6 Menu Bakar-bakaran Malam Tahun Baru 2019 Sederhana & Nikmat di Indonesia

Menu Bakar Bakaran Tahun Baru - Malam tahun baru identik dengan perayaan ngumpul bareng temen atau keluarga, nunggu tengah malam pergantian tahun untuk menyalakan atau menyaksikan kembang api beterbangan dan tak lupa acara bakar-bakaran untuk santapan sambil nunggu pergantian tahun.

Adanya acara ngumpul bareng di malam tahun baru, kemudian bakar-bakaran makanan yang biasa dibakar menjadikan malam tahun baru mengasyikan dan berkesan. Tantunya makanan harus dibakar atau dipanggang sendiri supaya asyik.

Nah di sini aku bagikan atau rekomendasi menu bakar-bakaran untuk malam tahun baru yang sederhana dan pastinya nikmat untuk dimakan di malam tahun baru dengan bakaran sendiri.

Menu Bakar-bakaran Malam Tahun Baru 2019 Sederhana & Nikmat di Indonesia

menu bakar bakaran malam tahun baru

Di bawah ini ide menu bakar-bakaran untuk malam tahun baru 2019 nanti.

1. Jagung bakar dengan olesan mentega/margarin maupun variasi lainnya untuk malam tahun baru

Cari untuk beli jagung di akhir tahun tidak sulit menurutku kalau kamu masih di Indonesia. Bahkan sebagian orang mungkin sudah punya dari hasil panen, atau memetik di sawah sendiri. Tapi alangkah lebih baiknya kamu menyiakan jagung untuk bakar-bakaran 1-2 hari sebelum malam tahun baru tiba. Jagung yang masih muda, atau tidak terlalu tua, pasti nikmat untuk bakar-bakaran malam tahun baru pakai olesan mentega ataupun margarin. Bisa juga pakai variasi lainnya supaya jagung bakar jadi lebih nikmat. Misalnya saus bubuk, dan lainnya.

2. Sosis untuk menu bakar bakaran malam tahun baru, cocok sekali!

Dulu aku juga pernah nih, pakai sosis untuk menu bakar-bakaran malam tahun baru yang nikmat dan bikin perut kenyang karena terlalu banyak membeli, hohoho. Sosis juga simpel, sederhana, dan mudah untuk dibeli di Indonesia. Kamu bisa pergi ke mini market dekat rumah, atau membeli ke agen sosis untuk harga yang lebih murah namun rasa tetap nikmat. Untuk menu sosisnya bisa pakai variasi saus sambal, sambal sate, dan mayones. Supaya lebih enak sebelum dibakar, alangkah baiknya sosis direbus dulu supaya sampai dalam sudah matang.

3. Pentol bakso juga bisa dipakai untuk menu bakar bakaran tahun baru

Kebetulan pamanku pedagang pentol keliling. Jadi pas malam tahun baru sebelum-sebelumnya juga sudah pernah acara bakar-bakaran pakai menu pentol. Cukup diolesi pakai kecap saja, kemudian dibakar atau dipanggang udah nikmat rasanya. Terus kalau udah matang tinggal celupin ke saus cabai, sambal sate, maupun jenis saus lainnya. Kamu kalau mau acara bakar-bakaran malam tahun baru pakai menu pentol juga gak perlu bikin pentol bakso dari awal. Cukup beli yang sudah siap atau matang saja; kamu tinggal bakar/panggang bersama teman-teman kamu di malam tahun baru.

4. Ikan bakar pasti juga lezat untuk acara makan-makan malam tahun baru

Ikan seperti gurame, dan jenis-jenis ikan lainnya yang biasanya banyak dijual ketika berwisata ke pantai itu nikmat sekali untuk dibakar. Seperti ikan asap yang banyak dijual. Sausnya bisa pakai saus sambal, atau saus yang seperti dijual bareng ikan asap matang ketika wisata pantai. Mungkin asyik kalau kamu juga camping di pantai, kemudian bakar-bakaran ikan di tepi pantai. Tapi selalu waspada cuaca maupun ombak laut ya.

5. Ayam adalah menu yang sering dipakai acara bakar-bakaran di malam tahun baru, atau malam spesial lainnya

Kebanyakan orang kalau pernah acara bakar-bakaran, pasti pernah pakai menu ayam. Dan ini sangat cocok sekali untuk menu bakar-bakaran malam tahun baru. Sebelum dibakar, aku saranin direbus dulu. Setelah itu dibumbui kecap pedas, kemudian dibakar. Lalu dimakan pakai nasi dan sambal sate, pasti nikmat. Wadahnya pas makan pakai daun pisang, kemudian dimakan bersama-sama. Mantap lah!

6. Daging bisa juga, tapi mahalan

Daging yang aku maksud adalah seperti daging sapi, kambing, kerbau, atau kelinci. Tapi ya itu, daging sapi atau kambing cenderung lebih mahal harganya ketimbang menu-menu lainnya di atas. Kalau kelinci mungkin masih agak murah, tapi sulit mencarinya. Seperti kuliner sate, daging ini adalah menu yang cocok dibikin sate pakai bumbu-bumbu sate juga. Beli daging di mini market juga ada untuk acara mendadak. Kalau lebih murah mungkin bisa beli langsung di pasar daging.


Penutup

Itulah guys ide Menu Bakar-bakaran Malam Tahun Baru 2019 Sederhana & Nikmat di Indonesia yang bisa jadi referensi kamu mau bakar-bakar apa di malam tahun baru nanti. Saran aku sih gak usah bakar merconan atau kembang api yang berbahaya, kamu cukup nikmatin aja bakar-bakar makananmu dan biar yang lain yang bakar kembang api, hohoho.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel