sudah terbuka, silahkan masukkan url artikel pada kolom seperti gambar di bawah ini, lalu tekan tombol Enter 
    cara submit url artikel blog di google webmaster versi baru
  5. Tampilan seperti gambar di bawah ini "URL is not on Google" artinya artikel blog tersebut belum terindex oleh mesin pencari Google. Untuk meminta pengindekan silahkan klik REQUEST INDEXING 
    cara fetch as google webmaster versi baru
  6. Jika muncul CAPTCHA, silahkan selesaikan captcha tersebut dan biarkan proses pengeindekan selesai 
    cara minta pengindexan google search console baru

Nah itulah cara meminta pengindeksan Google versi baru. Url artikel yang akan kita submit, adalah url seutuhnya. Sedangkan yang versi lama (old) hanya sebagian saja.

Demikian postingan kali ini, semoga berguna bagi Blogger yang belum tahu caranya. Baca Lainnya: Cara Ganti Template Blog yang Benar

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel