Inilah 3 Arti Kemerdekaan di Era Digital

arti kemerdekaan di era digital

Era digital adalah era dimana kemunculan digital, jaringan internet khususnya teknologi informasi komputer yang menyebar diseluruh negara di dunia dan orang-orang banyak yang memanfaatkannya (menggunakannya).

Di Indonesia sendiri sebagian besar daerah-daerahnya sudah mencapai era digital. Mungkin ada beberapa yang tidak tercapai, itu pun di daerah pedalaman di Indonesia yang biasanya juga belum menerima aliran listrik.

Nah di postingan ini, artikel mengulas mengenai arti kemerdekaan di era digital menurut saya.

3 arti kemerdekaan di era digital

1. PERAN TEKNOLOGI DALAM KEHIDUPAN

Teknologi juga merupakan salah satu peran penting adanya era digital. Adanya teknologi menciptakan suatu hal yang dilakukan manusia dalam kehidupannya di era digital menjadi lebih mudah dan instan. Salah satu contoh teknologi di era digital adalah Smartphone atau ponsel pintar.

Di Indonesia sendiri, sebagian besar manusia masa kini pasti sudah memiliki dan dapat mengoperasikan smpartphone. Nah, peran utama smartphone di era digital yang kita ketahui adalah kecanggihannya yang dapat mengakses internet. Sehingga, smartphone yang merupakan salah satu teknologi di era digital ini dapat melakukan beberapa hal sebagai berikut :


Dengan menggunakan smaprtphone, anda bisa menggunakan smartphone sebagai alat teknologi untuk berkomunikasi jarak jauh. Anda juga bisa menggunakan smartphone sebagai alat bersosial dengan menggunakan fitur media sosial seperti Facebook ataupun media chatting  seperti BBM, WhatsApp dan sebagainya.
Fitur panggilan jarak jauh smartphone di era digital ini pun juga semakin update. Dulu panggilan jarak jauh hanya bisa dengan mendengarkan suara, sekarang sudah bisa saling bertatap muka menggunakan smartphone anda yang memiliki fitur kamera depan. Yaitu dengan menggunakan video call.


Alat teknologi smartphone juga membantu mempermudah kehidupan anda dalam hal kebutuhan. Banyaknya toko online atau ecommerce-ecommerce  yang bertebaran di internet memudahkan anda belanja  online dengan mudah menggunakan smartphone anda.


Di Indonesia sendiri juga sudah marak transportasi-transportasi online. Seperti misalnya ojek online, taksi online dan juga pengiriman paket online. Nah dengan adanya teknologi di era digital ini sangat memudahkan sekali untuk orang-orang yang hendak membutuhkan jasa transportasi atau pengiriman. 
Karena bisa dilakukan dengan menggunakan alat teknologi smartphone, anda tidak perlu susah-susah mencari penyedia jasa terkait untuk memesan atau mendapatkannya. Selain jasa transportasi pun juga banyak bertebaran di internet untuk mencarinya menggunakan smartphone apabila membutuhkan. Misalnya jasa desain grafis dan lain-lain.


Selain fungsi smartphone di era digital yang memudahkan belanja kebutuhan dan menyewa jasa, adanya smartphone juga bisa menjadi alat teknologi yang digunakan untuk mengembangkan bisnis. Contohnya seperti adanya fitur GPS atau Map pada smartphone yang bisa dimanfaatkan sebagai petunjuk arah oleh mereka yang memiliki bisnis atau usaha dibidang transportasi online atau pengiriman. Contoh lainnya mereka yang memiliki bisnis atau usaha bisa menggunakan smartphone sebagai alat pemasaran digital bisnis atau usahanya.


Smartphone juga bisa digunakan sebagai alat teknologi informasi. Nah mengenai mencari dan mendapatkan informasi di era digital ini selengkapnya akan diulas di bawah.


Nah, itulah peran teknologi dalam kehidupan sebagai arti kemerdekaan di era digital. Yaitu semuanya bisa menggunakan alat teknologi digital sebagai alat yang membantu dan memudahkan kehidupan manusia.

2. BEBAS MENGAKSES INTERNET

bebas mengakses internet

Arti kemerdekaan di era digital yang ke dua menurut saya adalah bebas mengakses internet. Dimana seseorang tidak kesulitan untuk mengakses internet, disitulah yang dimaksud kemerdekaan di era digital.

Jaringan internet yang terbaru dan yang tercepat di Indonesia untuk saat ini adalah jaringan internet 4G. Namun sayangnya, jangkauan jaringan 4G tersebut belum tersebar keseluruh daerah di Indonesia.

Yang mendukung jaringan 4G pun juga masih operator-operator sim card tertentu. Maksudnya, apabila operator A terdapat jaringan 4G pada suatu tempat, maka operator B belum tentu terdapat jaringan 4G pada tempat yang sama ketika operator A mendapati jaringan 4G.

Bahkan di sisi lain pun, masih ada daerah di Indonesia yang kesulitan mengakses internet menggunakan operator tertentu untuk mendapat jangkauan jaringan internet 3G. Hasilnya akses internet menjadi lemot.

3. MUDAH MENCARI DAN MENDAPATKAN INFORMASI

Arti kemerdekaan yang ke tiga menurut saya adalah mudahnya mencari dan mendapatkan informasi. Google merupakan mesin pencari nomor 1 di Dunia. Adanya Google di era digital, memudahkan setiap manusia mencari dan mendapatkan informasi dari berbagai penjuru dunia menggunakan internet.

Informasi yang bisa dicari dan didapatkan pun juga sangat beragam, bisa tentang informasi berita, tutorial, tips, dan lain-lain. Beda sekali dengan Indonesia zaman dulu ketika informasi hanya bisa di dapat dari media cetak dan elektronik seperti tv dan radio (internet belum menyebar luas). Informasi yang di dapat pun juga sangat terbatas, tidak seperti era digital masa kini.

palingbaru.com

Rekomendasi untuk salah satu situs yang memudahkan anda untuk mendapatkan informasi yang paling baru dan beragam adalah di Palingbaru.com (www.palingbaru.com).

Jadikan diri anda UPDATE di era digital dengan mendapatkan informasi terbaru di Palingbaru.com. Berikut contoh tampilan info terbaru (informasi paling baru) dari situs Palingbaru.com yang bakal membuat diri anda nggak KUDET.

info terbaru palingbarucom

Selain menyajikan informasi paling baru, situs Palingbaru.com juga menyajikan informasi yang beragam. Kita lihat pada tampilan gambar di bawah ini, ada informasi tentang event, teknologi, kecantikan, kesehatan, fashion, kuliner, olahraga dan lain-lain sehingga menjadikan informasi dari situs Palingbaru.com begitu beragam.

informasi yang beragam

Anda tidak suka membaca? Cocok! Di situs Palingbaru.com anda juga bisa mendapatkan informasi dalam bentuk artikel video. Berikut di bawah ini contohnya.

artikel video palingbaru.com


Nah itulah 3 arti kemerdekaan di era digital menurut saya. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda terkait tentang era digital.


~ SELESAI ~
“Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog PalingBaru #LombaBlogPalingBaru


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel