2 Cara Kompres Gambar untuk Postingan Blogger

Cara Kompres Gambar - Berdasarkan pengalaman, aku biasanya menggunakan 2 cara untuk memperkecil ukuran gambar JPEG atau PNG yang akan Nanda bagikan di bawah.

Cara kompres gambar adalah usaha kita melakukan sebuah proses untuk menjadikan ukuran gambar menjadi lebih kecil.

Nah, pada arikel kali ini maksudnya bukan untuk ukuran tinggi lebarnya suatu gambar. Melainkan ukuran memori gambar yang dibawa. Meskipun ukuran tinggi lebar gambar juga mempengaruhi ukuran memori gambar. (Semakin kecil ukuran tinggi lebar gambar, maka semakin kecil pula ukuran memori yang dibawa gambar tersebut).

Cara Kompres Gambar

Nah, di sini aku bagikan hanya dua cara saja yang biasanya aku pakai untuk memperkecil gambar sebelum memasukkannya pada postingan blog platform Blogger.com.

1. Mengompres Gambar via Online pakai TinyPNG

Pakai situs kompres gambar TinyPNG atau TinyJPG sama saja menurutku. Nah situs ini merupakan situs kompres gambar GRATIS yang bisa kalian pakai untuk memperkecil ukuran gambar. Tapi ada juga versi Pro berlangganan dengan biaya $25 per tahun.

Aku sendiri cukup menggunakan versi yang gratis (yang pro pastinya lebih unggul). Nah, untuk cara compress gambar/foto di TinyPNG silahkan kunjungi link berikut https://tinypng.com/. Kamu tinggal upload gambar yang ingin kamu perkecil ukurannya di situs kompres gambar online ini, kemudian download hasilnya.

2 Cara Kompres Gambar untuk Postingan Blogger

Untuk hasil kompres gambar pakai situs TinyPNG ini hasil pengompresannya lebih besar untuk gambar berekstensi PNG daripada JPEG. Namun menurutku juga sama saja, gambar PNG biasanya lebih bagus dan lebih besar ukurannya ketimbang gambar JPEG.

Ini sudah pernah aku coba tes dengan melakukan screenshot layar HP dengan gambar sama, namun hasil screenshot pakai ekstensi gambar berbeda (png dan jpeg). Hasilnya gambar screenshot berekstensi png lebih besar dari gambar berekstensi jpeg.

2. Mengompres Gambar via Offline pakai Caesum

Caesum merupakan software atau aplikasi kompres gambar yang biasa aku gunakan untuk memperkecil ukuran gambar. Kamu bisa download software Caesum versi portable maupun installer. Berikut linknya: https://saerasoft.com/caesium/.

Nah di software Caesum ini kamu bisa mengatur persentase pengompresan gambar. Secara default persentase ditentukan 80%. Jika kamu atur 50%, maka gambar akan dikomres lebih banyak dan membuat gambar semakin menurun kualitasnya (blur). Namun ukurannya menjadi lebih kecil tentunya.


Perlunya Gambar Berukuran Kecil untuk Postingan Blog

Memperkecil ukuran gambar ini penting sebelum gambar diupload pada postingan blog. Alasannya, karena gambar ini merupakan salah satu hal yang sangat berpengaruh dalam kecepatan loading blog. Sedangkan kecepatan loading blog ini sangat mempengaruhi kualitas blog. Oleh karena itu, silahkan kompres gambar terlebih dulu. Kompres juga untuk gambar logo blog, dan gambar lain-lain yang ada dalam blog.

Ukuran (Size) Gambar pada Blog

Ukuran gambar yang biasanya aku gunakan hanya sekedar untuk gambar awal atau thumbnail postingan adalah lebar 675 piksel dan tinggi 377 piksel. Untuk ukuran gambar lainnya, jika model gambar horizontal maka pakai ukuran lebar (675 px) dan tinggi mengikuti. Sebaliknya jika model gambar vertical, ukuran yang aku atur tingginya (377 px) dan lebar mengikuti.


Selain melakukan kompres pada gambar ini penting bagi blog, ada juga lainnya yang penting terkait gambar pada postingan blog. Yaitu optimasi SEO gambar postingan blog.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "2 Cara Kompres Gambar untuk Postingan Blogger"

Post a Comment

CENTANG BAGIAN KOTAK "Notify me" KETIKA HENDAK BERKOMENTAR

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel